Wisata Air Terjun Blawan Bondowoso, Air Terjun Resapan Belerang

Wisata Air Terjun Blawan Bondowoso

Umumnya, air terjun yang ada di pegunungan memiliki air yang dingin. Berbeda dengan air terjun Blawan yang ada di Bondowoso, Jawa Timur, yang justru memilki air yang hangat serta banyak uap yang mengepul dari aliran airnya. Tidak jauh dari Kawah Gunung Ijen, terdapat lokasi wisata air terjun Blawan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik serta wisatawan mancanegara. Lokasi air terjun Blawan di deda Kalianyar, kecamatan Sempol, kabupaten Bondowoso. Air terjun blawan memiliki ketinggian sekitar 3 m dengan iar yang berwarna kuning.

Warna kuning pada air terjun Blawan berasal dari kandungan belerang yang mengalir dari mata air atau resapan belerang yang berasal dari Kawah Ijen. Air terjun Blawan juga mengeluarkan uap diantara bukit-bukit hijau yang dikelilingi oleh rimbunnya tanaman makademia serta tebing tajam dan gua yang memiliki banyak stalagmit.

Wisata Air Terjun Blawan
Wisata Air Terjun Blawan

Objek Wisata Air Terjun Blawan merupakan bagian hilir dari Kali Pahit yang merupakan pembuang air dari kawah Ijen. Di objek Wisata Air Terjun Blawan ini terdapat hal yang menarik, yaitu muara aliran air yang langsung mengalir ke dalam tanah yang nantinya akan bermuara di daerah Asembagus, kabupaten Situbondo dan akan mengalir terus sampai ke Laut Jawa.

Selain air terjun Blawan, dalam kawasan ini juga terdapat air terjun kecil yang bernama Batu Putih yang letaknya tidak jauh dari areal parkir kawah Ijen.

Cara Menuju Ke Air Terjun Blawan

Link Google Map : https://goo.gl/maps/2YKA1naXDL82
Untuk bisa mencapai lokasi objek Wisata Air Terjun Blawan, anda bisa menggunakan jasa angkutan desa dari kabupaten Bondowoso menuju ke dusun Blawan, desa Kalianyar, kecamatan Sempol. Jaraknya sekitar 52 km, kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau berjalan kaki sampai ke loket masuk.

Setelah anda sampai di loket anda akan melanjutkan perjalanan untuk mencapai ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki. Jalan yang harus ditempuh memiliki medan yang cukup menantang dengan tangga yang naik turun diantara 2 buah tebing.

Selama dalam perjalan anda dapat menikmati sejuknya udara hutan dengan banyaknya tebing-tebing yang ditutupi berbagai macam tumbuhan tambat serta ditemani kicauan burung liar.

Anda perlu ekstra hati-hati saat melewati anak tangga karena sangat cilin dan tertutupi oleh lumut. Selain itu terdapat ceruk yang digenangi air panas.

Tiket Masuk Di Air Terjun Blawan

Untuk dapat menikmati keindahan pemandangan di Air terjun Blawan, anda akan dikenai biaya masuk senilai Rp 2000 per orang.

Fasilitas Dan Akomodasi Di Air Terjun Blawan

Tersedia penginapan di kawasan Kalisat, Jampit di penginapan PTPN XII. Penginapan ini terletak di sebelah rumah Administratur Perkebunan serta di bawahnya terdapat perkebunan buah strawberry. Biaya sewa kamar sangat bervariasi. Mulai dari kamar yang tarif sewanya senilai Rp 170.000 sampai Rp 210.000.

Selain itu di sekitar objek Wisata Air terjun Blawan anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang lain, seperti:

  • Pemandian air panas Dhamar Wulan. Letak pemandian air panas Dhamar Wulan menjadi satu dengan wilayah air terjun Blawan dengan jarak sekitar 100m. Di sini terdapat 2 buah kolam renang yang dikelilingi pemandangan alam yang indah. Ada banyak pohon serta memiliki udara yang segar. Air di pemandian ini merupakan air yang alami dan bersih.
  • Kawah Ijen
  • Goa Kapur yang jaraknya sekitar 75 m dari air terjun Blawan
  • Perkebunan Strawberry Kalisat Jampit yang jaraknya tidak jauh dari objek Wisata Air Terjun Blawan.

 

Leave a Reply