Berwisata ke Pulau Panjang Jepara yang Penuh Pesona
pulau panjang jepara
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Berwisata ke Pulau Panjang Jepara yang Penuh Pesona  Pernah terpikir untuk menghabiskan masa liburan Anda di sebuah pulau? Bagi Anda yang tinggal di sekitar pulau Jawa, Anda tak perlu jauh-jauh berwisata ke luar pulau, Anda cukup datang ke kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Anda akan menemukan destinasi wisata yang Anda inginkan, salah satunya Pulau Panjang Jepara. Yang perlu Anda ketahui mengenai pulau Panjang Jepara

1. Seputar Pulau di Jepara

Luas yang dimiliki oleh pulau ini yakni 19 hektar dan wilayah pulau ini memang dekat dengan Pantai Kartini, jaraknya hanya 2,5km saja dari pulau. Pulau yang berada di kabupaten Jepara ini memiliki pasir putih sama dengan Pantai Kartini. Pulau ini memiliki laut dangkal yang berair jernih dan dihiasi terumbu karang yang kian menambah pesona alamnya. Pulau ini memiliki hutan tropis di tengahnya. Hutan tropis ini dikelilingi pepohonan yang tinggi. Selain itu, hutan tropis juga menghasilkan beberapa jenis tumbuhan seperti randu, dadap, pinus, dan asam jawa.

pulau panjang jepara

2. Biaya Menuju Pulau

Anda bisa mengunjungi Pulau Panjang Jepara melalui jalur laut menggunakan jalur penyeberangan. Bila Anda melalui Pantai Kartini, Anda dapat menaiki perahu Sapta Pesona yang terdapat di dermaga Pantai Kartini. Biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau yakni sebesar Rp 13.000,00 untuk satu orang dan lama aktivitas di pulau tersebut satu hari penuh.

Sementara jika Anda melewati dermaga Pantai Bandengan, Anda bisa menggunakan perahu Wisata Bahari, namun lama aktivitas di pulau ini sangat terbatas hanya satu jam saja. Harganya lebih terjangkau hanya sekitar Rp 10.000,00. Namun, jika Anda ingin melalui dermaga Pantai Prawean, Anda harus membawa rombongan karena dermaga ini menggunakan jasa perahu para nelayan di sekitar. Biaya sewa berkisar Rp 100.000,00 hingga Rp 200.000,00.

3. Pesona Pulau Panjang

Pulau ini dikelilingi oleh lautan dangkal yang berair jernih serta dihiasi oleh terumbu karang yang cantik. Ombak yang ada di pulau ini memang kecil sehingga Anda tak perlu khawatir jika ingin bermain air, snorkeling, ataupun bermain kano. Di pulau ini terdapat banyak pohon yang menjulang tinggi sehingga membuat pulau ini kian manis dan cantik. Udara yang sejuk kian menambah pesona alam lengkap dengan hamparan pasir putih di bibir laut.

pulau panjang jepara

4. Wisata Religi di Pulau Panjang

Ternyata di sebelah barat pulau ini terdapat makam ulama salah satu penyebar agama Islam di wilayah Jepara, beliau adalah Syeikh Abu Bakar. Di pemakaman ini fasilitas yang disediakan cukup lengkap diantaranya masjid, pendopo, kamar mandi umum, dan cafetaria. Di lokasi makam juga terdapat air barokah yakni air yang banyak dipercaya orang sebagai air yang bermanfaat untuk kesehatan dan keselamatan bagi siapapun yang minum air ini.

Jika Anda menyukai hal yang bersifat keagamaan, Anda dapat mengunjungi makam salah satu penyebar agama Islam yang satu ini. Di lokasi pemakaman selalu digelar haul akbar setiap tahunnya minimal 4 kali pengadaan. Jadi hanya pada saat haul, pulau ini ramai dipenuhi orang untuk kegiatan haul akbar.

Jika Anda melewati dermaga Pantai Kartini, ada kemungkinan Anda dapat melihat sunset di sore hari lantaran perahu yang berasal dari dermaga Pantai Kartini melakukan penyeberangan paling lambat pada pukul 5 sore.

Sekarang Anda sudah mengenal destinasi wisata Pulau Panjang Jepara. Meskipun pulau ini tak berpenghuni namun panorama alam yang disuguhkan tak kalah dengan di tempat lain.

Bagikan

Leave a Comment