Wisata Alam Bandung dan Sekitarnya Tujuan Utama Wisatawan

Wisata Alam Bandung

Bandung merupakan kota metropolitan yang sangat terkenal dengan wisata alamnya yang banyak sekali diminati wisatawan lokal maupun mancanegara dimana kota ini merupakan ibukota dari provinsi jawa barat dan merupakan kota terbesar yang ketiga di indonesia setelah jakarta dan surabaya menurut dari jumlah penduduknya dan kota bandung dikelilingi oleh pegunungan dengan ketinggian 768 m di atas permukaan laut dengan titik tertinggi yang berada disebelah utara 1.050 meter diatas permukaan laut dan sebelah selatan merupakan kawasan rendah dengan ketinggian 675 meter di atas permukaan laut. Dengan iklim pegunungan yang lembab dan sejuk dengan suhu rata rata 23.5 derajat celcius. Dengan letak geograisnya inilah kota ini banyak sekali memeiliki tempat tempat wisata yang sangat indah dan sangat eksotis untuk dipandang dengan mata. Dengan banyaknya wisata alam bandung banyak sekali para wisatawan mencoba mencari tahu wisata alam apa saja yang baru dan menarik untuk dikunjungi di kota ini.

Adapun beberapa wisata alam bandung yang menjadi tujuan utama wisatawan dan banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke sini baik dari mancanegara maupun lokal yaitu sebagai berikut

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu

Gunung yang terbilang masih aktif ini merupakan sebuah kawasan wisata alam yang paling banyak sekali dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati wisata alam bandung yang berdekatan dengan daerah lembang diman di tempat wisata alam ini memiliki keunikan tersendiri dan wisata alamnya yang khas dengan panorama pegunungan yang sangat eksotis dan indah untuk dipandang dengan mata hal inilah yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini dengan hutanya yang masih terjaga kelestarian, kesegaran dan kesejukan udara yang ada disini serta di gunung tangkuban perahu ini memiliki tiga kawah utama yang terbentang luas dan sudah berumur puluhan ribu tahun lamanya yang pertama kali dari ketiga kawah tersebut yaitu kawah badak, kawah upas dan yang terakhir adalah kawah ratu yang memiliki kriteria panorama alam tersendiri untuk anda nikmati bersama keluarga dan pasangan anda dengan jam buka dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore tentunya sebelum anda mengunjungi wisata alam ini sebaiknya anada menggunakan sepatu dan jangan lua untuk membawa jaket yang tebal ataupun sweater untuk menghangatkan tubuh anda karena cuaca disini sangat dingin apalagi terkadang diselimuti kabut yang tebal sehingga cuaca dapat bertambah dingin lagi. Adapun alamat gunung tangkuban perahu yaitu berada di jalan gunung tangkuban perahu sukajaya lembang kabupaten bandung barat dan untuk informasi mengenai harga tiket dapat menghubungi langsung pengelola gunung tangkuban perahu dengan nomor telepon 022 – 6071383 jadi jika anda berkunjung ke kota banung jangan sampai melewati dan melupakan untuk mengunjungi gunung tangkuban perahu sebagai tempat untuk berwisata alam di kota bandung.

Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung
Kawah Putih Bandung

Kawah Putih bandung adalah salah satu wisata alam bandung yang sangat terkenal yang berlokasi di ciwidey dengan jarak kurang lebih 50 km dari kota bandung dengan jam buka dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore dan untuk harga tiket masuknya baik hari libur ataupun akhir pekan sama yaitu hanya dengan membayar Rp. 15.000 rupiah perorang dan untuk tarif parkir kendaraan berkisaran sekitar Rp.5000 sampai Rp. 35.000 untuk motor dan untuk mobil mulai dari Rp 6.000 sampai dengan Rp. 150.000 sedangkan untuk bus tarif parkirnya Rp.25.000 saja bedanya harga tarif parkir disini tergantung anda mermarkirkan kendaraan anda atau membawa kendaraan anda apabila anda ingin membawa kendaran sampai atas maka tarifnya akan sedikit lebih mahal sedangakan di bawah tarifnya cukup murah.

Adapun fasilitas yang diberikan dari wisata alam bandung kawah putih ini untuk pengunjungnya yang mengujungi tempat ini agar kenyamanan dan keamanannya terjaga menyediakan area parkir yang sangat luas, transportasi tambahan dari gerbang depan sampai dengan kawah, pusat informasi, mushola, restoran dan warung makan, serta toilet sehingga para wisatawan dapat dengan santai nyaman dan aman berkunjung ke sini untuk menikmati panorama alam yang sangat indah dan menakjubkan di tempat ini. Dimana dikawah putih ini anda dapat berfoto dengan backgroun danau yang indah berwarna putih dan dapat berubah warna yang terjadi akibat sebuah letusan yang hebat dari gunung patuha.

