Wisata Alam Kuningan

Wisata Alam Kuningan yang Alamnya Memiliki Keistimewaan Khas

Wisata Alam Kuningan

Kuningan, provinsi Jawa barat, memiliki pesona alam khas yang menarik sebagai tempat wisata. Ada beberapa tempat di Kuningan yang memiliki keistimewaan suasana alam. Beberapa tempat di sini dengan kekayaan alamnya yang penuh potensi memikat banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Terutama di saat musim liburan tiba, wisatawan yang tahu tentang keistimewaan tempat wisata ini tentu akan mulai membuat agenda perjalanan wisata menyenangkan di sini. Apa saja tempat-tempat wisata alam di Kuningan Jawa Barat yang membuat wisatawan penasaran ingin meliriknya? Berikut ini ulasan wisata alam Kuningan yang alamnya memiliki keistimewaan khas.

Situ Wulukut Kuningan
Situ Wulukut Kuningan

“Situ Wulukut” adalah danau yang kini ramai dibahas di media sosial karena mirip dengan danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru,Tengger, Kab. Lumajang, Jawa Timur. Situ Wulukut ini lokasinya di Desa Kertayuga Kec. Nusaherang Kab. Kuningan. Asalnya pembangunan danau ini sebagai upaya mengantisipasi kekurangan air di masa yang mendatang oleh Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan.

Danau Situ wulukut ini membuat siapa saja yang memandanginya akan merasakan ketenangan sebagaimana pemandangan di Ranu Kumbolo meski keindahannya tentu saja tak sebanding dengan Ranu Kumbolo. Pemandangan yang mirip dua bukit di dekat danau Ranu Kumbolo membuatnya tampak semakin mirip terutama dengan air tenang di bawah bukit yang memberikan pantulan pemandangan sekitarnya. Hal inilah yang membuat netizen banyak yang penasaran karena keistimewaan Ranu Kumbolo yang dimilikinya.

Akses menuju tempat ini pun belum begitu bagus karena masih banyak jalan berbatu dan licin ketika hujan, sehingga pengunjung yang ingin ke Situ Wulukut sebaiknya menitipkan kendaraannya di rumah penduduk dan berjalan kaki menuju danau. Karena tempat ini belum resmi menjadi tempat wisata meski sudah ramai menyedot wisatawan sehingga untuk fasilitas dan bahkan penjual makanan pun belum ada di sini.

Air Terjun Putri

Air Terjun Putri
Air Terjun Putri

 

Kuningan juga memiliki tempat wisata air terjun yang memiliki keistimewaan yang khas. Banyak sekali wisatawan mengunjungi air terjun Putri ini, baik itu pengunjung lokal maupun dari luar daerah Kuningan. tempat wisata air terjun Putri ini bernama Curug Putri yang berada di Bumi Perkemahan Palutungan.

Di balik keindahan curug putri yang memiliki keistimewaan ini terdapat rumor misteri yang amat seram dan di bicarakan banyak orang sampai dijadikan lokasi syuting acara TV Uji Nyali. Memang meskipun mitos belaka yang beredar di Air Terjun Putri, yaitu misteri seorang putri cantik bergaun pengantin yang dikatakan penunggu daerah itu, membuat penasaran pengunjung bahkan menjadi daya tarik untuk datang mengunjungi objek wisata Curug Putri ini.

Tak hanya untuk berwisata, dengan mitos yang beredar bahkan banyak pengunjung yang berwisata di sini sering bertujuan ingin dapat jodoh, atau pekerjaan dengan mandi di bawah curug. Biasanya aktivitas ini makin ramai ketika mendekati bulan puasa dan hari-hari tertentu. Padahal dari uraian di atas bahwa semuanya itu mitos belaka yang tidak benar. Padahal tempat wisata ini memiliki keindahan yang tak hanya air terjunnya saja, begitupun airnya yang bening serta pemandangan sekitarnya. Dengan menikmati suasana curug yang sarat keindahan yang disuguhkan maka dampaknya menenangkan sampai melepaskan berbagai beban pikiran.

Cadas Gantung

cadas gantung kuningan
cadas gantung kuningan

Keindahan Cadas Gantung dan Curug Waletnya membuat ketagihan untuk mengunjungi tempat wisata yang asri dan juga pemandangan alamnya indah ini. Cadas gantung terletak di Desa Ci Tundun, Kec. Ciwaru, Kab. Kuningan. Terdapat hamparan padang sabana yang luas, membuat rindu ini akan keindahan bukit Cadas Gantung untuk menyegarkan pikiran sejenak.

Untuk mencapai lokasi wisata ini sekitar 40 menit perjalanan dari desa citundun menggunakan sepeda motor. Akses jalannya memang tak mudah, banyak jalan yang menanjak, curam dan berbelok yang menyulitkan. Sehingga disarankan menggunakan sepeda motor saja. Semua rintangan tadi akan terbayar dengan keindahan bukit cadas gantung dan curugnya, dimana kita bisa mandi di alam yang penuh kesejukan ini.

Untuk memasuki kawasan Cadas Gantung dan curug ini dikenakan biaya tiket Rp 10.000 per orang di loket pembayaran. Di sini kita dijamin puas dengan keindahan panorama yang disuguhkan bukit Cadas Gantung disertai keanggunan dan keindahan curugnya.

Curug Cigalagah

Curug Cigalagah
Curug Cigalagah

Curug Cigalagah di kawasan Gunung Tilu, Desa Sukarapih Kec. Cibereum Kab. Kuningan ini berada di timur Kuningan ini menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan. Selain keindahan curug, pengunjung juga akan terpesona dengan keistimewaan lainnya di objek wisata ini, yaitu keindahan alam hutannya. Apalagi lokasi wisata ini merupakan spot favorit untuk berselfie ria, serta berekreasi menenangkan pikiran sembari menikmati percikan air dari curug ini.

Kawasan wisata yang berada di bawah kaki Gunung Tilu ini memiliki potensi hutan dengan fungsi terpenting bagi kehidupan warga setempat. Disini pengunjung bisa menjumpai lokasi hulu tiga sungai besar yaitu sungai Citaal, sungai Cijangkelok dan sungai Cikaro. Hutan-hutan yang meski bukan hutan perawan, merupakan habitat alami dengan status hutan lindung.

Pranala Peta Curug Cigalagah : https://goo.gl/maps/AUjujStQEtm

Sebelum mencapai lokasi curug cigalagah saja, kita sudah disuguhkan dengan pemandangan sawah-sawah nan indah serta pepohonan pinus yang menyejukkan. Terdapat dua curug yakni Curug Cigalagah Gede dan Curug Cigalagah Leutik yang masing-masing ketinggiannya sekitar 15 m. Di bawah curugnya terdapat kolam luas untuk berendam dan berenang di curug yang mengalir deras saat musim hujan ini. Airnya pun begitu bening dan jernih sehingga asyik sebagai tempat berenang.

Demikian ulasan wisata alam Kuningan yang alamnya memiliki keistimewaan khas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply