Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang yang Melegenda
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Wisata air terjun Coban Rondo Malang – Wisata Air terjun memang salah satu jenis objek wisata yang sangat populer. Di Malang terdapat Wisata air terjun Coban Rondo yang melegenda. Apa saja sisi menarik dari tempat ini? Benarkan ada sebuah cerita legenda yang menyedihkan terkait keberadaan Coban Rondo?

Berikut akan saya jelaskan beberapa hal mengenai keindahan alam, legenda, dan beberapa hal lain mengenai air terjun coban rondo malang ini.

Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang

Lokasi Coban Rondo terdapat di Desa Pandansari, Kec. Pujon, Kab. Malang. Lokasinya kira-kira 30 km dari Kota Malang. Jarak tempuhnya dari Kota Malang dapat memakan waktu kurang lebih 30-45 menit. Karena kawasan air terjun ini masuk di area pegunungan, jalan menuju ke objek wisata ini cukup menantang. Meskipun aspalnya mulus namun banyaknya tikungan dan tanjakan membuat tantangan tersendiri untuk menuju lokasi Wisata air terjun Coban Rondo Malang.

Sobat Wisatafavorit, berikut ini peta dari Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang:

Keadaan sekitar : Hawa pegunungan dengan ketinggian di atas 1.000 m di atas permukaan laut yang pastinya cukup dingin akan menyambut Anda seketika. Air terjun Coban Rondo sendiri memiliki ketinggian 84 meter. Sebenarnya Coban Rondo merupakan salah satu air terjuan dari sebuah rangkaian air terjun di area ini. Sebelum Coban Rondo, di atasnya terdapat air terjun yang dinamai Coban Dudo, yang sumbernya dari air terjun kembar di atasnya yaitu Coban Manten.

Fasilitas : Seperti halnya tempat wisata di malang lainnya, beberapa fasilitas permainan yang menarik yang tersedia di area Coban Rondo. Tiket masuknya seharga Rp 8.000 per kepala. Sedangkan bila Anda ingin menikmati permainan-permainan yang tersedia di sana, Anda harus merogoh kocek lagi. Terdapat arena bermain berupa labirin. Fasilitas api unggun dipatok seharga Rp 200.000.  Masih banyak lagi jenis permainan dan hiburan lain yang dapat Anda temui di Coban Rondo.

air terjun Coban Rondo Malang
image from utiket.com

Legenda : Menurut legenda penduduk sekitar, di balik air terjun itu merupakan tempat persembunyian Dewi Anjarwati. Dia ditinggal mati oleh suaminya Raden Baron Kusumo yang berusaha melindunginya dari godaan Joko Lelono. Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono sama-sama tewas dalam perkelahian itu. Tempat persembunyian Dewi Anjarwati itu akhirnya dinamai Coban Rondo. Rondo dalam Bahasa Jawa berarti Janda yang menandakan bahwa di sanalah dulu tempat persembunyian seorang janda bernama Dewi Anjarwati.

Banyak hal menarik yang bisa Anda temui di Wisata air terjun Coban Rondo Malang yang melegenda. Bila Anda mampir ke kota apel, sempatkanlah ke objek wisata ini. Anda tidak akan merasa rugi mengunjungi tempat seindah ini. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta menambah wawasan kita akan tempat-tempat wisata yang wajib anda kunjungi dan jelajahi. Selamat berlibur !

Leave a Reply