15 Pesona Wisata Alam Lembang Cocok Untuk Refreshing dan Liburan

15 Wisata Alam Lembang

Bagi anda yang ingin berkunjung ke kota bandung tentunya anda jangan sampai melewatkan kecamatan yang ada di kota bandung tepatnya di bandung barat dimana kecamatan ini berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut. Sebagai daerah yang terletak di pegunungan dengan suhu rata rata berkisar diantara 17° sampai dengan 27° C tempat ini memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang dapat kita kunjungi jika berkunjug ke kota bandung di mana wisata alam lembang dimulai dari pegunungan, air terjun, hingga wisata alam lainya dapat kita temui jika berkunjung ke sini. Destinasi wisata alam lembang tersebar di ¾ desa yang ada di kecamatan lembang kabupaten bandung barat ini dan lembang merupakan kecamatan yang unggul dalam variasi konsep wisata alam.

Nah bagi anda yang ingin berkunjung ke sini berikut ini ada beberapa tempat wisata alam lembang yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke lembang yaitu sebagai berikut

  1. Situ Lembang
Situ Lembang
Situ Lembang

Adalah danau yang yang dikelilingi pegunungan yang terletak di ketinggian yang terbentuk oleh letusan gunung sunda pada 2 – 3 juta tahun yang lalu dan terletak diantara gunung burangrang, gunung tangkuban perahu, dan gunung sunda. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat tujuan wisata jika anda berada di lembang dan bagi anda yang memiliki hobi memancing dapat berkunjung ke sini dikarenakan jumlah ikan yang ada di sini sangat banyak dan anda dapat memancing sembari menikmati pesona alam dan keindahan alam yang cantik di sini. Dan jika anda ingin berkemah disini sebaiknya anda membawa sweater dan jaket yang tebal dikarenakan tempat ini disetiap pagi dan sore harinya biasanya selalu diselimuti oleh kabut kabut tebal yang membuat kondisi disini terasa begitu sangat dingin. Untuk berkunjung ke wisata alam lembang ini sebaiknya anda memilih kendaraan yang tahan terhadap medan bebatuan yang kasar, karena jalan menuju ke tempat ini banyak memiliki bebatuan yang kasar dan sulit untuk di tempuh.

  1. Sapu Lidi Lembang
Sapu Lidi Lembang
Sapu Lidi Lembang

Sapu lidi lembang tempat ini terletak di jalan Sersan Bajuri, Kompleks Graha Puspa Lembang kecamatan lembang bandung barat, dan nama wisata alam lembang satu ini mungkin terdengar sedikit aneh akan tetapi keanehan inilah yang membuat wisatawan dosmetik maupun macanegara datang berkunjung ke sini dimana wisata sapu lidi lembang memiliki konsep pedesaan, yang dikelilingi oleh area persawahan dan juga danau, sehingga anda dapat benar benara menghirup segarnya udara alami khas pedesaan sehingga bisa melepaskan kepanatan dari rutinitas sehari hari.dan jika anda berkunjung bersama pasangan dan keluarga, anda dapat mengitari danau dengan perahu sehingga dapat memiliki pengalaman yang tidak terlupakan jika berkunjung ke tempat ini.

  1. Pasar Terapung Lembang
Pasar Terapung Lembang
Pasar Terapung Lembang

Pasar terapung lembang atau biasa dikenal dengan sebutan Floating Market ini adalah sejenis tempat wisata yang menggabungkan antara perpaduan alam lembang yang mempesona dengan pasar terapung traditional seperti yang ada di kota bangkok, yang menyediakan berbagai macam wahana permainan anak anak dan dewasa seperti perahu air, kereta air, dan outbod yang tentunya dapat menambah gairah anda berwisata alam di sini. Selain menawarkan wahana bermain sembari berwisata alam. Pasar terapung lembang juga menyediakan sensasi belanja diatas perahu yang terapung di danau dengan menawarkan belanjaan seperti menu traditional khas jawa sayur mayur, ikan segar dan lainnya di tawarkan di passar terapung ini. yang beralamatkan di JL Grand Hotel No 33 E lembang.

  1. Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha

Tempat ini berdiri sejak tahun 1923 dan biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan sterwah dimana tempat ini digunakan sebagai tempat penelitian dan pengamatan benda benda langit di lembang bandung yang beralamatkan di jalan peneropongan bintang lembang dengan jam buka pada hari senin sampai minggu dari jam 09.00 sampai dengan jam 13.00 dengan harga tiket masuk mulai dari Rp.7.500 anda sudah dapat masuk ke tempat wisata alam lembang satu ini untuk melihat benda benda luar angkasa tentunya akan menjadi suatu kegiatan wisata yang seru bagi anda dan keluarga dan juga dapat menjadi wisata pendidikan bagi putra putri anda jika berkunjung ke tempat ini.

