tips memilih travel agent

8 Tips Memilih Travel Agent

8 Tips memilih travel agent – Untuk dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata dengan mudah tanpa harus repot-repot memikirkan transportasi ataupun segala keperluan yang harus dimiliki saat berwisata, jasa biro perjalanan tertentu sangat membantu anda dalam melakukan perjalanan wisata. Biro perjalanan wisata yang akan mengatur perjalanan, transportasi, makanan serta hal-hal yang diperlukan dalam perjalanan anda. Tetapi, sekarang banyak biro perjalanan yang kurang berkompeten dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para costumers. Untuk itu, beberapa tips ini dapat membantu anda mempertimbangkan travel agent yang akan anda pilih untuk perjalanan wisata anda.

tips memilih travel agent

  1. Pilih Agen travel yang profesional

Tips memilih travel agent yang pertama adalah profesionalitas, agen travel yang profesional dapat menjelaskan secara detail tempat yang akan anda kunjungi. Anda juga bisa mencoba mendengar nasihat teman dan kerabat yang telah menggunakan agen travel yang mereka percayai. Agen travel yang baik akan berusaha membangun hubungan jangka panjang dengan klien, tidak semata mengejar transaksi saat itu saja.

  1. Jangan tertarik dengan harga murah

Agen travel yang semakin banyak membuat mereka berlomba-lomba mengadakan promo dengan harga murah. Tapi ingat, jangan mudah tergiur dengan tawaran paket murah dari agen travel. Anda harus perhatikan rincian paket yang diberikan, mulai dari transportasi, akomodasi, logistik, lama perjalanan, hingga tur keliling. Pastikan fasilitas yang diberikan memadai dan tidak merepotkan anda.

  1. Pilihlah agen travel yang mempunyai jaringan luas

Tips memilih travel agent yang berikutnya adalah travel agen memiliki jaringan perjalanan yang luas, pastikan bahwa agen travel yang anda pilih punya jaringan kuat dengan industri pariwisata pada umumnya seperti asosiasi agen perjalanan, maskapai penerbangan, jaringan hotel, kereta api, kapal pesiar, tur operator, atau perusahan rental mobil. Agen travel berjaringan luas mencerminkan agen tersebut kredibel.

tips memilih travel agent

  1. Perhatikan rute perjalanan wisata

Hal yang paling umum untuk diketahui adalah perhatikan rute perjalanan wisata. Pilih agen travel yang menawarkan paket wisata sesuai keinginan anda. Misalkan, ada 10 tempat wisata yang ditawarkan, ada 7 tempat wisata di paket yang memang ingin anda datangi. Jika ingin menghabiska banyak waktu sendiri ketimbang bersama rombongan di agen perjalanan, anda bisa memilih agen yang menawarkan kunjungan wisata lebih sedikit dan lebih banyak waktu bebas.

  1. Jangan mudah terbujuk promo yang ditawarkan

Apabila mereka menawarkan paket liburan, tanyakan apakah tarif yang ditawarkan sudah termasuk lunch/snack, kendaraan jemputan, tiket masuk tempat wisata, dan asuransi. Ini untuk menghindari kekecewaan selama mengikuti tour.

  1. Pahami dengan baik Itinerary

Anda harus perhatikan dengan baik informasi yang diberika oleh travel agent seperti lama perjalanan, lama berkunjung, objek wisata yang dikunjungi, dan juga fasilitas seperti tiket masuk obyek wisata, dan transportasi. Anda sebaiknya mengetahui dari awal daftar hotel yang akan digunakan. Dengan begitu akan membantu anda untuk mengenal seluk beluk lokasi hotel.

  1. Tour Guide dan Tour Leader

Tour leader akan membantu anda dan menemani anda dari airport keberangkatan hingga kembali. Sedangkan untuk Tour Guide akan memandu anda selama anda mengunjungi objek-objek wisata disana nantinya. Pastikan apakah selama perjalanan anda akan ditemani oleh Tour Guide dan Tour Leader

  1. Baca testimonial atau sharing info perjalanan anda ke Traveler lain

Testimonial atau sharing pengalaman dari orang lain yang memakai jasa tour agent tersebut sudah banyak tentunya. Jangan segan-segan mencari tahu atau mencari info tentang hal ini baik dari saudara-saudara, teman, ataupun dari internet.

Demikian tips memilih travel agent yang bisa kita perhatikan, memilih travel agent yang tepat adalah salah satu cara untuk berlibur dengan tenang, khususnya bagi Anda yang ingin berlibur keluar negeri tentu pelayanan dari travel agent adalah satu-satunya yang Anda harapkan disaat disana Anda tidak bisa meminta bantuan siapa-siapa, untuk itu pilihlah travel agent dengan tepat dengan memperhatikan beberapa tips memilih travel agent di atas

Leave a Reply