Tempat Wisata Anak di Bandung yang Jadi Favorit dan Menyenangkan
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Tempat Wisata Anak di Bandung

Kota Bandung menjadi tempat favorit bagi banyak orang di Indonesia. Karena memang kota ini memiliki kelebihan dari berbagai macam aspek. Baik itu makanan, tempat wisata, kedai kopi yang biasa di singgahi anak – anak muda dan masih banyak lagi kelebihan yang di tawarkan oleh kota ini. Sehingga orang – orang yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya maupun daerah luar Jawa Barat sering memilih untuk berlibur ke kota Bandung. Apalagi orangtua yang membawa anak – anaknya untuk weekend ataupun libur panjang.

Nah, untuk para orangtua yang bingung mencari tempat wisata di Bandung ataupun yang bosan karena pergi ke tmpat wisata yang sama berkali – kali, saya akan memberi petunjuk tempat – tempat wisata anak yang menjadi favorit di Bandung. Tentunya anda sekalian bisa memilih mana tempat yang cocok untuk keluarga dan akan di senangi oleh anak – anak anda.

Ini adalah beberapa daftar tempat wisata anak di Bandung yang pastinya akan memuaskan anda dan keluarga. Silahkan di baca..

Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas
Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas bisa anda temukan di wilayah Bandung Selatan. Ini adalah salah satu tempat wisata alam di bandung. Di sini anda bisa melakukan banyak aktivitas dengan anak – anak. Salah satunya anda bisa berinteraksi dengan rusa. Dan anda di perbolehkan untuk memberi makan rusa yang di sediakan seharga Rp.5.000. Selain itu di sini juga menyediakan kegiatan outdoor serta bebagai macam aktivitas air yang bisa di nikmati anak – anak anda, sementara anda bisa memanjakan diri di pemandian air panas. Dan bagi anda yang berjiwa traveller dan tertarik untuk bermalam di lokasi, toko – toko sekitar juga menyediakan peralatan kemah untuk keluarga sehinga anda tak perlu repot – repot membawanya dari rumah. Tempat ini memang menjanjikan kepuasan yang beragam, sehingga ketika anda memilih tempat ini untuk wisata anak – anak anda, akhirnya juga bisa anda nikmati untuk diri sendiri dengan suguhan lokasi yang menarik.

Lokasi dan alamat Kampung Cai Ranca Upas terletak di Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dengan harga tiket masuk Rp.10.000 / orang untuk hari biasa, sedangkan akhir pekan dengan harga Rp.15.000 / orang. Dan jika ingin menginap / berkemah di sini, anda hanya perlu menambah Rp.10.000 / orang untuk uang kebersihan dll.

Bandung Carnival Land

Bandung Carnival Land
Bandung Carnival Land

Di sini anda akan merasa seperti berada di pasar malam yang tak ada habis – habisnya. Memang tiket masuknya sedikit mahal, yaitu sekitar 40.000 sampai 50.000, tetapi setelah itu anda bisa menikmati semua permainan yang ada di dalamnya. Bandung Carnival Land adalah salah satu tempat bermain anak – anak yang menjadi favorit. Karena di dalamnya anak – anak bisa menemukan banyak permainan seperti bombom car, komedi putar,rumah hantu, rumah kaca dan masih banyak lagi permainan yang tentunya akan memuaskan anak anda.

Lokasi dan alamat Bandung Carnival Land terletak di Jl. Sirnagalih No 15 Bandung, Jawa Barat. Dengan tiket Rp.40.000 – Rp.50.000 / orang.

Karang Setra Waterpark Bandung

Karang Setra Waterpark Bandung
Karang Setra Waterpark Bandung

Bagi anda yang suka membawa anak – anak anda berlibur ke tempat wisata air, di Bandung terdapat objek wisata Karang Setra Waterpark. Yaitu kolam renang pertama dan tertua di kota Bandung yang masih menjadi pilihan favorit untuk liburan keluarga. Waterpark ini memiliki berbagai macam wahana air yang tidak membosankan seperti waterboom, kolam arus, taman air, dan kolam pantai. Tempat ini menjadi favorit juga karena di lihat mirip dengan Atlantis Water Adventure yang ada di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Karang Setra Waterpark Bandung juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang akan membuat anda dan keluarga merasa nyaman. Ada foodcourt, videogame dan masih banyak yang akan di berikan untuk kepuasan anda semua.