  1. Gunung Putri Lembang
Gunung Putri Lembang
Gunung Putri Lembang

Inilah objek wisata alam lembang bandung yang menawarkan suatu daya tarik wisata alam pegunungan yang sangat eksotis dan memiliki karakteristik yang sangat unik dengan menyimpan sejuta pesona alam yang sangat ellok bersejarah dan penuh dengan misteri. Dan disini anda dapat bermalam dengan cara camping atau berkemah serta anda dapat melakukan aktifitas menarik lainya yang anda lakukan dengan bersentuhan langsung bersama dengan alam dan cuaca disini sangat dingin tentunya anda harus menyediakan jaket ataupun sweater yang sangat tebal untuk menghangatkan badan anda. dengan harga tiket masuk sebesar Rp.5.000 anda sudah dapat berkunjung ke sini.

  1. Gunung Batu
Gunung Batu
Gunung Batu

Wisata alam lembang satu ini memiliki keindahan alam yang mengeankan saat matahari terbit ataupun terbenam selain memiliki keindahan alam yang sangat menarik wisata alam gunung batu ini juga sangat menantang untuk di daki dan banyak sekali diburu oleh pecinta alam untuk mendaki bebatuan yang ada di gunung batu ini sampai puncaknya. Sebenarnya hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk mendaki gunung batu ini hanya saja para pecinta alam mencari bebatuan yang sulit di daki utuk dijadikan pendakian ataupun panjat tebing bagi mereka dan bercamping di puncang gunung batu ini. untuk alamat gunung batu berada di pagerwangi lembang bandung barat dengan harga tiket masuk Rp. 10.000 anda sudah dapat berkunjung ke tempat ini dan mendaki sampai puncaknya untuk melihat gunung gunung yang mengelilingi kota bandung yang dapat terlihat dari semua arah.

  1. Curug tilu Leuwi Opat
Curug tilu Leuwi Opat
Curug tilu Leuwi Opat

Tempat wisata alam lembang ini menawarkan paduan air terjun, Leuwi, Gua serta kawasan alam hijau sekitar kurang lebih dari 5 hektare yang sangat eksotis di pandang dengan mata untuk berkunjung ke sini anda akan dikenakan tiket masuk kurang lebih sebesar Rp. 10.000 yang beralamatkan di jalan Ciwangun Indah Camp. Cihanjuang dengan jam buka dari jam 06.00 pagi sampai dengan jam 18.00 sore atau anda juga bisa mengunjungi website resminya yang anda dapat temukan di mesin pencarian google untuk mengetahui info lengkap mengenai tempat ini. dimana tempat ini dinamakan curug tilu keuwi opat  dikarenakan memiliki wahana air terjun yang bertingkat tiga dan membentuk kolam alami serta memiliki wahana alam lain seperti tempat camping, outbond, paint ball, panjat, arum jeram, dan lainnya dan untuk jelajah alam lainya disini ada juga gua lalay dan gua toke.

  1. Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu

Gunung tangkuban perahu adalah tempat wisata alam lembang yang sangat populer dan terkenal sampai dengan saat ini dimana tempat ini berada di jalan raya tangkuban perahu lembang yang buka dari jam 08.00 pagi sampai dengan jam 17.00 sore dengan harga masuk kurang lebih dari Rp. 20.000 pada hari biasa dan pada hari libur bisa mencapai Rp. 30.000 per orangnya. Dengan memiliki daya tarik gunung yang berbentuk seperti perahu terbalik ini dan keindahan alam yang ada disekitarnya membuat tempat ini menjadi tujuan utama wisatawan berkunjung ke tempat ini yang berlokasi sekitar 20 km di utara bandung dengan ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut. Dan tentunya jangan lupa membawa jaket ataupun sweather yang tebal jika berkunjung ke gunung tangkuban perahu dikarenakan cuaca disini sangat dingin.

  1. Maribaya Lembang
Maribaya Lembang
Maribaya Lembang

Wisata alam lembang ini berlokasi sekitar 22 km dari kota bandung dimana maribaya adalah sebuah tempat wisata alam yang mempunyai air terjun dan dihiasi dengan taman yang indah berada di sekitarnya dan tidak hanya itu wisata alam satu ini terkenal dengan wisata air panas belerang yang setiap akhir pekanya selalu dipadati pengujung untuk berendam air panas dan trekking di tempat ini

  1. Jendela Alam
Jendela Alam
Jendela Alam

Ini adalah tempat wisata alam lembang bandung untuk pendidikan dan anak anak dikarenakan di sini anda dan keluarga anda khususnya anak anak akan diajak untuk belajar bagaimana cara memelihara ternak dan bertanam di kebun serta kandang dan juga cara memanen selain itu bagi anda yang menunggu anak anda berwisata di sana anda juga dapat menikmati fasilitas wisata kuliner dan juga berbelanja serta wahana permainan bagi anak anda sehingga liburan bersama keluarga anda sangat berkesan dan lengkap dengan berlibur sembari berwisata alam di tempat ini dengan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 dengan jam buka dari hai senin sampai hari minggu dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore yang beralamatkan di Komplek Graha Puspa Jl. Sersan Bajuri Km 4,5

  1. Kampung Daun
Kampung Daun
Kampung Daun

Jika anda senang wisata kuliner sembari berwisata alam disinilah tempatnya dimana tempat ini menawarkan nuansa alam yang dipadukan dengan kuliner khas bandung serta memiliki suasana pedesaan sehingga menimbulkan kesan yang sangat romantis apabila anda datang kesini bersama pasangan anda sembari wisata alam. Wisata alam lembang satu ini berada di jalan sersan bajuri km 4,7 komplek villa triniti yang buka dari hari senin sampai hari minggu dari jam 11 pagi sampai jam 12 malam dan untuk menu makanan yang ditawarkan di tempat ini mencakup makanan khas indonesia hingga makanan mancanegara dapat anda temui di tempat yang sangat eksotis dan penuh dengan nuasa alam ini.

