Menelusuri Keindahan Air Terjun Parang Ijo di Lereng Gunung Lawu
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Menelusuri Keindahan Air Terjun Parang Ijo di Lereng Gunung Lawu, Jawa Tengah

Bagi anda yang selalu sibuk dengan berbagai aktivitas sehari-hari, tentunya akan merasakan kejenuhan. Karena yang dilakukan hanyalah itu-itu saja sehingga terkesan menjemukan. Maka dari itu, sempatkanlah untuk menyegarkan pikiran dengan cara rekreasi bersama teman maupun keluarga. Salah satu tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi adalah Air Terjun Parang Ijo. Air Terjun Parang Ijo berada pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut dan memiliki ketinggian 60 meter. Hawa di sekitar air terjun Parang Ijo terasa sejuk dan segar karena suhunya bisa mencapai 5 sampai 10° Celcius.

Objek Wisata Air Terjun Parang Ijo berada di dusun Munggur, desa Girimulyo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Letak Air Terjun Parang Ijo tersembunyi dibalik tebing dan tumbuh-tumbuhan liar yang menghijau di lereng Gunung Lawu sehingga tidak banyak yang tahu tentang keindahannya. Selain airnya yang jernih, air terjung Parang ijo juga menyimpan cerita legenda tenang asal muasal nama Parang Ijo.

Air Terjun Parang Ijo 2
Air Terjun Parang Ijo

Legenda Air Terjun Parang Ijo Pada tahun 1942 di sebuah dusun, terdapat sebuah pohon tua yang besar sekali yang daunnya selalu berwarna hijau. Pohon tersebut dianggap keramat oleh para penduduk setempat karena tidak bisa ditebang. Namun akhirnya setelah ada banjir besar yang melanda tempat ini sehingga membuat pohon besar tersebut tumbang dan terbawa arus banjir besar tersebut.

Setelah hanyut mengikuti arus banjir, ternyata pohon besar tersebut masih dapat berdiri dengan tegak dan bahkan mendapatkan tempat yang baru, yang justru secara kebetulan menempati parang atau diantara tebing, sehingga justru mempermudah aliran air dari atas tebing menuju ke lembah melalui batang pohon besar tersebut. Aliran air yang deras dan terus menerus dari air terjun inilah yang membuat pohon besar tersebut menjadi semakin hijau dan tumbuhlah lumut-lumut di sekitar tebing tersebut.

Pada tahun 1982 terjadi banjir besar lagi di daerah ini serta menerjang pohon besar tersebut. Karena pohon besar tersebut telah berpindah tempat, air yang awalnya melalui batang pohon tersebut menjadi langsung terjun ke bawah tanpa penghalang sehingga membentuk air terjun yang sampai sekarang dikenal dengan nama air terjun Parang Ijo yang berarti air terjun yang ada pada tebing hijau.

Cara Menuju Ke Lokasi Air Terjun Parang Ijo

Sekitar 2 kilometer dari pertigaan Nglorok. Untuk menuju ke tempat wisata air terjun Parang Ijo anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum karena kondisi jalanan sudah bagus dan cukup memadai. Dari pertigaan Nglorok ambil belokan ke arah kiri, yang mengarah ke Candi Cehto. Setelah itu ikuti terus jalan ini sampai anda tiba di lokasi air terjun Parang Ijo. Jalanan untuk menuju ke air terjun relatif sempit, sehingga susah dilalui jika ada dua mobil berjalan berpapasan. Selain itu medannya berliku serta naik turun.

Pranala Google Maps : https://goo.gl/maps/oKMSNP7YMXo

Jika anda ingin ke air terjun Parang Ijo dengan menggunakan angkutan umum dari kota Solo, anda bisa naik bus kecil warna biru dengan trayek Karang Pandan – Ngargoyoso – Kerjo, kemudian turun di pertigaan Nglorok dengan ongkos sekitar Rp 2000 saja per orang.Perjalanan selanjutnya anda akan menempuh jalanan beraspal dengan jarak sekitar 1,9 km sampai di pos restribusi. Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Dekat pos retribusi ada pertigaan. Jika anda ambil jalan yang lurus, anda akan sampai ke air terjun Jumog serta Candi Sukuh. Bila anda ambil belokan ke kiri anda akan sampai ke Candi Cetho serta Air Terjun Parang Ijo. Ikuti terus jalan yang ada di sebelah kiri sampai anda tiba di lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk Serta Biaya Parkir Di Air Terjun Parang Ijo

Di pos retribusi anda harus membayar retribusi untuk bisa memasuki kawasan Objek Wisata Air Terjun Parang Ijo ini sebelum pertigaan Nglorok senilai Rp 1000 untuk pengguna sepeda motor.

Untuk bisa menikmati keindahan pemandangan air terjun Parang Ijo, anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 2500 per orang. Wisata air terjun ini dikelola sendiri oleh masyarakat sekitar.

Fasilitas Di Air Terjun Parang Ijo

Di Objek Wisata Air Terjun Parang Ijo terdapat menara pengawas atau gardu pandang, areal taman bermain untuk anak-anak, kolam rendang serta beberapa warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

Leave a Reply