Museum Sangiran Sragen, Tempat Wisata Bersejarah yang Wajib Masuk Daftar Kunjungan

Museum Sangiran Sragen, Tempat Wisata Bersejarah yang Wajib Masuk Daftar Kunjungan – The Ancient of Java secara mengejutkan tiba – tiba menjadi pusat perhatian dunia karena penemuannya di bidang kepurbakalaan yang cukup menggemparkan. Bagi Anda yang merupakan pecinta barang kuno, tentu tidak asing dengan kabupaten yang satu ini. Karena penemuan tersebut juga menjadikan The Ancient of Java mendapatkan julukan sebagai kota fosil.

Hal ini karena ditemukan fosil – fosil langka yang diduga menjadi awal dari peradaban dunia. Fosil – fosil tersebut ditemukan di Sragen dan sekarang dapat Anda saksikan di Museum Sangiran Sragen. Anda bisa berwisata sejarah sekaligus mendapatkan banyak ilmu tentang dunia purbakala disana. Berbagai pengalaman juga tentu akan Anda temukan. Mau tahu seperti apa wisata bersejarah Museum Sangiran di Sragen? Berikut informasinya untuk Anda.

Tempat Wisata Bersejarah Museum Sangiran di Sragen

Pertama kali Museum Sangiran di Sragen terdengar kabarnya di telinga orang – orang bahkan sampai membuat para pengunjung datang ke museum ini dan melihat seperti apa benda – benda purbakala yang berhasil ditemukan di Jawa Tengah ini. Dengan seiring berjalannya waktu semakin banyak wisatawan yang datang dan semakin banyak juga koleksi benda – benda yang ditemukan pada akhirnya tercetus ide membangun museum sebagai tempat yang lebih aman, nyaman dan rapi untuk menyimpan benda berharga dan bernilai sejarah tersebut. Museum tersebut sampai sekarang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Banyak wisatawan yang datang ke Gunung Kemukus juga menyempatkan datang berkunjung ke wisata bersejarah Museum Sangiran Sragen.

Setelah dibangun museum kurang lebih sekitar 2 tahun setelahnya tepat di tahun 1977, Museum Sangiran Sragen ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Kemudian di tahun 1980, area museum diperluas dengan tanah seluas 16.675 meter persegi yang sampai saat ini selalu dilakukan perbaikan demi perbaikan untuk kenyamanan pengunjung yang datang ke Museum Sangiran Sragen.

Museum Sangiran Sragen berada tepat pada 20 km dari arah Solo. Lokasinya tepat berada di Desa Kalijambe, Kecamatan Sangiran, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata ini berada di wilayah empat kecamatan yaitu Kecamatan Plupuh, Kecamatan Gemolong, Kecamatan Kalijambe dan Kecamatan Gondangrejo. Dengan alamat dari Museum Sangiran Sragen yang strategis tentu akan membuat wisatawan tidak merasa kesulitan untuk datang ke tempat wisata yang satu ini.

Jika Anda datang ke Sragen dari arah timur bisa langsung menuju Kota Sragen kemudian ke arah Kecamatan Kalijambe dan Desa Sangiran. Jika Anda dari arah selatan yaitu Yogyakarta rutenya mudah dan bisa Anda tempuh melalui Solo kemudian menuju kecamatan Kalijambe. Selanjutnya Anda bisa langsung ke wilayah Sangiran. Dari arah ini Anda harus lakukan perjalanan tambahan sejauh 20 km untuk bisa sampai di lokasi. Jika Anda berangkat dari Utara atau arah Semarang, Anda bisa melalui jalur Purwodadi dan cari arah ke kecamatan Kalijambe. Rute ini bisa Anda lalui jika Anda berkendara kendaraan pribadi atau angkutan umum. Sementara jika Anda menggunakan transportasi udara, Anda bisa transit di Bandara Adi Sumarmo kemudian Anda bisa sewa taksi atau kendaraan umum dan bisa langsung mencapai lokasi.

Itulah beberapa tempat wisata bersejarah yang direkomendasikan untuk Anda jadikan tujuan wisata. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat berlibur. Dapatkan segudang pengalaman seru dan berharga di Museum Sangiran Sragen.

Leave a Reply