Pemandian Alam Air Panas di Jawa Timur

Tiga Lokasi Wisata Pemandian Alam Air Panas di Jawa Timur yang Mempesona

Lokasi Wisata Pemandian Alam Air Panas di Jawa Timur

Mandi berendam air hangat terasa menyegarkan dan menyehatkan. Guyuran air hangat membuka pori-pori membuat kotoran dan toxic terbuang dari tubuh. Selain itu peredaran darahpun lebih lancar, juga memberikan kenyamanan tubuh terutama pada udara yang dingin, siapapun pasti suka. Apalagi jika air hangat alami di alam terbuka, yang juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Tentu akan lebih menyenangkan lagi dilakukan sebagai bagian dari wisata alam. Bagi yang ingin merasakan sensasi tersebut, ada beberapa tempat mandi air hangat di Jawa Timur. Berikut ini tiga lokasi wisata pemandian alam air panas di jawa timur yang mempesona.

Wisata Air Panas Gunung Kelud

Wisata Air Panas Gunung Kelud
Wisata Air Panas Gunung Kelud

Jika berkunjung ke Kediri silahkan mampir ke Gunung Kelud yang jaraknya kira-kira jaraknya 40 km. Di lokasi wisata pegunungan ini terhampar pemandangan menarik serta fenomena Anak Gunung yang terus tumbuh. Di Kelud juga terdapat sumber air panas yang menjadi tempat pemandian Air Panas yang penuh pesona alam. Pengunjung harus menuruni 600 anak tangga terlebih dahulu menuju pemandian alam karena lokasinya terletak di lembah yang diapit perbukitan hijau.

Air Panas yang keluar dari sumbernya di lubang kawah, berwarna agak kuning kecoklatan. Uapnya membumbung di atas sungai karena suhu air sangat tinggi. Jika ingin mandi, ada kolam alami di pinggir sungai yang airnya hangat karena sudah berupa campuran dari air sungai yang panas dengan air dingin.

Di sini boleh mandi dan berendam sepuasnya tanpa khawatir kepanasan juga gratis untuk siapa saja. Air hangatnya juga memiliki kandungan belerang. Di sini kita bisa merasakan sensasi mandi air hangat juga menikmati pemandangan.

Mandi di tempat ini juga menyehatkan bagi kulit dan menyegarkan tubuh. Bahkan pengalaman turun naik tangga yang menguras tenaga itupun juga menyehatkan karena melatih otot, membakar kalori dan juga mengeluarkan keringat. Pengunjung lokasi pemandian air panas ini cukup sepi, jadi jika berkunjung ke lokasi hendaknya membawa perbekalan minimal air minum karena tidak ada yang menjual makanan di tempat ini.

Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar
Pemandian Air Panas Cangar

Cangar adalah dataran tinggi di Lereng Selatan Gn. Welirang termasuk wilayah administratif Kota Batu. Untuk menuju ke air panas Cangar ada dua jalur yaitu dari arah Pacet, Mojokerto sekitar 1 jam, yang melewati kampung Sendi dan masuk kawasan hutan Tahura Suryo. Di perjalanan akan disuguhi view alam menakjubkan.

Landscape puncak Welirang dan deretan lembah tampak memesona dengan vegetasi khas hutan tropis. Rute kedua bisa ditempuh melalui Batu – Jurang Kuali – Sumber Brantas – Cangar yang ditempuh dalam 30-45 menit. Tak kalah eksotis, jalan berkelok membelah perkebunan Apel dan kebun sayur mayur. Juga tampak hulu Sungai Brantas yang membelah Jawa Timur.

Pemandian Air Panas Cangar memiliki dua pintu gerbang. Dari tempat parkir, pengunjung akan melewati penjual makanan dan minuman dan loket tiket, lalu berjalan kaki menuju pemandian. Ada 3 kolam utama air hangat yang menampung hingga 50 orang. Dua kolam diperuntukkan buat laki-laki yang terbuka ke alam. Dan ada kolam khusus berdinding tembok bagi wanita. Di sudut lainnya terdapat kolam renang yang lumayan besar. Air hangat terisi ke kolam ini tapi tidak sehangat di kolam berendam.

Air panas di sini warnanya relatif bening dan kandungan mineral senyawa belerangnya tidak terlalu pekat. Pada hari Rabu atau Kamis kolamnya dikuras sehingga tidak bisa ke kolam pemandian. Mandi di tempat ini sangat mengasyikkan. Berenang dan bermain air hangat sungguh membuat badan segar. Terdapat beberapa kamar ganti yang lumayan banyak yang menyediakan air hangat untuk membilas tubuh. Fasilitas lain juga ada mushola, dan gazebo untuk beristirahat bahkan arena bermain untuk anak.

Setelah puas dengan kolam air hangat, jangan lupa menyantapa sajian khas tape Ketan Hitam dengan Tetel. Badhek atau air Tape Ketan Hitam yang sangat khas juga cocok dinikmati di daerah dingin ini.

Pemandian Air Panas Alami Songgoriti Kota Batu

Pemandian Air Panas Alami Songgoriti Kota Batu
Pemandian Air Panas Alami Songgoriti Kota Batu

Selain terkenal dengan destinasi wisata agro buah Apel-nya, Malang menyajikan wisata lainnya yakni Pemandian Air Panas Alami Songgoriti. Lokasi pemandian yang berada di ujung selatan Kota Batu ini tepatnya di Desa Songgokerto, sebuah lembah permai dikelilingi bukit. Kini lokasi pemandian ini masuk kawasan Hotel Songgoriti, dikelola oleh Pemerintah Daerah. Terdapat Candi Songgoriti berdiri tepat di atas sumber air panasnya.

Tepat di bawah pondasi Candi Songgoriti, Air panas Songgoriti dialirkan lewat sebuah pipa ke dalam kawasan hotel. Deretan kamar mandi yang saling berhadapan siap dijadikan tempat berendam. Di dalam kamar mandinya ada bathub yang siap diisi air panas untuk mandi. Pengunjung dikenakan 15 ribu per 30 menit.

Satu kamar mandi dipergunakan hanya untuk satu orang sehingga terasa privasinya. jika ingin lebih santai, pilihan kedua yaitu mandi di kolam air hangat bersama-sama pengunjung lainnya dengan tarif tak jauh beda sambil melihat pemandangan sekitar. Jika telah puas memanjakan diri dengan mandi air panas, kita bisa menikmati makanan khas Songgoriti, Bakso berkuah panas atau Sate Kelinci.

Demikian ulasan tiga lokasi wisata pemandian alam air panas di jawa timur yang mempesona. Begitu menyenangkan menghabiskan waktu berlibur dengan berendam di air hangat yang menyehatkan.

Leave a Reply