Tips Persiapan Liburan Backpacker
persiapan liburan backpacker
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Tips Persiapan Liburan Backpacker – Backpacker adalah orang-orang yang menikmati liburan, jalan-jalan dan traveling dengan menggunakan tas punggung. Dengan biaya yang rendah dan mau susah demi menikmati pengalaman liburan yang berbeda. Nah, jika anda sudah mempunyai rencana untuk backpackeran ke luar negeri, hal selanjutnya yang anda lakukan adalah mempersiapkan hal-hal berikut.

Bawa uang tunai secukupnya, serta kartu ATM atau kartu kredit.

Tidak perlu membawa uang tunai secara berlebihan, apalagi jika perjalanan ala backpacker sudah dilengkapi dengan daftar perjalanan. Sebaiknya membawa dana sesuai kebutuhan saat mencapai kota tujuan. Karena umumnya pembayaran diluar negeri menggunakan kartu kredit. Kartu ATM sendiri memiliki fungsi untuk mendapatkan uang dengan niali tukar yang lebih stabil. Anda perlu menginformasikan bank tempat anda membuka rekening agar jika terjadi transaksi di luar negeri bank tidak curiga dan memblokirnya.

persiapan liburan backpacker

Bawa dokumen cadangan paspor dan kartu bank

Tips persiapan liburan backpacker adalah jangan sampai meninggalkan dokumen penting. Traveling ke negara orang lain harus tetap waspada, apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan, seperti kehilangan paspor atau dokumen penting lainnya. Anda harus sudah mempersiapkan copy atau hasil scan dokumen-dokumen tersebut dari negara asal. Dengan begitu anda bisa mempercepat proses pelaporandokumen yang hilang serta menggantinya dengan dokumen baru. Dokumen-dokumen yang harus dibawa yaitu passport, visa, NPWP, KTP. Bawa saja salinannya atau fotokopi semua dokumen ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Segera reservasi hotel di Negara yang akan di tuju

Tips persiapan liburan backpacker berikutnya adalah persiapkan hotel tempat tujuan wisata Anda. Berlibur dengan gaya backpacker memang memberikan kebebasan pada traveller untuk mengatur rencana perjalanan sendiri, termasuk memilih tempat akomodasi. Namun, bukan berarti melupakan kenyamanan perjalanan di Negara yang akan di tuju. Sebaiknya, anda sudah membuat reservasi hotel untuk beberapa hari pertama di negara tujuan. Sehingga anda sudah tidak perlu lagi di pusingkan soal akomodasi. Anda dapat membeli voucher hotel disitus-situs direktori hotel yang sering memberikan penawaran menarik. Dengan voucher maupun promo yang sedang digelar, anda bisa menghemat hingga 70%.

Siapkan visa sebagai izin masuk ke suatu Negara

Anda memang tidak membutuhkan visa jika hanya berkunjung ke singapore, malaysia, atau Thailand, tapi beberapa negara di asia mewajibkan adanya visa. Cari tahu, apakah negara yang anda tuju mewajibkan anda memiliki visa resmi dari kedutaan.

tips backpacker

Beli Asuransi perjalanan

Saat liburan keluar negeri, sebaiknya anda memiliki asuransi perjalanan karena tidak semua asuransi pribadi dapat digunakan diluar negeri

Bergabung dengan komunitas backpacker

Tips persiapan liburan backpacker lainnya adalah tetap terhubung bersama komunitas atau grup backpacker. Komunitas ini sudah banyak menunujukan eksistensinya. Bagi anda yang masih pemula, anda bisa mendapatkan banyak cerita dan pengalaman dari para backpacker senior. Termasuk rekomendasi tempat, hotel murah dan apa saja yang harus di siapkan

Ketahui kondisi tempat tujuan

Setelah memilih negara dan kota tujuan, penting bagi anda untuk ,mengetahui kondisi alam dan lingkungan tempat tujuan kamu. Apakah disana sedang musim panas, musim dingin atau sedang sering turun hujan. Anda bisa mempersiapkan pakaian atau kebutuhan lain secara tepat. Cari juga info mengenai kemanan, dan jalur transportasi. Jangan ragu untuk mencari tahu segala informasi melalui internet, majalah, atau cerita perjalanan orang yang sudah pernah berkunjung kesana.

Jangan membawa barang yang tidak di perlukan.

Pastikan jumlah pakaian yang akan dibawa, barang elektronik yang tidak perlu, seperti laptop, Hp atau tas lebih dari satu. Karena backpacker identik dengan kepraktisan dalam keberangkatan, jika Anda perlu membawa kamera atau laptop di dalam tas Anda, pastikan Anda mengurangi barang bawaan lainya, jangan sampai menambah tas semakin banyak atau semakin besar.

Bagikan

Leave a Comment