Pemandian Air Panas Unik yang Langsung Berhadapan View Pantai
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Pemandian Air Panas Unik

Wisata pemandian air panas alami banyak disukai oleh para traveler atau wisatawan yang ingin berelaksasi di alam, menyegarkan badan dengan berendam. Pemandian air panas ini umumnya berada di pegunungan yaitu di antara alam lembah, lereng atau kaki gunung. Air panas di berbagai tempat mengandung mineral yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan tubuh, sehingga selain efek relaksasi yang menyegarkan badan, juga menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut ini pemandian air panas unik yang langsung berhadapan view pantai.

Pemandian air panas Yeh Sanih (Air Sanih)

Pemandian air panas Yeh Sanih
Pemandian air panas Yeh Sanih

Pemandian air panas unik yang langsung berhadapan view pantai yang pertama adalah air panas Yeh Sanih (Air Sanih) yang ada di Bali. Pemandian ini berada di Jl. Air Sanih, Kubutambahan, Kab. Buleleng, Bali. Pengunjung yang datang ke sini biasanya sekaligus berwisata di pantai, melihat lumba-lumba di Pantai Lovina. Wisata air panas alami ini begitu unik karena view nya yang langsung berhadapan dengan pantai, sehingga lengkap sekali perpaduan antara menikmati keindahan pantai sekaligus relaksasi di kolam air panas alami ini.

Sumber air panas Yeh Sanih (Air Sanih) yang ada di Singaraja, Bali Utara ini memberikan efek terapi air panas yang menenangkan dan meluruhkan keletihan. Pesona pemandangan pantainya yang keren membuat pengunjung puas menikmati pemandangan lautan lepas karena lokasi Yeh Sanih memang berada di tepi laut. Belum lagi keasriannya ditumbuhi pepohonan kelapa serta pohon-pohon lain yang cukup rindang di sekitarnya. Di alam asri yang hijau inilah kolam pemandian air panas yang cukup luas ini berada.

Untuk mandi berendam air panas di Yeh Sanih, pengunjung dikenakan biaya Rp10.000 per orang. Untuk penyimpanan barang bawaan agar tetap aman, ada juga fasilitas penyimpanan atau locker yang bisa disewa. Jika pengunjung ingin ke Yeh Sanih, bisa mengambil rute menuju Pantai Lovina karena letaknya persis berdekatan. Jika perjalanan dari Kuta atau Denpasar, ambil arah ke Kintamani, melewati Bedugul, lalu menuju arah Jalan Air Sanih.

Pemandian Air Panas Akesahu

Pemandian Air Panas Akesahu
Pemandian Air Panas Akesahu

Berikutnya di Tidore, Maluku ada pemandian air panas unik yang juga langsung berhadapan view pantai. Tempat pemandian alami ini bernama pemandian air panas Akesahu. Pantai ini termasuk keajaiban fenomena tak biasa sebagaimana air panas lainnya, yaitu letak sumber air panas di tepi pantai. Jika biasanya wisatawan berangkat ke gunung untuk mandi air panas, tapi di pantai di Tidore ini wisatawan bisa berkunjung menikmati wisata pantai sekaligus mandi air panas tepat di pinggir pantai.

Perjalanan yang dibutuhkan mencapai tempat ini adalah 30 menit dari Pelabuhan Rum di Tidore, yang mana pengunjung akan dibuat takjub dengan fenomena unik alamnya. Pada tepian pantai biasanya kita akan menemukan hamparan pasir pantai dengan deburan ombaknya, namun di tempat ini, masih di spot yang sama terdapat sebuah mata air panas yang sungguh keberadaannya tak lazim.

Karena sumbernya bukan dari pegunungan, keunikan Pantai Akesahu ini pastinya memberikan pengalaman berendam air panas di tepi pantai yang sangat jarang ditawarkan wisata pantai lain umumnya. Pemandian Akesahu, sebuah sumber air panas yang asyik dinikmati sambil melihat pemandangan laut yang penuh pesona. Yang ajaibnya air panas ini tetap tawar rasanya meski letaknya di tepi pantai. Semilir angin pantai dan sejuknya pepohonan rindang meneduhkan di sekitar pemandian Akesahu menambah kenyamanan saat berendam menikmati hangatnya kolam pemandian. Setelah puas mandi berendam, pengunjung bisa melanjutkan menyusuri tepian pantai yang pasir putihnya yang tak kalah menawan bak Pantai Sanur di Bali. Tersedia juga gazebo pinggir pantai sebagai tempat peristirahatan memandangi alam yang menawan.

Air Panas Nangadhero

Air Panas Nangadhero
Air Panas Nangadhero

Bagi pecinta wisata bahari, pantai Nangadhero ini adalah suatu wisata alternative bila berkunjung ke Pulau Flores yang terletak di kec. Aesesa, Kab. Nagekeo. Selain pantai sebagai objek wisata alam di Desa Nangadhero, juga ada pemandian air panas alam yang unik. Kedua objek wisata ini berada di pinggiran Mbay, yaitu ibu kota Kab. Nagekeo. Akses jalan menuju objek wisata ini sangat bagus, berjarak sekitar lima menit perjalanan dengan kendaraan untuk menemukan sensasi keindahan pantai yang alami.

Kedua objek ini sangat ramai dikunjungi pengunjung baik orang flores asli maupun wisatawan mancanegara. Saat ini tempat pemandian air panas Nangdhero terus melakukan pembenahan serta perbaikan kondisi agar layak sebagai tempat wisata. Dengan potensi alami yang dimilikinya, bila dikelola dengan lebih baik tentu akan menjadi objek wisata yang sejajar dengan kawasan wisata yang terkenal lainnya.

Air Panas Tobololo, Ternate

Air panas Tobololo, Ternate
Air panas Tobololo, Ternate

Air Panas Tobobolo adalah potensi alam yang dimiliki masyarakat kota Ternate, yang mempunyai keunikan tersendiri karena keberadaan sumber air panasnya di pesisir pantai Pulau ternate. Sumber air panas yang berada di pesisir pantai tobololo ini sekitar 20 menit berkendara dari pusat kota ke utara .

Hamparan pasir putih sepanjang 1 km ini luar biasa pesonanya hingga menjadi daya tarik pantai tobololo. Lokasi wisata ini makin ramai dikunjungi wisatawan terutama selain memiliki pasir putih yang luas, pantai Tobololo juga memiliki 6 sumber air panas. Menariknya sumber air panas ini adalah air tawar yang berjarak hanya 1 meter dengan laut. Air panas yang berada di dekat pantai ini mata airnya dikelilingi bebatuan yang warnanya keemasan diakibatkan oleh endapan mineral dari air yang keluar dari mata airnya.

Pada masa dahulu di tahun 70-an sumber air panas ini dijadikan air minum masyarakat yang diangkut ke atas menggunakan alkon. Saat air laut surut, lautan karang terbentang sejauh 35 m di permukaan bibir pantai. Ini dimanfaatkan masyarakat untuk mencari ikan yang tertinggal di balik karang. Banyak terlihat orang yang memancing ikan di pantai. Di Air panas pantai tobololo ini di sepanjang jalannya terlihat pemandangan pohon kelapa yang subur dengan buah kelapa muda yang segar. Meski belum dioptimalkan lokasi wisata di tempat ini, namun sudah terlihat potensi besar keunikan alam yang dimilikinya untuk masa mendatang.

Demikian ulasan pemandian air panas unik yang langsung berhadapan view pantai. Berwisata di alam pantai sekaligus air panas memang memberikan sensasi yang menarik untuk dijadikan tujuan wisata.

Leave a Reply