Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Menarik

Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang sering menjadi tujuan wisata maupun tujuan perantauan. Lokasinya yang berada di pesisir pantai pada bagian utara serta gunung pada bagian selatan membuat Semarang memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya tempat wisata yang terkenal, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata yang jarang dieksplor keindahannya. Kota Semarang sangat cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga, pasangan, maupun sahabat karena tempatnya cukup ramai serta banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Apabila anda ingin berwisata ke Semarang, mungkin beberapa tempat wisata di Semarang berikut ini bisa anda datangi.

Daftar Tempat Wisata di Semarang

1. Desa Wisata Lembah Kalipancur

Tempat Wisata di Semarang - Desa Wisata Lembah Kalipancur
Tempat Wisata di Semarang – Desa Wisata Lembah Kalipancur

Berwisata ke desa wisata bisa menjadi salah satu alternatif liburan bersama keluarga. Di Semarang sendiri ada salah satu desa wisata yang cukup unik yaitu Desa Wisata Lembah Kalipancur, Ngaliyan, Kota Semarang. Di tempat wisata ini anda bisa menemukan sebuah bangkai pesawat yang menjadi spot foto selfie paling instagramable di sini. Pesawat ini merupakan sebuah pesawat rusak yang sengaja didatangkan menggunakan kontainer dengan cara di pisah bagian per bagian baru kemudian dipasang kembali setelah sampai desa ini. Bangkai pesawat ini rencananya akan dijadikan café bernama Aeroplane Café, namun sampai saat ini masih terbengkalai sehingga banyak wisatawan yang masuk kedalam pesawat untuk berfoto. Selain dapat berfoto di dekat pesawat maupun di dalam pesawat, pengunjung yang datang ke sini juga bisa menikmati wahana lain seperti peternakan kuda, kambing, sapi, dan juga jembatan ala Jepang dan Eropa. Untuk menikmati sejuknya suasana khas pedesaan dengan pemandangan yang menawan ini, wisatawan hanya dikenakan tiket masuk sebesar 3000 rupiah per orang.

2. Gardu Pandang Lereng Kelir

Tempat Wisata di Semarang - Gardu Pandang Lereng Kelir
Tempat Wisata di Semarang – Gardu Pandang Lereng Kelir

Wisata gardu pandang memang sedang menjadi tren di kalangan wisatawan, terutama bagi mereka yang sedang mencari spot foto selfie yang Instagramable. Di beberapa kota di Jawa Tengah sudah banyak terdapat spot gardu pandang yang menawarkan pemandangan alam dari ketinggian, salah satunya di Semarang. Tempat wisata yang terletak di Dusun Gertas, Brongkol Jambu, Ambarawa ini masih tergolong baru sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Gardu pandang Lereng Kelir ini berada di ketinggian 715 mdpl yang terletak di samping jurang. Pengunjung yang mengunjungi tempat ini bisa menikmati suasana sejuk dengan pemandangan hijau sambil mencari angle terbaik untuk berfoto selfie. Pemandangan paling indah di tempat ini adalah ketika matahari terbit atau sunrise sehingga bagi pengunjung yang ingin melihatnya sangat disarankan untuk berkemah di camping ground yang sudah disediakan. Sambil menunggu pagi, pengunjung yang berkemah juga bisa menikmati pemandangan kota Semarang pada malam hari dengan lampu yang sangat banyak. Untuk menuju ke gardu pandang ini tidaklah mudah karena akses jalannya cukup memicu adrenalin sehingga diperlukan kewaspadaan yang tinggi serta kondisi kendaraan yang prima. Tiket masuk yang harus dibayarkan pengunjung ketika mengunjungi tempat ini sebesar 5000 rupiah untuk weekdays dan 7000 rupiah untuk akhir pekan.

3. Bantir Hills

Tempat Wisata di Semarang - Bantir Hills
Tempat Wisata di Semarang – Bantir Hills

Selain gardu pandang Lereng Kelir, ada satu lagi spot foto selfie yang instagramable dengan pemandangan perbukitan hijau yakni Bantir Hills. Spot gardu pandang yang berlokasi di Jalan Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Semarang ini belum lama dibuka. Namun karena lokasinya yang berada di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian 1000 meter ini menawarkan keindahan alam yang mempesona sehingga kepopulerannya cepat naik. Di tempat ini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan dari gardu pandang dengan udara yang sangat sejuk. Untuk menikmati keindahan yang ditawarkan tempat ini, pengunjung harus rela berjalan kaki dengan trek yang cukup menanjak. Meskipun cukup menguras tenaga, namun pemandangan yang ditawarkan sepanjang perjalanan akan membuat mata anda terasa segar karena anda akan menjumpai sawah, perkebunan, bahkan taman bunga. Karena masih tergolong baru, di Bantir Hills belum terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman sehingga pengunjung disarankan membawa perbekalan sendiri agar tidak kelaparan.

4. Brown Canyon

Tempat Wisata di Semarang - Brown Canyon
Tempat Wisata di Semarang – Brown Canyon

Tempat wisata yang satu ini kini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Semarang, terutama bagi yang sedang mencari spot foto paling instagenik di Semarang. Lokasi ini sebenarnya bukanlah tempat wisata karena tempat ini merupakan sebuah lokasi pertambangan yang masih beroperasi. Aktifitas galian yang dilakukan penambang membentuk beberapa tebing dengan tekstur unik sehingga mirip seperti Grand Canyon yang berada di Amerika Serikat. Lokasi Brown Canyon berada di Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang, namun untuk menuju kesana anda harus memberanikan diri untuk bertanya ke warga sekitar karena tidak ada petunjuk jalan menuju ke lokasi. Di tempat ini anda bisa melakukan foto selfie diantara tebing yang menjulang atau melakukan kegiatan yang menantang seperti melintasi trek ekstrim dengan menggunakan sepeda / sepeda motor.

5. Curug Lawe dan Curug Benowo

Tempat Wisata di Semarang - Curug Lawe dan Curug Benowo
Tempat Wisata di Semarang – Curug Lawe dan Curug Benowo

Untuk anda yang hobi akan petualangan, mungkin berkunjung ke tempat yang satu ini akan membuat hasrat anda akan tantangan menjadi terpuaskan. Curug Lawe dan Curug Benowo berada di lokasi yang sama yakni berada di lereng gunung Ungaran, Langgar, Ungaran Barat, Gonoharjo, Lombangan. Curug Lawe merupakan sebuah curug dengan ketinggian 40 meter yang memiliki debit air cukup tinggi. Sedangkan Curug Benowo berada di bawah curug Lawe dengan ciri khas bertingkat-tingkat. Untuk sampai ke curug ini bukanlah sesuatu yang mudah karena wisatawan harus melalui medan yang cukup sulit dan licin sehingga disarankan untuk mengenakan sepatu / sandal anti selip. Perjalanan panjang dan melelahkan tersebut akan terbayar lunas ketika melihat pemandangan curug yang megah dengan pemandangan sekitar yang masih sangat terjaga.

Dari beberapa daftar tempat wisata di Semarang tersebut, mungkin anda sudah pernah mendengar atau bahkan pernah mengunjunginya. Namun pesona yang ditawarkan akan membuat anda ingin segera kesana untuk merasakan keindahan alam yang disajikan.

Leave a Reply