Tapi sebelum mengunjungi wisata alam bandung satu ini sebaiknya anda mempersiapkan diri anda dengan menggunakan sepatu dan menyediakan sweater ataupun jaket yang sangat tebal untuk menghangatkan badan anda dikarenakan suhu udara disini sangat dinggin dan bawalah masker dikarenakan bau dari balerang yang berasala dari kawah sangatlah menyegat sehingga dapat menggangu pernapasan anda. jadi bagi anda yang datang berkunjung ke kota bandung untuk berwisata apa salahnya untuk mengunjungi tempat ini sebagai tujuan wisata alam anda di kota bandung

Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan

Jika anda mengunjungi wisata alam bandung satu ini tentunya wisata anda akan seru dan mengasyikan dimana Sendang Geulis Kahuripan beralamatkan di kecamatan cikalong wetan kabupaten bandung barat dengan jam buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore dan untuk tiket masuk ke tempat ini anda hanya cukup membayar dengan harga Rp. 10.000 per orangnya dan anda sudah dapat menikmati segarnya air disini.

Dimana air di wisata alam bandung satu ini berasal dari sumber mata air yang masih alami sehingga anda dapat menceburkan diri dan berenang disini layaknya seperti berada di aquarium dan dengan panorama alam yang indah dan sejuk yang khas dari pegunungan dan pesawahan yang berada di sekitarnya. Selain itu anda uga dapat mengabadikan foto anda dengan spot spot yang sangat banyak disini. dan bagi anda yang ingin mempercantik diri dan awet muda dapat menceburkan diri anda disini dikarenakan menurut mitos dari masyarakat sekitar air disini dapat membuat anda awet muda dan dapat mempercantik diri anda. tentunya bagi anda yang sedang berwisata ke kota banung sempatkanlah diri anda untuk mengunjungi tempat ini dan abadikanlah tempat ini dengan foto foto anda yang berlatar belakang wisata alam yang sangat indah ini.

Stone Garden

Stone Garden
Stone Garden

Tempat wisata alam bandung satu ini berada di kawasan pegunungan bandung barat dengan beralamatkan di kampung giri mulya desa gunung masigit kecamatan cipatat padalarang bandung barat. Dengan memberikan pemandangan alam kota bandung yang sangat indah dan enak untuk dipandang dengan mata serta anda juga dapat berfoto ria di bebatuan kapur yang sangat eksotis dan anda juga dapat mengenal sejarah terjadinya bebatuan kapur yang ada di wisata alam satu ini untuk jam buka wisata ini dibuka 24 jam non stop untuk para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan bebatuan kapur dan keindahan panorama alam yang ada disekitar stone garden ini dan untuk tiket masuknya ada dua pintu masuk menuju tempat ini dengan harga tiket yang berbeda beda adapun harganya dengan pintu masuk langsung ke stone garden dikenakan biaya Rp. 3.000 / orang dengan tarif parkir kendaraan mobil Rp. 10.000 dan motor Rp. 5.000 sedangkan untuk pintu masuk lewat goa pawon dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000 / orang dan dengan tarif parkir mobil Rp. 5.000 anda sudah dapat masuk stone garden untuk menikmati pemandangan indah dan eksotis dari tempat ini.

Situ Lembang

Situ Lembang
Situ Lembang

Sebagai sebuah danau buatan yang dibangun di zaman kolonial belanda menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata alam yang memiliki panorama yang sangat indah dan menarik yang diapit oleh dua pegunungan yaitu gunung tangkuban perahu dan gunung burangrang dengan ketinggian tempat ini sekitar 1.570 meter diatas permukaan laut menjadikan suasana di tempat ini sangat sejuk dan dingin selain panorama yang indah ditawarkan wisata alam bandung satu ini juga menawarkan wisata air danau yang hangat dan jernih dengan pemandangan alam disekitarnya dan bagi anda yang juga memiliki hobi memancing anda dapat memancing disini dikarenakan disini memiliki ikan yang banyak sekali dan anda juga dapat berkemah ataupun kamping di situ lembang tentunya dengan membawa perlengkapan yang lengkap dan hal yang utama anda harus membawa penghangat tubuh seperti topi, sweater dan jaket yang tebal karena tempat ini sangat dingin apalagi di pagi dan sore hari. Dan untuk anda yang ingin mengunjungi tempat ini disarankan untuk membawa kendaraan yang tahan atau dapat melewati medan dari tempat ini yang banyak bebatuan kasar. jadi sebelum mengunjungi tempat ini pastikan dan siapkan diri anda untuk menghadapi medan dan suhu yang dingin di wisata alam yang indah dan eksotis satu ini.

Curug Malela Bandung

Curug Malela Bandung
Curug Malela Bandung

Ini adalah wisata alam bandung yang masih belum terjama dan jarang dikunjungi wisatawan masih banyak orang yang belum mengetahui curug yangterindah dibandung ini yang beralamatkan di desa cicadas, kecamatan rongga – gununghalu kabupaten bandung barat provinsi jawa barat. Ini merupakan salah satu wisata alam yang terbaik dan terindah yang memberikan udara yang sejuk dan pemandangan air terjun yang dangat indah tentunya bagi kalian yang suka dengan wisata alam tidak akan menyesal untuk datang dan berkunjung ke tempat satu ini.