Lokasi dan alamat Karang Setra Waterpark Bandung terletak di Jl. Sirnagalih No 15 KM 4,5 Karang Setra Sukajadi Bandung. Dengan tiket masuknya seharga Rp.22.500 / orang di hari biasa dan Rp.27.500 / orang saat weekend.

The Farm House

The Farm House
The Farm House

Tempat wisata yang baru di buka ini menjadi tempat favorit bagi orang – orang yang datang ke Bandung. Tidak hanya orang – orang dari luar kota, orang – orang asli Bandung pun juga memfavoritkan tempat ini. Karena memang The Farm House menonjolkan suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa dan rumah kurcaci (hobbit) yang ada di New Zealand.

Sangat tepat sekali jika anda membawa anak – anak untuk berlibur ke sini, karena kebun yang luas bisa menjadi area bermain anak yang tidak seperti hari – hari biasanya. Di sini juga tempat yang menarik dan favorit sekali untuk foto – foto sambil menghirup udara pegunungan dan minum susu segar dari peternakan. Kita akan merasa seperti hidup di dalam dongeng, karena di dukung lokasi dan bentuk penyajian tempat yang akan membuat kita merasa pindah ke dimensi yang lain.

Lokasi dan alamat The Farm House terletak di Jl. Raya Lembang No 108 Lembang Bandung. Tiket masuk seharga Rp.20.000 yang dapat di tukar dengan makanan/minuman.

Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari
Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari termasuk objek wisata yang sangat menakjubkan. Dari sebuah tambang yang terbengkalai di Padaralang, Kampung Batu Malakasari sekarang telah dijadikan tempat bermain anak oleh pemiliknya tanpa meninggalkan keindahan alamnya sedikitpun.

Di sini juga menyediakan tour guide yang akan menceritakan kepada anda tentang keajaiban alam dan sangat bagus untuk menambah pengetahuan anak – anak anda. Dan di dalam satu permainan yang ada di sana, anda bisa main bersama – sama dengan anak anda di tanah. Kotor – kortoran dengan anak anda dan bermain bersama hewan ternak seperti ayam, sapi dan rusa. Bangunah pengalaman menarik untuk keluarga anda. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan momen itu dengan memperkenalkan anak – anak anda dengan tradisi sunda seprti memperkenalkannya dengan tarian dan permainan tradisional.

Kampung Batu Malakasari juga dilengkapi dengan Tectona Waterpark, yaitu arena berenang untuk anak – anak dari segala umur. Dan di sini anda tak usah terlalu khawatir karena ada lifeguards dan tim medis yang selalu mengawasi area bermain sekalis menjaga anak – anak anda.

Lokasi dan alamat Kampung Batu Malakasari terletak di Jl.Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari, Kec. Baleendah, Kab. Bandung Jawa Barat. Dengan harga tiket masuk Rp.10.000, Educational Tour Rp.75.000, dan Tektona Waterpark Rp.25.000.

Jendela Alam Farm

Jendela Alam Farm
Jendela Alam Farm

Ada beberapa tempat wisata anak di Bandung yang berbau pekerjaan di peternakan yang memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan binatang dan tumbuh – tumbuhan serta juga bisa ikut memanen hasil pertanian. Jendela Alam adalah tempat yang paling lengkap untuk menghadirkan semua itu.

