benteng portugis jepara

Pesona Keindahan Benteng Portugis Jepara

Pesona Keindahan Benteng Portugis Jepara – Ketika Anda mendengar nama “Benteng Portugis”, apa yang terlintas di dalam benak Anda? tempat wisata sejarah? Jika Anda beranggapan demikian, Anda tidak salah. Benteng Portugis Jepara memang tempat bersejarah, namun ada yang unik di sini. Tempat wisata ini bukanlah berupa museum atau sekadar bangunan seperti Lawang Sewu. Ketika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda juga bisa menikmati keindahan hamparan pantai yang luas di sini.

benteng portugis jepara

1. Kilas Benteng Portugis

Benteng Portugis terletak di desa Banyumanis, sebelah timur Jepara. Benteng Portugis merupakan salah satu tempat bersejarah di Jepara yang saat ini juga menjadi tempat wisata. Pemerintah menjadikan tempat ini sebagai cagar alam dan turut serta melindungi cagar alam ini. Benteng Portugis menyimpan keindahan panorama yang akan memikat Anda.

Anda bisa menikmati bangunan bukit batu yang berada di sisi pantai. Anda juga bisa melihat berbagai peninggalan bangsa Portugis di atas bukit. Tembok-tembok pengintai peninggalan Jepang pun juga bisa Anda lihat di tempat ini. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan Pulau Mandalika yang terletak di sebelah utara benteng ini.

Bagi Anda yang mengabadikan momen liburan Anda dengan berfoto, Anda tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan view yang tepat. Anda bisa berfoto dengan view pantai nan elok dan luas, Anda bisa berfoto dari atas bukit, berfoto dengan view Pulau Mandalika, dan lain sebagainya.

Tempat wisata ini menyediakan berbagai macam fasilitas untuk pengunjungnya. Misalnya saja tempat karaoke, tempat bersantai dan berkumpul keluarga, musholla, tempat untuk mandi setelah bermain air di pantai, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang sedang berlibur ke Benteng Portugis Jepara bersama anak-anak, Anda bisa mengajak anak-anak menikmati permainan yang tersedia di tempat ini seperti ayunan, bermain seluncur, dan berbagai permainan lainnya.

benteng portugis jepara

2. Akses Jalan

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Anda tidak akan bisa tiba jika menuju objek wisata ini dengan mengandalkan transportasi umum. Pasalnya tidak akan ada angkutan umum jurusan Benteng Portugis. Selebihnya, jalan menuju lokasi cukup mudah karena jalanannya sudah beraspal.

3. Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk dari tempat wisata yang buka pukul 06.00 hingga pukul 18.00 ini cukup bervariasi. Harga tiket masuk di hari biasa sebesar Rp 3.500,00, harga tiket masuk di hari libur sebesar Rp 5.000,00, dan sebesar Rp 8.000,00 saat hari libur nasional. Biaya tiket masuk perorangan ini sudah termasuk biaya parkir.

4. Sejarah dan Mitos di Benteng Portugis

Benteng ini pernah ditempati oleh bangsa Portugis selama beberapa tahun. Mereka akhirnya meninggalkan tempat ini karena adanya suatu kejadian yang cukup ganjal. Kejadian tersebut banyak memakan korban. Konon hal ini berkaitan dengan pusaran air yang dipercaya sebagai pintu gerbang siluman. Siluman Bajul Putih dikenal sebagai raja dari kerajaan siluman ini.

Hilangnya orang-orang Portugis yang berkulit putih, konon berkaitan dengan sumpah dari siluman bajul putih. Siluman bajul putih yang kalah dari Kyai Leseh bersumpah akan menyedot orang-orang yang berkulit putih seperti kulit siluman tersebut ke dalam pusaran air.

Di balik mitos dan misteri yang beredar mengenai kerajaan Siluman Bajul Putih, Benteng Portugis Jepara ini tetap merupakan salah satu tempat bersejarah di kota yang terkenal dengan hasil ukirannya ini.

Leave a Reply