Destinasi Menarik Wisata Pantai Karimunjawa di Jawa Tengah

Destinasi Wisata Pantai Karimunjawa – Kepulauan Kerimunjawa ini terdiri dari 27 pulau-pulau kecil yang mampu tawarkan keindahan bahari yang sangat mempesona kepada Anda dengan sejumlah kegiatan atau pun aktifitas wisata yang memikat. Jika dilihat secara administratif, kawasan wisata karimunjawa ini merupakan bagian dari wilayah kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang hanya berjarak sekitar 83 km dari arah barat laut kota Jepara. Sekarang ini, karimunjawa telah jadi cagar alam laut yang dilindungi di Indonesia, dan terkenal sebagai taman nasional karimunjawa.

Kegiatan menarik di karimunjawa, Jawa Tengah

Ada banyak sekali kegiatan atau aktifitas seru dan menarik yang bisa Anda nikmati di karimunjawa, sebenarnya Anda butuh waktu yang cukup lama untuk bisa memuaskan diri dengan menjelajahi berbagai pesona inda yang ada di sana. Tetapi, apabila Anda memang tidak memiliki waktu liburan yang cukup banyak, beberapa kegiatan ini patut Anda coba tatkala melakukan perjalanan liburan ke karimunjawa di Jepara, Jawa Tengah.

wisata pantai karimunjawa

Berenang bersama hiu

Dikawasan wisata pantai karimunjawa tawarkan kepada Anda pengalaman wisata sensasional dengan berenang dan juga bermain bersama ikan hiu. Ada blacktip reef shark, hiu yang suka sekali dengan perairan dangkal dan berpasir, yang bisa Anda temukan pada saat berenang atau pun snorkeling di Pulau Menjangan besar. Spesies hiu yang ada di sini sungguh jinak dan juga tidak akan menyerang manusia. Akan tetapi, apabila rasa khawatir Anda masih tidak berkurang, maka Anda bisa rasakan sensasi berenang dengan hiu-hiu kecil di penangkarannya.

Snorkeling

Anda tidak akan pernah kehabiskan beberapa spot snorkeling jika datang kepulau ini. Ada banyak sekali spot snorkeling menarik yang sudah tersebar diberbagai penjuru tempat wisata pantai karimunjawa. Beberapa spot favorit untuk kegiatan snorkeling ini diantaranya adalah di Pulau Menjangan Besar dan Kecil, Pulau Tengah, Pulau Cemara Besar, dan juga Pantai Tanjung Gelam. Semuanya mempunyai view yang sama, pantai pasir putih dengan air laut berwarna turquoise bening.

Bermain ke gosong

Gosong di sini adalah istilah yang dipakai untuk gambarkan daratan berpasir yang menyembul ke permukaan lautan pada saat air sedang surut ketika pagi hari. Pada saat menjelang siang, gosong itu sendiri akan hilang. Di kawasan destinasi wisata karimunjawa ini Anda akan dengan mudahnya menemukan banyak gosong, akan tetapi gosong yang paling difavoritkan wisatawan adalah gosong cemara yang berada di bagian timur Pulau Cemara Gede, spot gosong di sini juga memungkinkan bagi Anda untuk snorkeling.

wisata karimun jawa

Diving di bangkai kapal karam

Liburan ke pulau yang telah mendapatkan julukan sebagai carribean of java ini memang tidak lengkap dan tidak sempurna rasanya jika Anda tidak mencoba kegiatan atau pun aktifitas diving di kedalaman lautannya. Tidak akan sia-sia apabila Anda memang sudah mempersiapkan lisensi diving Andauntuk jelajahi lebih dalam lagi surga bawah laut karimunjawa yang sungguh sangat mempesona. Di karimunjawa ini Anda nantinya akan dapat menemukan pengalaman diving yang sangat menakjubkan di dekat bangkai-bangkai kapal karam. Spot bangkai kapal kamar inilah tak hanya satu, akan tetapi jumlahnya sangat banyak, tetapi satu yang paling terkenal, yakni bangkai kapal biblis yang mempunyai baling-baling dari perunggu yang berhiaskan beberapa soft coral yang sangat cantik sekali.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang destinasi wisata bahari menawan pantai karimunjawa, Jawa Tengah. Semoga bermanfaat dan menginspirasi liburan Anda semuanya.

Leave a Reply