Karena memang Jendela Alam Farm berlokasi di area pertanian dan peternakan, anda dapat mengajak anak – anak mengelilingi area pertanian dan menemukan berbagai macam binatang ternak. Anda juga bisa ikut memandikan, memberi makan serta memberi susu untuk binatang – binatang ternak. Selain itu anda juga bisa membiarkan anak – anak anda belajar bertani menggunakan sekop dan garpu tanah. Manfaatkanlah tempat berlibur anda dengan sebaik mungkin agar sepulang dari Jendela Alam Farm anda mendapatkan banyak ilmu pengetahuan baru.

Lokasi dan alamat Jendela Alam Farm terletak di Jl. Sersan Bajuri KM 4,5 Ledeng Lembang, Bandung, Jawa Barat. Dengan tiket masuk Rp.10.000 pada hari biasa dan Rp.15.000 saat weekend.

Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang

Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang
Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang

Ini adalah tempat wisata anak di Bandung yang baru di buka dan sangat populer. Kawasan wisata alam ini memiliki fasilitas yang sangat baik dan menarik. Untuk menuju kawasan ini anda harus naik shuttle dari parkiran.beberapa fasilita yang ada di Dusun Bambu Family Leisure Park Bandung adalah villa, restoran dan pasar khatulistiwa. Aneka aktivitas bisa anda lakukan dengan anak – anak anda seperti bersepeda di lereng pegunungan sembari menghirup udara segar.

Tak hanya bersepeda, anda juga bisa mengajak anak – anak anda berkemah agar bisa berinteraksi dengan alam serta melakukan berbagai aktivitas outdoor menarik lainnya. Selain itu anda juga bisa mengajak anak – anak berkunjung ke Taman Bermain Anak di Balad Lodaya. Taman yang di isi dengan wahana permainan seru tetapi tradisional ini cukup mengundang rasa penasaran bagi anak – anak.

Lokasi dan alamat Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang terletak di Jl. Kolonel Masturi KM. 11, Situ Lembang, Bandung, Jawa Barat. Dengan harga tiket Rp.15.000.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani
Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman Lalu Lintas tidak hanya pas untuk jalan – jalan, tetapi juga bisa memberikan pengetahuan kepada anak tentang peraturan lalu lintas dan budayanya. Ada banyak juga jajanan khas Bandung untuk memanjakan lidah anda sembari menunggu se kecil bermain.

Lokasi dan alamat Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani terletak di Jl. Belitung No 1, Taman Kota, Bandung. Anda cukup membayar Rp.6000 untuk hari biasa dan Rp.7.000 untuk hari libur.

Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland
Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderand menawarkan banyak atraksi permainan, ini adalah tempat yang cocok untuk mengasah mental anak – anak anda. Di sini anda bisa menyewa segway untuk mengelilingi seluruh tempat ini yang luasnya 60 hektar. Anak – anak juga bisa menikmati kebun ala Teletubbies dan mengendarai perahu ber-bumper. Selain itu anda juga bisa mengajak anak – anak anda ke Waterpark Kampung Gajah. Untuk anak – anak bisa bermain di kolam renang yang bergelombang. Anda tak perlu khawatir, karena untuk setiap permainan anda bisa mendampingi anak anda. Jika anda berlibur kesini, jangan lewatkan setiap rintangan yang ada di Kampung Gajah Wonderland.

Lokasi dan alamat Kampung Gajah Wonderland terletak di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Dengan harga tiket masuk Rp.10.000 – Rp.20.000, semua akses Rp.150.000 – Rp.250.000, Waterpark Rp.100.000 – Rp.125.000.

Tempat Belajar Membuat Layangan di Gang Sereh

Tempat Belajar Membuat Layangan di Gang Sereh
Tempat Belajar Membuat Layangan di Gang Sereh

Saya rasa banyak dari anda yang bosan dan kesulitan untuk melarang anak – anak memegang gadget. Dan tempat inilah solusinya. Karena memperkenalkan anak – anak dengan budaya dan permainan yang sudah ada sejak dulu, setidaknya usaha anda untuk menjadi orangtua yang baik terlihat lebih nyata.