Ciri khas yang menjadi utama dari wisata alam bandung satu ini adalah air terjun yang jatuh menjadi terpisah pisah yang memiliki lima jalur dengan ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter dan apabila anda datang kesini sekitar pukul jam 8 pagi sampai dengan pukul 9 pagi anda bisa melihat pelangi yang akan muncul dengan sangat indah disini hal inilah yang membuat kebanyakan orang yang telah mengunjungi tempat ini menyebutnya dengan air terjun pelangi selain itu apabila air terjun ini dilihat dari kejauhan akan terliha seperti benang benang sutra halus yang bersinar dengan terang dan i bagian kananya anda dapat melihat bentuk tebing yang cukup tinggi yang berwarna putih yang mengarah ke bawah air terjun dan terlihat sangat eksotis.

Dan apabila anda ingin ke tempat wisata alam bandung satu ini anda bisa menempuhnya dengan an kendaran pribadi atau dengan angkutan umum dan melanjutkanya dengan berjalan kaki tentunya ini akan menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan untuk anda dengan mengunjungi lokasi wisata alam yang masih belum terjama dan banyak orang belum mengetahuinya.

Bukit Moko

Bukit Moko
Bukit Moko

Bukit moko adalah suatu tempat wisata alam bandung yang terbaik untuk anda bersantai sembari menikmati pemandangan alam dan pegunungan yang ada di bandung dimana tempat ini berada di cimenyan bandung jawa barat dan tempat ini dinobatkan sebagai tempat tertinggi dengan ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dari puncak yang tertinggi di bandung ini tentunya anda dapat melihat alam sekitar bandung dari mulai perkotaan pedesaan pegunungan yang ada di kota bandung dari tempat tertinggi ini dengan menawarkan panorama alam yang indah dan juga udaranya yang seduk tentunya kejenuhan anda dengan suasana perkotaan akan hilang dengan mengunjungi tempat yang satu ini dan apabila anda datang ke sini pada malam hari pastinya anda dapat melihat suasana lampu lampu kota yang menyinari setiap sudut kota dari tempat ini pastinya akan memberikan suaasana yang sangat indah dan romantis jika anda mengunjungi tempat ini bersama dengan pasangan anda.

Untuk mengunjungi tempat ini dapata di tempuh dengan kendaraan pribadi karena untuk menuju tempat ini tidak ada angkutan umum yang melintas di daerah ini dan anda harus berhati hati berkendara di jalur ini terutama pada saat hujan dikarenakan jalan yang akan menuju tempat ini sangat terjal dan berkelok kelok serta licin. Untuk tiket masuk ke bukit moko dikenakan biaya sebesar Rp. 8.000 biaya yang tidak terlalu mahal untuk menikmati pemandangan kota bandung yang sangat inidah yang dapat dilihat dari tempat tertinggi di kota bandung ini.

Taman Hutan JayaGiri

Taman Hutan JayaGiri
Taman Hutan JayaGiri

Bagi anda pengemar hikking tentunya jangan sampai melewatkan tempat wisata alam bandung yang satu ini dimana tempat ini merupakan sebuah jalur pendakian ke gunung tangkuban perahu. Dan banyak pengemar hikking yang ingin ke tangkuban perahu menempuhnya melewati hutan jaya giri ini yang dipenuhi oleh pohon pohon pinus yang menjulang sangat tinggi selain itu hutan ini juga sering dijaikan medan mountain biking dikarenakan tracknya yang dangan menantang dan menguji nyali. Disamping itu anda juga dapat camping di tempat ini dengan kesejukan alam dan panorama alam yang indah yang berada disekitarnya.

Nah bagi anda yang ingin mengujungi tempat ini tentunya anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 namun bila anda ingin hacking dan camping di wisata alam bandung satu ini anda diharuskan membayar tiket sebesar Rp.8.000 saja dengan rute hikking memiliki 2 rute yang dapat anda lewati dengan tantangan pendakian tersendiri yaitu rute kiri yaitu jalur pipa air dari mata air jayagiri yang medanya relatif agak landai, dan rute kanan dengan banyaknya trap tanjakan yang menantang dan membuat dengkul dan paru paru bekerja keras. Jadi pastikan anda sudah mempersiapkan diri anda untuk mengujungi tempat ini ataupun hakking dan camping di tempat ini

Itulah beberapa tempat wisata alam bandung yang sangat terkenal dan sering menjadi pilhan utama wisatawan untuk mengunjungi tempat tempat wisata alam yang ada di kota bandung yang memberikan keindahan panorama dan keunikan serta karateristik tersendiri dari tempat tempat wisata alam tersebut pastinya anda akan terasa terhibur dan dapat berfoto ria untuk mengabadikan kenangan yang tidak akan terlupakan dengan mengunjungi tempat tempat wisata alam yang ada di kota bandung ini

Leave a Reply