8 hal Yang Harus di Perhatikan Sebelum Berlibur

8 hal yang harus di perhatikan sebelum berlibur –¬†Salah satu obat mujarab untuk menghilangkan penat dan lelah dengan pekerjaan atau rutinitas harian yaitu dengan berwisata atau berlibur ke suatu tempat. Namun untuk melakukan aktifitas ini di perlukan beberapa persiapan yang perlu diperhatikan agar liburan anda berjalan lancar. Berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan sebelum pergi berlibur.

yang harus di perhatikan sebelum berlibur

  1. Tentukan tempat tujuan

Hal yang sangat penting dalam merencanakan agenda liburan yaitu menentukan tempat tujuan. Jika berencana berwisata bersama keluarga atau teman dekat, mintalah pendapat mereka untuk menetukan tempat yang akan kalian kunjungi untuk berlibur.

  1. Pilih waktu yang tepat

Tips yang harus di perhatikan sebelum berlibur berikutnya adalah waktu yang tepat, waktu adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum pergi berlibur. Jika tidak ada waktu libur panjang, kamu bisa memanfaatkan pekan untuk berlibur, walaupun hanya bisa berlibur ke tempat terdekat, setidaknya kamu bisa menghilangkan penat mu dan membuat badanmu rileks. Jika menginginkan liburan yang lama, pilihlah waktu dimana kamu mendapatkan waktu libur panjang dari kampus maupun tempat kerjamu. Cocokan pula jadwalmu dengan jadwal orang-orang yang akan berlibur bersama mu.

  1. Perkirakan biaya

Biaya tentu saja menjadi salah satu faktor yang paling penting untuk mensukseskan liburan yang menyenangkan. Cobalah untuk memperkirakan biaya liburan sedetail mungkin.

  1. Menabung

Setelah mengetahui tempat tujuan berlibur, dan perkiraan biaya yang akan di keluarkan, maka mulailah untuk mempersiapkan dana khusus. Menabunglah serajin mungkin untuk memenuhi biaya yang dibutuhkan.

  1. Tentukan alat transportasi

Kamu akan sangat membutuhkan alat transportasi untuk menunjang kegiatan mu selama berlibur. Tentukan alat transportasi yang akan digunakan dan sesuaikan dengan jumlah orang yang akan berlibur. Jika kamu menginginkan jasa transportasi, pilihlah penyedia jasa tranportasi yang menawarkan harga murah dengan kualitas bagus dan nyaman.

  1. Tempat penginapan

Jika destinasi wisatamu berada di luar kota bahkan di luar negeri, carilah tempat yang strategis namun biayanya sesui dengan dana tersedia. Jangan memaksakan menyewa tempat penginapan yang mahal, semampunya saja yang penting memiliki tempat tinggal selama berlibur.

Jika kamu memiliki sedikit dana untuk liburan mu, coba pastikan apakah ada teman atau sanak anda ditempat tujuan wisata, jika ada menginaplah ditempat mereka. Jika memang kamu ingin menginap di hotel, carilah referensi dalam mereservasi hotel. Temukan cara untuk mendapatkan harga hotel dengan harga yang lebih murah. Contoh kamu bisa mereservasi melalui jasa internet yang menawarkan harga lebih murah.

yang harus di perhatikan sebelum berlibur

  1. Konsumsi

Yang harus di perhatikan sebelum berlibur berikutnya adalah memperhatikan konsumsi. Merencanakan pengadaan konsumsi sangat disarankan untuk mencegah kekurangan makanan atau keterlambatan makan karena tempat yang akan didatangi penuh atau tutup. Carilah tempat makan yang direkomendasikan ditempat wisatamu nanti. Minta daftar menu dan harga, jika perlu booking lah beberapa meja untuk kamu dengan rekan liburan mu untuk mencegah hal-hal buruk yang bisa saja terjadi misal tempat makan penuh sehingga kamu dan rekanmu tidah mendaptkan meja.

  1. Tentukan barang bawaan

Tips yang harus di perhatikan sebelum berlibur terakhir adalah tentukan barang bawaan. Inilah rutinitas sebelum liburan yang juga penting dilakukan jauhari sebelum pergi berlibur. Kamu harus membuat daftar apa saja barang yang harus dibawa. Buatlah pos-pos berbeda, mulai dari kelengkapan pribadi, P3K, hingga cemilan.perlu diperhatikan barang bawaan yang terlalu banyak akan menambah pengeluaranmu selama liburan. Sebagai contoh jika kamu memilih transpotasi udara, maka akan di tambahkan biaya tambahan jika membawa terlalu banyak. Bawa barang seperlunya saja.

Leave a Reply