  1. De Ranch
De Ranch
De Ranch

Jika anda ingin berwisata alam dengan sesuatu yang unik anda dapat mengunjungi tempat ini dikarenakan tempat wisata alam lembang satu ini sangat unik dari yang lain dimana di sini anda akan menikmati wisata alam yang suasananya bernuansa ala koboi dengan menawarkan berbagai jenis permainan yang menyenangkan bersama keluarga anda selain itu anda dapat menunggang kuda layaknya seorang koboi baik di dalam lahan de ranch maupun di luar dan tidak hanya itu saja disini juga menyediakan tempat berbelanja souvenir maupun kuliner untuk anda nikmati bersama keluarga. Untuk mengunjungi tempat ini berada di jalan maribaya no 17 kayu ambon lembang yang dibuka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore setiap harinya dengan harga tiket masuk lebih kurang Rp.15.000 anda sudah dapat masuk ke tempat ini.

  1. Taman Hutan Jaya Giri
Taman Hutan Jaya Giri
Taman Hutan Jaya Giri

Bagi anda yang sangat suka dengan wisata alam hutan wisata alam lembang satu ini sangatlah tepat untuk anda kunjungi bersama teman maupun keluarga dikarenakan taman hutan jayagiri ini memiliki hutan yang masih terawat sehingga memiliki hawa yang sejuk sehingga menjadikan wisata alam dengan pemandangan yang asri dan menyegarkan yang lokasinya bisa dijangku dengan mudah cukup dengan kendaraan umum maupun pribadi anda sudah dapat mengunjungi tempat ini dengan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 untuk hiking dan camping Rp. 8.000 dimana hargatiket tersebut sudah termasuk asuransi jiwa jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan terjadi pada anda yang sedang berada di sini.

  1. Kebun Begonia Lembang
Kebun Begonia Lembang
Kebun Begonia Lembang

Berwisata alam tidak harus di pegunungan hutan dan gua anda juga dapat mengunjungi kebun bunga begonia ini merupakan wisata alam dengan menikmati bunga bunga yang sangat indah dimana di tempat ini memiliki koleksi bunga yang sangat indah dan tertata dengan rapi adapun bunga yang terdapat di tempat ini yaitu bunga celosia, melampodium,impatiensm salvia, geranium,dan banyak lagi bunga jenis lainya dan tidak luput juga bunga balinea yang menjadi nama dari kebun bunga ini dengan harga tiket masuk Rp. 10.000 dan anda juga dapat membeli bunga begonia bali dengan harga mulai dari Rp. 20.000 anda sudah dapat membawa bunga begonia bali ini selain menyuguhkan kebun bunga yang indah tempat ini juga menyediakan wahana wisata alam outbond yang dikemas dengan beberapa permainan seperti pinnata, puzzle treasure dan lainnya yang berada dikawasan kebun bunga ini. wisata alam lembang kebun bunga begonia ini terletak di jalan maribaya no 120 a lembang bandung yang lokasinya terletak di tepi jalan raya.

  1. Dusun Bambu
Dusun Bambu
Dusun Bambu

Wisata alam lembang satu ini memiliki pesona daya tarik alam pegunungan yang sangat indah yang berada di bawah kaki pegunungan burangrang sehingga menjadikan tempat ini sangat eksotis dan romantik serta beragam aktifitas dapat anda lakukan disini seperti bersepeda santai sembari menikmati sejuknya udara pegunungan lembang, camping dan kegiatan luar ruangan lainnya dapat anda lakukan disini selain itu anda juga dapat menemukan sensasi aneka menu makanan khas dari dusun bambu yang lezat dan menggoda sehingga dapat meningkatkan selera makan anda dan anda pastinya tidak mau pulang jika sudah berada di tempat ini dikarenakan keindahan tempat ini sulit untuk ditinggalkan dengan beralamatkan di jalan kolonel matsuri km 11 lembang kabupaten bandung barat.

Itulah beberapa pesona wisata alam yang dapat anda kunjungi di lembang bandung jawa barat dengan menawarkan pesona alam yang berbeda beda dan karakteristik serta keunikan wisata alam yang ada di tempat tempat tersebut tidak dapat anda temukan di tempat lain, jadi jika anda berkunjung ke kota bandung jangan lupa menuju lembang untuk mengunjungi ataupun mencoba destinasi wisata alam lembang yang sangat diminati wisatawan lokal maupun mancanegara yang sengaja datang berkunjung untuk menikmati wisata alam yang banyak di kota bandung khususnya lembang.

 

 

Leave a Reply