Wisata Candi Borobudur Jawa Tengah
wisata candi borobudur
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Wisata Candi Borobudur Jawa Tengah – Wisata Candi Borobudur Jawa TengahCandi borobudur merupakan candi paling megah dan merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Bangunan satu ini paling megah diantara beberapa candi yang berada di Kamboja dan berdiri jauh sebelum candi angkor wat yang ada di Vietnam dibangun. Sejarah candi borobudur yang kini menjadi tempat wisata favorit dan populer di Jawa Tengah ini dibangun pada abad ke 8 hingga 9 oleh seorang raja Samartungga yang diarsiteki oleh Gunadarma. Keunikan bangunan candi satu ini adalah telah menggunakan sistem interlock di dalam pembangunannya tersebut, bahkan sebanyak 60.000 m terbentuk sebuah bangunan yang mirip sekali dengan sebuah kubus raksasa. Khususnya bagi umat Budha asal negeri Tibet, China, Kamboja, dan juga India sekitar abad ke 9 hingga 11 sering datang ke tempat untuk untuk lakukan ritual.

wisata candi borobudur

Sejarah candi borobudur di Jawa Tengah

Candi borobudur ini mempunyai nilai seni yang cukup tinggi yang jadi bukti tingginya peradaban manusia disaat itu juga, bahkan mereka telah memberikan nilai filosofis di dalam bentuk bangunan tersebut. Hal yang demikian ini dapat dilihat dari ketiga susunan bangunan candi, yakni kamandhatu yang artinya nafsu, rupadhatu yang artinya wujud dunia, dan juga arupadhatu yang artinya dunia tanpa bentuk. Apabila dilihat dari atas, maka candi ini akan terlihat seperti bunga teratai di atas bukit yang sangat cantik dan menawan. Bahkan secara utuh, candi borobudur ini menggambarkan sang Budha yang sedang bertapa pada kelopak bunga teratai tersebut.

Keunikan lian dari candi ini adalah adanya 2.672 buah pahatan relief yang jika disatukan secara berjajar hanya akan mencapai panjang sekitar 6 km dan ini jadi sebuah nilai seni ansambel relief yang tinggi nilainya serta sudah diakui oleh dunia. Bahkan untuk ikuti alur cerita dari dinding candi tersebut, Anda diharuskan untuk berkeliling candi dengan berjalan searah jarum jam, yang masuk melewati pintu bagian timur hingga nantinya akan tiba pada tangga sebelah timur, ini dilakukan secara terus menerus dengan jalan berputar hingga ada di puncak candi yang berbentyk stupa, hal inilah yang disebut dengan pradaksina.

candi borobudur

Sebuah pahatan relief di dinding candi borobudur secara keseluruhannya telah menceritakan kisah sang Budha dan juga ajaran-ajarannya yang telah terbagi atas 4 kisah utama, yakni karma wibangga, awa dana, jataka, dan juga lalita wistara. Selain hal tersebut, pada bagian dindingnya juga dibuat relief yang mampu mengisahkan keadaan dan kondisi sosial masyarakat pada saat itu juga. Dari 10 relief kapal di dnding inilah bisa Anda lihat bahwasannya nenek moyang bangsa Indonesia merupakan bangsa pelaut yang tidak tertandingi dan juga telah mengarungi rute dari Jawa hingga benua Afrika.

Satu hal lagi yang sangat menari sekali bagi para wisatawan, dari atas candi borobudur bisa juga dilihat sebuah kemegahan hamparan alam sekitar yang telah dikelilingi oleh beberapa gunung, seperti halnya dengan gunung merapi, gunung manoreh, dan juga gunung sindoro. Bahkan pada saat sore harinya, Anda bisa menikmati indahnya matahari tenggelam mulai dari puncak candi borobudur dengan suasana alamnya yang sangat luar biasa syahdu. Anda bisa mencapai lokasi wisata candi borobudur ini dengan mudah.

Demikianlah tadi sekilas informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda semuanya tentang candi borobudur Jawa tengah jadi saksi kejadian masa lalu. Semoga bermanfaat.

Bagikan

Leave a Comment