Gang Sereh, sebuah gang kecil di jalan astana anyar Badung adalah pusat pembuatan layangan dari jaman dulu kala. Ketika melangkah melewati rumah – rumah berwarna terang dan bangunan – bangunan tua yang merupakan tempat workshop membuat layangan, anda akan merasa masuk ke dimensi yang lain. Anak – anak anda akan di suguhkan dengan berbagai macam hal yang menarik, yang tentunya tidak pernah di lewatinya di sekolah ataupun di sekitar rumah.

Pemilik toko biasa di panggil orang – orang dengan nama Akiat. Tokonya di tandai dengan adanya layangan raksasa dengan motif wajah di depan tokonya. Kalau anda datang kesana sore hari, beliau dengan senang hati akan mengajari anak – anak bermain layangan.

Lokasi dan alamat yaitu di Gang Sereh, Jl. Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat. Dan tak harus membayar tiket masuk alias gratis. Layangan di jual dengan harga mulai dari Rp.45.000.

Mengenal Permainan Tradisional dengan Komunitas Hong

Mengenal Permainan Tradisional dengan Komunitas Hong
Mengenal Permainan Tradisional dengan Komunitas Hong

Kita semua yang pernah mendapati bermain dengan mainan dari kayu mungkin masih ingat bagaimana rasa yang hadir saat itu. Imajinasi yang di bangun tak pernah di batasi. Tetapi kalau kita melihat hari ini, sangatlah mustahil rasanya untuk mengembalikan semua. Karena memang perkembangan yang terjadi di dunia, dan sangat berpengaruh pada negara kita, Indonesia. Anak – anak sudah menjadikan gadget sebagai kebutuhan pokok mereka.

Tetapi sekarang saya memberika solusi kepada anda semua sebagai orangtua, yaitu dengan mendatangi komunitas Hong. Karena komunitas Hong dapat menghidupkan kembali kehidupa masa kecil zaman dulu kala. Bermain kelereng, kuda lumping, bermain wayang dan ikut sertakan anak andadalam setiap permainan untuk memperkenalkan permainan tradisi yang sangat di junjung tinggi dan menjadi ciri khas negeri kita.

Buatlah anak – anak keluar dari kebiasaan hari ini seperti bermain video games, internet dal sejenisnya. Perlihatkan pada anak – anak anda bagaimana orang – orang bermain pada zaman dulu. Karena akan melatih mereka untuk bisa bekerja sama dengan tim, dan tidak mementingkan dirinya sendiri. Ketika memulai, musik akan mengalun dan anak – anak mulai menuju Lumbung Mainan, dimana beraneka ragam mainan di simpan di sana. Seorang akan naik ke atas lumbung dan menarik keluar mainan yang ada di lumbung. Jadi, mainan apa yang keluar pertama kali, akan menentukan permainan apa yang akan di mainkan bersama dengan anak – anak yang lain. Selain itu, Komunitas Hong juga menawarkan banyak kue dan snack tradisional sambil minum bandrek dari batok kelapa.

Lokasi dan alamat Komunitas Hong terletak di Jl. Bukit Pakar Utara 35 Dago Bandung 40198 Parahyanagan, Padalarang, Bandung Barat. Dengan tiket masuk Rp.50.000.

Bandung Science Centre

Bandung Science Centre
Bandung Science Centre

Bandung Sciene Centre hadir dengan 17 tema display berbeda yang masing – masing memili atraksi interaktif seperti mesin Van De Graff yang ada di film Mr. Bean. Dan tentunya akan membuat anak – anak anda tertarik.

Lokasi dan alamat Bandung Science Centre terletak di Jl. Sirnagalih No 15 Bandung, Jawa Barat. Dengan harga tiket masuk Rp.45.000.

Itulah beberapa objek wisata anak yang cukup favorit di Bandung. Anda tinggal memilih dan rencanakan untuk keluarga anda. Paling tidak selain mendapat hiburan, anda juga mendapat pengetahuan yang lain yang bisa di gunakan untuk kehidupan sehari – hari.

Selamat berlibur dan terimakasih.

 

Leave a Reply