Tempat Wisata Baru yang Seru untuk Liburan di Bandung dan Sekitarnya

Akhir pekan dengan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan anak-anak memanglah suatu hal yang amat di nanti-nantikan. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan selalu sibuk dengan pekerjaan di kantor. Masa libur pun tak ingin terlewatkan begitu saja tanpa kesan yang seru.

Bagi yang ingin menghabiskan waktu liburan seru di Bandung di akhir pekan, kini di kawasan Bandung telah hadir destinasi baru yang cocok untuk berlibur bersama teman ataupun keluarga tercinta. Berikut ini tempat wisata baru yang seru untuk liburan di Bandung dan sekitarnya.

Dago Dream Park

Dago Dream Park Bandung
image from : www.destinasibandung.co.id

Tempat wisata Dago Dreampark diresmikan 26 Januari 2017, dengan luas lahan 11 hektar yang menawarkan konsep wisata kembali ke alam. Dari konsep yang diusung tersebut, pengelola mengklaim bahwa Dago Dreampark cukup mengedepankan keseimbangan alam. Terlebih letaknya yang berada di Kawasan Bandung Utara (KBU) yang masih asri dan hijau alami.

Pemilik menyatakan telah mengolah alam dengan menjaga kondisi sebagaimana awal, tanpa mengubah secara berlebihan. Misal seperti kolam penampungan air, tetap seperti sedia kala, hanya saluran airnya saja diperbaiki. Lebih lanjut pemilik menjelaskan bahwa konsep tersebut dibangun untuk memberi rasa nyaman bagi pengunjung tempat ini. Para pengunjung akan merasakan kesejukan dengan pemandangan alam yang indah. Agar tercipta suasana alam seperti tersebut, membutuhkan kerjasama dengan warga sekitar sehingga serapan tenaga kerja di tempat wisata ini hampir 80% dari warga lokal.

Ciri khas bangunan Dago Dream Park adalah rumah dengan ciri khas jawa atau joglo ditambah dengan koleksi kereta kencana dan perahu kayu, sehingga nuansa tradisionalnya terasa begitu kental, serasa di Yogyakarta.

Tiket masuk seharga Rp. 20.000 serta parkir mobil Rp.10.000 dan sepeda motor Rp.5000. sesampai di area wisata akan disuguhkan rimbunnya pohon pinus dengan kontur tanah khas pegunungan. Alam yang masih alami ditambah dengan kesejukan udaranya menambah suasana liburan makin seru.

Area permainan di bagi tiga tempat berdasarkan kontur tanahnya. Di permainan paling atas, bisa bermain ditempat permainan anak dengan tiket Rp.40.000. Di sebelahnya ada arena balap sepeda, becak dan otopad, anak-anak bisa bermain sepuasnya dengan tiket masuk Rp.30.000. Pada bagian paling atas tersedia dua tempat makan dengan berbagai menu.

Setelah puas di permainan area utama, bisa melanjutkan area berikutnya di bawah bukit dengan menggunakan mobil gratis. Area bawah lebih banyak permainan dengan tiket Rp.30.000 seperti permainan labirin, perahu dayung dan hand boat.

Selain itu terdapat juga arena menunggang kuda, memancing, naik perahu serta perahu kora-kora dengan tiket seharga Rp.20.000 yang bisa ditukarkan dengan minuman dingin.

Tiket Dago Dream Park
image from : www.bobocantik.com

Banyaknya tempat kuliner di sini memberikan pelayanan ke semua pengunjung menyajikan mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Bahkan kedepan tempat ini akan dibangun penginapan, camping ground, dengan nuansa tradisional yang menyatu dengan alam.

Akses menuju ke Dago Dream Park yaitu dari Pasteur, lurus menuju arah Dago Atas, setelah terminal Dago memasuki belokan ke kiri menyusuri jalan Dago giri km 2,2 arah ke Burgundy resort. Nomor kontak: 0812-2230-068.

Upside Down World

Upside-Down-World-Bandung
image from : pinterest

Jika ingin foto di ruang terbalik, dapatkan di tempat yang keren ini saat liburan tiba agar liburan jadi seru. Dan melihat orang di ruangan terbalik tanpa terjatuh, boleh coba gunakan waktu libur untuk mampir ke Upside Down World Bandung. Kita dunia Upside Down World bukan hanya ada d Bali, giliran Bandung kehadiran wisata unik yang pas buat foto-foto.

