Berkenalan dengan Pulau Mandalika Jepara
pulau mandalika jepara
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Berkenalan dengan Pulau Mandalika Jepara – Pengunjung Benteng Portugis, pasti pernah melihat pulau ini dari kejauhan. Lalu bagaimana keadaan pulau ini? Apakah pulau ini tidak berpenghuni? Jika Anda ingin mengenal Pulau Mandalika Jepara lebih mendalam, Anda harus menyimak artikel ini hingga akhir! Kenali pulau Mandalika lebih Jauh.

pulau mandalika jepara

1. Sekilas Mengenai Pulau Mandalika

Masyarakat setempat biasa menyebut pulau ini sebagai pulau Mandalika atau pulau Mandaliko. Pulau Mandalika jaraknya sekitar 2 km dari desa Ujung Watu. Pulau ini merupakan salah satu pulau kecil yang bisa Anda temukan di Jawa, khususnya di daerah Jepara. Pulau ini memang terlihat kecil, tetapi bukan berarti tidak ada kehidupan di pulau ini. Ada beberapa perumahan karyawan di pulau yang kecil ini. Tapi, Anda tetap harus berhati-hati ketika berkunjung ke pulau yang cukup sepi ini.

2. Akses Menuju Pulau Mandalika

Anda tidak perlu khawatir dengan sarana transportasi menuju Pulau Mandalika. Anda bisa menggunakan sarana transportasi laut. Misalnya saja, Anda bisa menyewa kapal melalui jalur penyeberangan pantai Kartini. Anda juga bisa menyewa perahu mesin tempel milik nelayan setempat untuk mengantarkan Anda menyeberangi lautan menuju Pulau Mandalika. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menuju ke pulau yang kecil ini.

3. Menikmati Keindahan dan Kekhasan Pulau Mandalika

Siapa yang menyangka jika pulau yang kecil ini memiliki pantai yang indah. Pantai yang jernih berwarna hijau kebiruan. Bagi Anda yang suka memancing, Anda bisa menyalurkan hobi Anda di tempat ini. Ada berbagai macam ikan yang terdapat di Pulau Mandalika Jepara ini. Anda bisa memancing ikan kakap putih, ikan kerapu, ikan pari, ikan gerabah, ikan sembilang, dan sebagainya. Pasti liburan Anda akan terasa semakin menyenangkan ketika bisa berlibur sambil memancing.

pulau mandalika jepara

Ketika berkunjung ke pulau ini, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja, Anda juga bisa melakukan wisata religi dengan berkunjung ke makam Sayyid Utsman untuk mendoakan nayaka dari kerajaan kalimanyatan. Dewasa ini, nayaka disebut sebagai menteri.

Pulau ini memiliki tanaman yang khas. Masyarakat menyebutnya tanaman khas Mandalika. Tanaman buah nangka yang disebut-sebut sebagai buah nangka celeng. Ada yang unik dari tanaman ini. Buah nangka hanya tumbuh di bagian bawah pohon. Hal ini membuat buah tersebut seolah-olah buah tersebut muncul dari bawah tanah, Anda tertarik untuk melihatnya?

4. Mitos Pulau Mandalika

Ada sebuah mitos yang hingga saat ini masih dipercaya kebenarannya oleh masyarakat setempat. Bagi Anda yang sebelumnya pernah mendengar mitos yang beredar di Benteng Portugis, mitos tersebut juga berkaitan dengan mitos yang beredar di Pulau Mandalika.

Anda yang belum pernah mendengar mitos yang beredar, Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan mengisahkannya untuk Anda. Konon katanya, terdapat sebuah air yang akan menyedot siapa saja yang berkulit putih seperti orang Portugis, jika Anda salah satunya, sebaiknya Anda tidak nekat menyeberangi lautan menuju pulau yang satu ini. Mereka yang berkulit putih akan tersedot pusaran air dan tidak akan bisa kembali.

tersebut berkaitan dengan Siluman Bajul Putih. Konon, pusaran air tersebut sebagai gerbang menuju kerajaan Siluman Bajul Putih. Siluman tersebut pernah membuat sumpah untuk menarik orang yang berkulit putih seperti dirinya ke dalam pusaran air. Tercetusnya sumpah tersebut karena Siluman Bajul Putih kalah dari Ki Leseh. Demikian ulasan mengenai Pulau Mandalika Jepara.

Bagikan

Leave a Comment