Keindahan Arsitektural Wisata Lawang Sewu Semarang
wisata di jawa tengah paling terkenal
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Keindahan Arsitektural Wisata Lawang Sewu Semarang – Wisata lawang sewu di Semarang, Jawa Tengah ini adalah salah satu objek wisata bersejarah yang mampu hadirkan keindahan arsitektural bangunan yang tampak sangat unik dan menarik. Bangunan dari peninggalan masa lampau satu ini mampu suguhkan sebuah pemandangan yang banyak sekali disukai oleh pengunjungnya, khususnya bagi para penikmat fotografi.

Bahkan lebih dari sekadar itu saja, lawang sewu ini merupakan salah satu tempat sejarah pada saat masa perang kemerdekaan Indonesia. Sisi yang paling menarik dari bangunan ini berada pada riwayatnya, rancangan arsitektural, hingga dengan sejumlah kisah yang bernuansa mistis. Anda bisa menjumpai lawang sewu ini dikawasan bundara tugu muda, Semarang, Jawa Tengah.

Wisata awang sewu di Semarang juga mempunyai nilai historis, bangunan tua satu ini sudah pernah jadi saksi bisu pertempuran lima hari di kota Semarang, dan merupakan tempat pertempuran antara angkatan muda kereta api dalam melawan kodobutai dan juga kempetai Jepang. Ini sebabnya pemerintah setempat memasukkan bangunan tua tersebt sebagai bangunan bersejarah di kota Semarang yang memang harus dilindungi dengan baik.

wisata lawang sewu

Hal menarik di wisata lawang sewu

Lawang sewu yang ada di Semarang ini terdiri atas 4 bangunan, Anda di haruskan membayar tiket masuk ke lawang sewu untuk bisa mengeksplorasi objek wisata tersebut. Pasti saja, Anda juga akan ditemani oleh pemandu tatkala berkeliling di lawang sewu. Apabila Anda datangnya sendirian, maka Anda bisa bergabung bersama pengunjung lain yang ada di sana supaya biaya jasa pemandunya bisa ditekan lebih hemat lagi.

Perlu Anda tahu bahwasannya bangunan lawang sewu ini mempunyai tiga lantai, yang mana Anda nantinya akan diarahkan ke lantai dua dengan melewati sebuah tangga yang besar. Saat menaiki anak tangga tersebut, Anda bisa menyaksikan sebuah dinding kaca yang berukiran indah dan juga warna-warna yang sangat menawan. Kaca tersebut langsung didatangkan dari Belanda dan hingga kini masih asli dan terawat dengan baik. Tatkala menelusuri pintu-pintu dan juga lorong-lorong disepanjang lantai dua, pemandu umumnya akan menjelaskan sejarah dari bangunan tersebut. Coba lihatlah keadaan di luar bangunan, Anda bisa saksikan lalu lintas di kawasan tugu muda ketika ada di sebuah balkon gedung tersebut.

Secara umum, bangunan tua lawang sewu ini mempunyai suasana yang terbilang cukup pengap dengan pencahayaannya yang kurang atau remang-remang. Hal yang demikianlah turut menambah nuansa mistis dan juga mencekam, yang mana seringkali mewarnai cerita-cerita dari mereka yang sudah pernah berkunjung ke objek wisata lawang sewu di Semarang, Jawa Tengah. Beberapa orang yang mempunyai kepekaan supranatural sudah pernah mengisahkan mengenai beragam penamakan yang ada di lawang sewu. Akan tetapi sebenarnya, suasana tersebut tidak mengurangi pesona yang telah dimiliki oleh bangunan tua yang berdesain sangat indah dan juga artistik ini.

keindahan wisata lawang sewu

Penelusuran di sepanjang lantai dua nantinya akan berakhir di bagian ujung bangunan, yang mana Anda bisa menemukan jembatan penghubung untuk menuju ke gedung lain. Jembatan penghubung inilah akan membawa Anda hingga ke gedung yang ada di bagian belakang. Ketika menelusuri lorong yang selanjutnya, maka yang akan terlihat adalah sebuah selokan di bagian bawah tepiang lorong. Selokan inilah konon pernah jadi tempat pembuangan mayat yang kepalanya telah dipenggal di masa penjajahan Jepang.

Itulah sekilas informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda semuanya tentang keindahan arsitektural bangunan lawang sewu Semarang, Jawa Tengah. Semoga bermanfaat.

Bagikan

Leave a Comment