Di tempat ini memang bikin seru, terutama jika melihat hasil jepretan foto yang unik dan berbeda. Berbagai furnitur di ruangan Upside down world tertata dengan apik dalam posisi terbalik. Di ruangan tersebut telah diatur sedemikian rupa agar pengunjung melihat ruangan serba terbalik ini seolah dirinya yang berada berdiri di posisi atas ruangan.

Saat masuk ke lokasi harus membeli tiket terlebih dahulu seharga untuk dewasa Rp. 100.000 dan anak dibawah 120 cm Rp. 50.000. Setelah itu, peraturannya harus membuka alas kaki agar ruangan tetap bersih dan lantai tidak kotor. Selain itu, harus siap antri, karena tempat ini tak terlalu besar sehingga sesampai disini juga harus siap antri untuk berfoto.

Jangan khawatir jika tak bisa mendapat pose yang bagus, karena di ruangan upside down world ada guide di setiap spot foto. Jadi dengan meminta tolong guide, pose foto bisa diarahkan oleh mereka, bahkan juga bisa dimintai bantuan mengambil foto. Apabila ingin langsung mendapatkan foto cetak jadi, juga tersedia Mobile Phone Print yang bisa digunakan dengan biaya ekstra.

Karena area ini merupakan wisata foto, disarankan untuk membawa perlengkapan foto yang terbaik, karena dengan harga tiket masuk yang cukup mahal tentu sayang sekali untuk melewatkan moment foto ini.

Alamat Lokasi wisata foto Upside down world ada di Jalan H. Wasid No.31, Kel Lebakgede, Kec. Coblong, Bandung, Jawa Barat  (Jalan di Belakang Rabbani Dipatiukur). Telpon (022) 20454234. Tempat ini buka  mulai jam 10.00 – 20.00 WIB. Untuk patokan menuju lokasi ini, bisa turun di dekat Kampus Ekonomi Unpad Dipatiukur. Lokasinya sudah tidak jauh dari gerbang tersebut, baik dengan berjalan kaki atau naik ojek.

Teras Cihampelas

Teras-Cihampelas
image from twitter

Satu lagi tempat baru yang seru di Kota Bandung adalah Teras Cihampelas atau biasa disebut sky walk-nya Bandung, sebenarnya adalah tempat pengalokasian pedagang kaki lima yang dulunya bertebaran tidak teratur di pinggir-pinggir jalan Cihampelas. Selaku walikota Bandung, Ide ini muncul dari bapak Ridwan Kamil sendiri untuk penataan kota lebih baik lagi. Skywalk ini memiliki panjang 450 m, lebar sekitar 9 m, dan ketinggian jembatannya mencapai 4,6 m dari permukaan jalan. Proyek yang menelan biaya Rp 48 miliar ini hanya menempuh proses pengerjaan selama tiga bulan.

Jika datang ke tempat ini membawa kendaraan mobil, boleh memarkirnya di Cihampelas Walk mal lalu jalan ke Teras Cihampelas melalui tangga-tangga yang tersedia. Pepatah sambil menyelam minum air tepat juga bagi tempat ini, karena pengunjung juga bisa berfoto-foto di Ciwalk sambil berjalan menuju Teras Cihampelas.

Cihampelas-Walk
image from ciwalk.com

Dengan desain bangunan yang apik, membuat tempat ini terlihat sangat unik. Setelah sampai di Teras Cihampelas akan tampak pemandangan indah nan rapi asri. Para pedagang teratur berjajar dengan kios lantai warna-warninya. Pohon-pohon yang rindang ditambah lagi dengan bebungaan yang ditata apik membuat pengunjung semakin nyaman berjalan-jalan di sini. Kios berjualan macam-macam dagangan, ada yang jualan jus, tas, jaket, baju, kerajinan tangan, jajanan ringan dan panganan khas Bandung. Kawula muda akan senang dan asyik liburan seru dengan banyaknya spot foto yang pastinya keren di tempat ini.

 

Leave a Reply