Wisata Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile Lombok
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Wisata Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile Lombok – Objek wisata air terjun tiu kelep dan juga sendang gile adalah dua buah air terjun yang ada di Pulau lombok yang airnya mengalir membentuk satu aliran yang tampak sangat cantik. Hembusan kabutnya mampu penuhi sekitar lembah dan keindahan air yang jatuh dari atas tebing bertingkat serta trek untuk mencapainya pun pastinya akan menjadi pengalaman liburan Anda berbeda. Apalagi dengan berkunjung ke tempat wisata satu ini Anda juga dapat menemui goa dan jembatan unik di atas tebing yang bisa menjadikan jiwa petualangan Anda pasti lebih tertantang.

Selain hal itu, kedua air terjun tersebut bertempat secara berdekatan dan paling populer, sebab ada di kehidupan liar hutan rimbun tepatnya di bawah kaki gunung rinjani. Yang mana keduanya mampu tawarkan beberapa hal yang sangat menawan dan mempesona pada saat dikunjungi dengan cara soft trekking. Dan supaya Anda bisa benar-benar merasakan indahnya kedua air terjun tersebut, maka Anda bisa mencoba rute yang berbeda.

air terjun tiu kelep

Rute perjalanan ke objek wisata air terjun tiu kelep dan sendang gile Lombok

  • Melalui gerbang utama atau yang biasanya disebut dengan jalur biasa. Di sinilah Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda dan membayar tiket masuknya, lalu Anda akan turuni anak tangga sekitar 15 hingga 20 menit untuk bisa sampai ke sendang gile, sedangkan untuk ke tiu kelepnya, dari air terjun yang pertama ada rute yang merupakan jalanan setapak memasuki hutan serta menyusuri sebuah sungai.
  • Pilihan yang kedua adalah dengan melalui jalur irigasi, yang mana jalur tersebut lebih banyak dipakai oleh para wisatawan sebab jauh lebih menantang, tidak menguras tenaga tanpa harus melewati anak tangga yang banyak, dan Anda pun juga akan lebih merasakan keindahan pemandangan serta nuansa berada di dalam hutan yang biasanya disebut dengan soft trekking.

Kami sarankan agar Anda menggunakan pilihan yang kedua, selain treknya yang tak biasa, di sinilah Anda juga dapat memesan makan siang pada saat Anda balik, bisa mengganti pakaian, mandi, atau pun sholat. Penggunaan jasa guide lokal umumnya bisa ditemukan di counter penginapan di sekitar Senaru, yakni sebelum masuk pintu gerbang ke tempat wisata tersebut.

Pesona objek wisata air terjun sendang gile adalah tujuan pertama sebab ada di tempat yang jauh lebih rendah, sekitar 600 mdpl. Pada aliran sedang gile ini diyakini masyarakat setempat berasal dari danau segara anak di gunung rinjani Lombok. Yang mana airnya jatuh dari atas tebing bertingkat yang dipenuhi oleh tumbuhan hijau yang menempel di sisi tebing dengan ketinggian sekitar 30 m.

wisata air terjun tiu kelep

Untuk bisa merasakan di kedua air terjun yang ada di Pulau Lombok ini Anda juga bisa mencoba mandi di bawah terpaan air terjunya yang cukup keras, airnya yang dingin dan sejuk, bagi para pengunjung yang tidak tahan berada di bawah terpaan air terjunnya, mereka biasanya lebih memilih untuk berendam di sungai dari aliran air terjunnya tersebut. Tempat wisata ini cukup ramai dikunjungi wisatawan pada saat hari libur atau akhir pekan. Konon air  yang ada di tempat wisata ini dipercaya bisa menyembuhkan sakit pinggang.

Demikianlah tadi rute perjalanan ke objek wisata air terjun tiu kelep dan sendang gile Lombok yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply