Daftar Tempat Wisata Lombok yang Indah dan Mengagumkan

Wisata Lombok menyajikan beragam tempat wisata yang tak kalah mempesona dari Bali. Letaknya yang cukup dekat dengan Bali membuat Lombok sering menjadi alternatif wisata bagi wisatawan yang datang ke Bali. Lombok menawarkan berbagai tempat wisata yang unik, alami, serta masih perawan. Berwisata ke Lombok merupakan sebuah ekspedisi menemukan surga tersembunyi yang jarang diketahui serta mencari petualangan yang menegangkan. Letak geografisnya yang berpulau-pulau membuat Lombok memiliki bermacam-macam tempat wisata mulai dari pantai, wisata bawah laut, hingga wisata gunung yang memicu adrenalin. Jika anda akan merencanakan liburan ke Lombok, mungkin beberapa tempat Wisata Lombok yang indah berikut ini bisa anda jadikan referensi.

Daftar Tempat Wisata Lombok

1. Gili Kedis

Wisata Lombok - Gili Kedis
Wisata Lombok – Gili Kedis

Mungkin belum banyak wisatawan yang tahu dengan pecahan surga ini karena pulau ini kalah tenar dengan Gili Trawangan. Gili Kedis merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni dengan luas yang kurang dari lapangan bola serta berlokasi di barat daya Lombok. Gili Kedis memiliki arti burung pipit menurut masyarakat sekitar karena pulau ini yang berukuran sangat kecil seperti burung pipit. Karena pulau ini kurang terkenal, tentu masih sangat jarang ada wisatawan yang berkunjung ke Pulau Gili Kedis. Namun hal tersebut tentu merupakan sebuah kesempatan bagi sebagian wisatawan untuk bisa menikmati nuansa pulau pribadi tanpa ada gangguan. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih bersih serta air laut yang sangat jernih. Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini bisa bersantai di bawah pohon sambil menikmati pemandangan atau berenang di sekitar pulau sambil memandangi ikan cantik yang sedang berenang. Di pulau ini terdapat beberapa pepohonan rindang yang bisa untuk berteduh serta batu karang yang ditengahnya mengalir air laut. Tempatnya yang sepi sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berbulan madu bersama pasangan sehingga pulau ini juga dikenal dengan nama Honeymoon Island. Menikmati suasana sunrise maupun sunset bersama pasangan di pulau ini akan terasa sangat romantis dan tidak akan ada yang mengganggu.

2. Pantai Penyisok

Wisata Lombok - Pantai Penyisok
Wisata Lombok – Pantai Penyisok

Pantai ini juga merupakan surga tersembunyi yang ada di Pulau Lombok karena masih jarang wisatawan yang mengetahui tempat ini. Pantai ini cukup unik karena menyuguhkan pemandangan berupa padang savana yang langsung berbatasan dengan laut bebas. Selain itu, ada juga batu karang yang sangat unik berwarna keemasan yang semakin menambah indah pantai ini. Namun untuk menikmati pemandangan indah ini, wisatawan harus menempuh perjalanan yang berat. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju pantai sangat sulit dilalui sehingga sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Pengunjung terlebih dahulu harus melewati ladang jagung dan juga jalan bebatuan yang cukup terjal. Namun semua kelelahan itu akan terbayar dengan pesona pantai yang tiada duanya ini. Menikmati sunrise maupun sunset di pantai ini mungkin adalah saat yang sangat istimewa karena pemandangannya akan sangat menakjubkan. Ingin berkunjung ke surga dunia ini? Silakan datang ke Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

3. Bukit Pergasingan

Wisata Lombok - Bukit Pergasingan
Wisata Lombok – Bukit Pergasingan

Menikmati keindahan Lombok dari atas memang menyuguhkan keistimewaan tersendiri terutama bagi mereka yang menyukai tantangan. Jika anda ingin melihat pemandangan spektakuler Gunung Rinjani, datanglah ke Bukit Pergasingan yang berada di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Ketika anda datang ke tempat ini, anda akan melihat betapa eksotisnya pemandangan sawah yang berpetak-petak dengan latar belakang Gunung Rinjani yang gagah. Tempat wisata ini memang sedang menjadi hits di kalangan wisatawan Lombok karena foto yang dihasilkan di tempat ini instagramable. Menikmati pemandangan sawah dengan latar belakang pegunungan sambil ditemani udara yang sejuk akan membuat hati menjadi tenang. Tempat ini berada pada ketinggian 1670 meter diatas permukaan laut sehingga udaranya cukup dingin. Apabila anda ingin mendapatkan pemandangan yang lebih indah, jangan lupa untuk membawa tenda dan menginap di tempat ini untuk menikmati sajian panorama sunrise di tempat ini. Selain dapat menikmati pemandangan, anda juga bisa mencoba olahraga paralayang yang cukup menguji adrenalin.

4. Air Terjun Mangku Sakti

Wisata Lombok - Air Terjun Mangku Sakti
Wisata Lombok – Air Terjun Mangku Sakti

Setelah puas menikmati pemandangan dari pantai dan ketinggian, kini saatnya untuk basah-basahan di air terjun yang ada di Lombok. Ketika berwisata ke Lombok, kita bisa menemukan berbagai air terjun unik yang sayang jika dilewatkan. Salah satu air terjun indah yang harus anda kunjungi adalah Air Terjun Mangku Sakti yang berlokasi di Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang sangat unik karena dikelilingi oleh batuan dengan tekstur unik seperti ngarai. Susunan batuan bertekstur tersebut terbentuk secara alami karena peristiwa alam. Airnya memang tak begitu jernih karena bercampur dengan belerang yang berasal dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Namun hal itu menjadikan kolam air terjun ini memiliki khasiat untuk kulit yakni menyembuhkan gangguan pada kulit. Untuk menuju ke tempat ini, diperlukan sedikit perjuangan karena medan yang dilalui cukup terjal dan berbatu. Sangat disarankan memakai alas kaki khusus untuk kegiatan outdoor agar mencegah terpeleset.

5. Air Terjun Benang Kelambu

Wisata Lombok - Air Terjun Benang Kelambu
Wisata Lombok – Air Terjun Benang Kelambu

Ada satu lagi air terjun unik yang harus anda sambangi untuk menikmati keindahan alam atau sekedar berfoto-foto. Air terjun ini sangat unik karena air yang terjun tidak langsung menuju kolam namun melewati tanaman merambat yang ada di bawah air terjun sehingga seolah-olah seperti air tersebut muncul dari celah tanaman. Seperti namanya yakni Benang Kelambu, air terjun ini tampak seperti tirai atau kelambu. Jika ingin menuju air terjun ini, datanglah ke Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Jalan menuju air terjun tak begitu buruk karena sudah beraspal, namun pengunjung harus tetap berhati-hati karena aspalnya sudah rusak sehingga diperlukan kewaspadaan yang ekstra. Sepanjang perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan udara sejuk yang menyusup dari kebun kopi dan coklat di sekitar jalan. Tak berbeda dengan Air Terjun Mangku Sakti, air terjun ini juga memiliki sumber air yang berasal dari Danau Segara Anak sehingga airnya mengandung belerang.

Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata indah di Lombok selain daftar diatas. Mengunjungi tempat wisata tersebut tidak akan cukup 1 hari saja sehingga disarankan untuk mencari penginapan / hotel untuk menginap selama berwisata di Lombok.

Leave a Reply