Wisata Air Terjun Bidadari, Bojongkoneng, Sentul dengan Batu Meteor
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Wisata Air Terjun Bidadari, Bojongkoneng, Sentul

Di sebuah tempat yang terbilang cukup modern serta dipenuhi oleh perumahan yang terbilang cukup elit seperti Sentul, ternyata terdapat sebuah air terjun yang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Bidadari.

Nama asli dari air terjun tersebut adalah Curug Bojongkoneng yang memang letaknya di desa Bojongkoneng, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 m tersebut sudah terbilang tidak alami lagi, namun masih tetap memiliki keindahan tersendiri sehingga cukup menarik untuk menjadi objek wisata.

Air Terjun Bidadari cukup menarik untuk jadikan tempat wisata untuk daerah Jawa Barat. Suasana sekitar masih cukup alami, jauh dari kebisingan kota serta memiliki nuansa khas pemandangan daerah pegunungan.

Sentul Paradise Park
Sentul Paradise Park

Air Terjun Bidadari yang berada dalam kawasan wisata Sentul Paradise Park ini sengaja di tata sedemikian rupa sehingga berubah menjadi seperti waterpark yang menyatu dengan sebuah air terjun.

Airnya cukup segar serta dingin karena berasal dari kawasan hutan lindung yang memiliki ketinggian sekitar 486 m dari permukaan laut. Pada bagian bawah air terjun tersebut terdapat sebuah batu meteor buatan yang memiliki ukuran yang besar sekali. Batu tersebut sebenarnya batu asli yang dicampur dengan aspal dan dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai sebuah batu meteor.

Batu meteor tersebut sengaja dibuat melengkung di bagian dalam sehingga jika di lihat dari kejauhan seolah-olah batu meteor tersebut terbelah karena derasnya air terjun. Sedangkan di sekitar batu meteor tersebut terdapat kolam penampungan air yang tidak terlalu dalam.

Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari

Kolam penampungan air tersebut dihubungkan dengan sebuah saluran air yang lebarnya sekitar 1,5 m dengan kedalaman sekitar 50 cm yang menuju ke sebuah kolam besar yang memiliki ukuran 10 x 150 m.

Kolam besar tersebut memiliki kedalaman sekitar 30 cm hingga 1,5 m. Cukup aman bagi anak-anak anda yang ingin bermain air disini. Namun, anda tetap perlu waspada dalam menjaga anak-anak anda tentunya.

Terkadang air yang ada di kolam besar tersebut berwarna kecoklatan dan umumnya itu terjadi pada saat musim penghujan. Jika anda ingin berenang dan bermain air dengan air yang segar dan jernih, anda bisa bermain dan berenang di kolam penampungan yang letaknya di bawah air terjun. Di sekeliling kolam penampungan tersebut sengaja diberi pasir agar suasananya mirip seperti sebuah pantai.

Cara menuju ke Air Terjun Bidadari.

Objek wisata Air Terjun Bidadari ini cukup mudah sekali untuk diakses, baik dari Jakarta maupun dari Bogor. Jika anda dari Bogor, rute yang terbaik adalah melewati tol Sentul City. Saat anda keluar dari tol, anda lurus saja sekitar 1 km. Nanti ada persimpangan, ambil arah kiri yang jalannya agak kecil dan menurun. Dari sini anda akan menemukan papan penunjuk arah untuk menuju Sentul Paradise Park.

Jika anda dari Jakarta, anda dapat melewati tol Jagorawi yang nantinya keluar ke pintu tul Sentul City. Keluar dari tol, lalu ambil ke kiri tepatnya diberang kanan jalan yang terdapat Hypermart. Dari sini anda cukup lurus saja sampai anda menemukan persimpangan. Kemudian ambil kiri lagi yang nantinya anda akan menemukan papan petunjuk Sentul Paradise Park. Google Maps Link : https://goo.gl/maps/H2iGHFxDrTT2

Harga tiket masuk ke Air terjun Bidadari

Harga tiket masuk di objek wisata Air Terjun Bidadari dapat dikatakan tidak terlalu mahal. Untuk hari biasa yaitu hari Senin sampai Jum’at, anda akan dikenai biaya tiker masuk senilai Rp 25.000 per orang. Sedangkan untuk hari Sabtu dan hari Minggu, anda akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 40.000 per orang.  Jika hari libur nasional, anda akan dikenai tarif senilai Rp 50.000. per orang.

Tips berlibur di Air Terjun Bidadari.

  • Usahakan untuk datang pada pagi hari karena umumnya pengunjung masih belum terlalu banyak. Sehingga anda bisa lebih puas untuk bermain air.
  • Jangan lupa untuk memakai tabir surya. Meskipun terletak di kawasan pegunungan, namun sinar matahari disin cukup menyengat.
  • Usahakan untuk membawa bekal minuman serta makanan dari rumah. Disini juga dilengkapi dengan fasilitas restoran, namun harganya relatif mahal.
  • Selalu mengawasi anak-anak anda ketika bermain air disini. Sebab dasar kolam yang besar cukup licin.
  • Memakai alas kaki yang nyaman dipakai. Sebab jalanan untuk menuju kemari terkadang becek ketika musim penghujan serta jalanannya berbatu.
  • Membawa tikar untuk alas saat bersantai di tepian air terjun.
  • Jagalah kebersihan selama berkunjung Objek wisata Air Terjun Bidadari, dengan cara selalu membuang sampah di tempat sampah.

 

Leave a Reply