Objek Wisata Di Gunung Kidul Yang Mempesona

Objek Wisata Di Gunung Kidul Yang Mempesona – Tak ada yang menyangka dengan daerah yang terkenal dengan bukit kapurnya yang tandus menyimpan sejuta pesona keindahan alam yang layak untuk anda kunjungi. Gunung Kidul merupakan daerah Yogyakarta yang terkenal dengan pantai-pantai pasir putihnya yang indah serta banyak dijadikan tujuan wisata oleh orang-orang dari berbagai penjuru. Pantai-pantai yang berada di wilayah Gunung Kidul ini sangat banyak berderet dari ujung barat hingga timur.

Karena daerah Gunung Kidul memiliki keunikan pada sejarah, pariwisata, budaya dan kulinernya, tak salah jika daerah ini cocok dijadikan tujuan wisata anda untuk mengisi waktu liburan. Selain pantai juga terdapat objek wisata lain seperti wisata air terjun, wisata budaya, wisata menyusuri gua, serta berbagai macam situs prasejarah seperti candi-candi yang banyak terdapat disana. Berikut ini akan kami bahas objek wisata di Gunung Kidul yang patut anda kunjungi.

wisata di gunung kidul

  1. Pantai Indrayanti Atau Pantai Pulang Syawal

Wisata di gunung kidul pertama adalah pantai pulang syawal. Pantai yang memiliki pasir putih ini cukup populer di Gunung Kidul karena keindahan dan juga dukungan infrastruktur wisata yang cukup lengkap ditempat ini. Pantai Indrayanti ini terletak di desa Tepus dimana memadukan keindahan alam yang sarat akan sentuhan modern. Disepanjang bibir pantai terdapat restoran dan cottage. Jika anda ingin bermain jet sky disini anda bisa menyewa peralatannya yang tersedia lengkap di pantai ini.

  1. Pantai Jogan

Wisata di gunung kidul berikutnya adalah wisata pantai Jogan. Wisata air terjun mungkin terdengar biasa bagi anda, namun wisata air terjun yang airnya mengalir langsung ke laut sulit untuk ditemukan dan bisa anda lihat di Pantai Jogan, Gunung Kidul ini. Air terjun di Pantai Jogan ini memiliki ketinggian 10 meter yang air nya berasal dari perbukitan karst yang ada disekitar kawasan tersebut. Tiket masuk untuk pantai Jogan ini cukup murah yaitu 3000 Rupiah saja.

  1. Gua Jomblang

Selain wisata pantai di Gunung Kidul juga terdapat wisata gua yang terkenal dengan sebutan cahaya surgawinya. Semburat cahaya langsung yang menyorot kedalam gua Jomblang membuatnya terlihat begitu indah. Pemandangan seperti inilah yang membuat orang-orang yang melihatnya menyebutnya sebagai gua yang memiliki cahaya surgawi.

  1. Cave Tubing Kalisuci

Pengalaman menyusuri gua dengan menggunakan ban dalam bisa anda rasakan jika anda mengunjungi gua ini. Perjalanan yang anda tempuh untuk menyususri gua ini melewati aliran air didalamnya membutuhkan waktu 1 jam. Nantinya anda akan melewati tiga buah gua yang memiliki langit-langit cukup tinggi.

wisata di gunung kidul

  1. Pantai Slili

Wisata di gunung kidul yang lainnya adalah pantai Slili. Pada pantai yang satu ini terdapat sederet gazebo yang terbuat dari bambu disepanjang pantainya. Pantai Slili ini terletak di kecamatan Tepus, Gunung Kidul dimana penduduk sekitar menyebutnya dengan nama pantai Watu Lawang. Ini karena pada pulau-pulau kecil yang ada disekitar pantai terdapat lorong-lorong yang menyerupai pintu.

Nah demikian itu adalah obyek wisata menarik yang ada di wilayah Gunung Kidul. Sempatkan waktu liburan anda untuk mengeskplorasi wisata tersembunyi yang ada disana. Masih ada beberapa lagi wisata di gunung kidul yang bisa Anda kunjungi. Jangan lupa jika Anda berkunjung ke daerah wisata laut, maka pastikan waktu Anda berkunjung bukan waktu musim gelombang tinggi, karena tentu saja akan sedikit mengganggu keindahan daerah wisata juga keamanan saat bermain di wisata pantai.

Leave a Reply