Bukit Moko – Wisata Alam yang Menawan dan Penuh Kesan
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Jalan-jalan wisata ke Bandung,  belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Bukit Moko, terutama bagi anda yang hobi traveling dan pecinta alam. Keindahan  panorama alam Bukit Moko yang indah, eksotis, alami dan suasana romantis sangat tepat sebagai tempat untuk refreshing bersama pasangan atau teman-teman atau keluarga.

Bukit Moko Bandung semakin popular dengan banyaknya foto instagram dan social media. Sebagian orang menganggapnya mirip dengan suasana hutan pinus di Nami Island Korea yang ada dalam Drama Korea Winter Sonata. Tentunya spot ini menjadi viral, disamping lokasinya yang juga sejuk karena berada di dataran tinggi Bandung.

Bukit Moko Bandung termasuk objek wisata yang tergolong masih baru diresmikan di Bandung. Biasanya kawasan ini ramai dikunjungi di akhir pekan dan juga dimusim liburan. Berikut ulasan Wisata Alam Bukit Moko yang Penuh kesan dan Menawan.

Bukit Moko at Night
Bukit Moko at Night

Lokasi Bukit Moko Bandung

Bukit Moko merupakan kawasan yang berada di puncak bukit di daerah Cimenyan, Bandung. Berada di atas ketinggian hampir 1.500 mdpl, Bukit Moko Bandung termasuk daerah yang memiliki hawa sangat sejuk, jadi jangan heran jika kawasan wisata ini selalu diselimuti kabut tebal, terutama di waktu pagi hari, menjelang sore dan juga di malam hari.

Bukit moko awalnya kawasan hutan pinus yang secara resmi dibuka untuk umum tepatnya bulan september 2014 yang lalu. Berada di bawah pengelolaan Perum perhutani, divisi regional provinsi Jabar dan Banten. Menjadi populer  karena di tempat ini ada sebuah warung daweung (tempat nongkrong) atau disebut dengan istilah Moko.

Untuk akses ke lokasi objek wisata Bukit Moko, ada beberapa mode transportasi yang tersedia. Berhubung lokasinya yang agak jauh dari jalan utama, ada baiknya untuk membawa kendaraan pribadi. Atau bisa juga menggunakan jasa rental angkutan kota.

Dari arah Bandung, rutenya menuju ke arah terminal Cicaheum, kemudian belok kiri ke arah Padasuka (arah saung angklung udjo). Rute selama perjalanan terus menanjak melewati area perkampungan dan perkebunan milik penduduk sekitar. Jalan menuju lokasi akan melewati area caringin tilu, dimana terdapat warung-warung makan dan view bandung yang Indah dari ketinggian.

Pranala Google Maps : https://goo.gl/maps/HVpMEoGWGdn

peta bukit moko
Peta Bukit Moko

Objek Wisata di Bukit Moko Bandung

Bukit Moko berada dikawasan wisata hutan pinus yang lebat dan alami di Bandung. Di sini kita bisa menikmati wisata alam diantara sejuknya hutan pinus khas dataran tinggi Bandung, dimana kita bisa trekking menyusuri bukit. Ada lintasan jalan yang telah disediakan pengelola untuk keperluan trekking bagi para wisatawan.

Dari atas Bukit Moko Bandung, kita bisa menikmati eksostime landscape Kota Bandung. Pada malam hari akan terlihat semakin romatis dengan adanya kerlip cahaya kota Bandung dari atas ketinggian. Moment ini juga tepat untuk dihabiskan bersama teman-teman dengan berkumpul sambil camping diatas bukit. Karena udaranya sangat dingin, ada baiknya membawa jaket tebal untuk persiapan.

Menikmati Sunset di Bukit Moko Bandung

Sunset Bukit Moko
Sunset Bukit Moko

Salah satu moment yang dicari para traveler adalah menikmati sunset di Bukit Moko Bandung.  Keindahan efek sinar matahari saat mulai terbenam yang berwarna keemasan, memunculkan warna silluete yang indah saat menembus celah ranting, batang dan dedaunan pohon pinus. Saat ini yang banyak di nanti para wisatawan saat berkunjung ke Bukit Moko.

Momen ini juga yang sering dicari oleh para fotografer, yang disebut dengan golden time. Jadi jangan heran, jika Bukit Moko tidak hanya menjadi tempat nongkong anak muda, tetapi juga menjadi spot favorit para fotografer. Baik fotografer pemula maupun professional.

Bermalam di Camping Ground Bukit Moko Bandung

Bermalam saat wisata ke kota bandung tidak harus menginap di hotel. Kita bisa melakukannya dengan cara yang berbeda, misalnya dengan bermalam di Camping Ground Bukit Moko Bandung. Kita bisa menikmati sensasi liburan dengan cara yang berbeda dan menantang, dengan cara camping diantara rimbunnya hutan pinus. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang mengesankan saat wisata ke Bandung.

Mengadakan acara api unggun atau acara komunitas akan semakin menarik dengan camping bersama. Tersedia areal Camping ground dimana kita bisa mengadakan acara api unggun. Beberapa fasilitas juga telah disediakan seperti warung, toilet dan tempat parker. Untuk masuk menikmati pemandangan dan berfoto ditempat ini hanya dikenakan biaya sekitar 8000 rupiah saja, dengan biaya parkir 5000. Untuk bermalam atau camping, dikenakan baiya 15.000 per orangnya.

Fasilitas Wisata Bukit Moko Bandung

Dengan diresmikannya Bukit Moko sebagai tempat wisata, tentunya sudah ada beberapa fasilitas wisata yang telah disediakan. Untuk kenyamanan pengunjung,  pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas wisata yang cukup memadai seperti tempat beribadah/mushola, toilet/MCK dengan air yang bersih, tempat istirahat setelah kita berjalan jauh, dan juga warung sebagai tempat untuk menikmati minuman dan cemilan menemani waktu istirahat.

Untuk kepentingan bersama, biasanya pengunjung dihimbau untuk menjaga ketertiban dan kebersihan, terutama pada saat Camping. Jika ingin mengadakan camping dengan jumlah peserta yang cukup banyak, ada baiknya berkoordinasi dahulu dengan pihak pengelola, sehingga acara camping tidak bermasalah dengan ketersediaan tempat.

Tips Wisata ke Bukit Moko Bandung

Umumnya Wisata Bukit Moko ramai pada musim liburan. Sebagai alternative, Anda bisa merencanakan perjalanan ke Bukit Moko pada saat weekday atau weekend. Untuk bisa menikmati panorama kabut tebal yang menutupi kota bandung di pagi hari, Anda bisa berangkat dari kota Bandung lebih pagi sekitar jam 03.00 dinihari, sehingga bisa tiba dilokasi tepat pada waktu dengan moment terindah pada pukul 05.00 – 06.00 WIB. Untuk menikmati sunset, usahakan pukul 16.00 WIB sudah berada di lokasi.

Peralatan standar yang perlu dibawa adalah jaket tebal dan juga sandal gunung untuk trekking sehingga tidak bermasalah saat menghadapi jalan licin. Jangan lupa membawa powerbank dan mengisi Baterai handphone full, untuk menghindari kehabisan baterai saat mengabadikan momen indah dengan menggunakan kamera ponsel.

Demikian Wisata Alam Bukit Moko yang Penuh kesan dan Menawan. Ada banyak pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke Kota Bandung. Berwisata ke Bukit Moko bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati suasana yang berbeda dengan menikmati alam hutan pinus yang tenang dan berkesan.

Leave a Reply