wisata gunung rinjani

Wisata Gunung Rinjani Lombok

Wisata Gunung Rinjani Lombok – Satu lagi tujuan wisata alam di Pulau Lombok yang paling disukai oleh banyak kalangan penikmat perjalanan, adalah objek wisata gunung rinjani Lombok.

Ya, pesona Pulau lombok sebagai salah satu kawasan pulau yang cukup terkenal dengan destinasi wisata baharinya seperti halnya dengan objek wisata pantai senggigi, objek wisata pantai kuta, dan objek wisata gili trawangan jug ada pada daya pikat objek wisata gunung rinjani yang cukup menantang dan suguhkan lanskap indah yang sangat menawan dari ketinggian. Tidak mudah memang untuk bisa menaklukkan gunung rinjani tersebut, sebab Anda harus bisa melakukan pendakian yang cukup panjang, yakni 4 km, belum lagi harus melewati halangan serta rintangan selama pendakian.

Objek wisata gunung rinjani Lombok berada di utara Pulau Lombok, yang merupakan gunung tertinggi di Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung tersebut adalah gunung tertinggi yang ketiga di Indonesia. Yang mana menurut kisah setempat yang sedang berkembang, gunung ini adalah istana yang jadi tempat bersemayamnya ratu jin yang bernamakan Dewi Anjani.

wisata gunung rinjani

Eksotisme objek wisata gunung rinjani di Lombok

Terlepas dari benar atau pun tidaknya sebuah mitos gunung rinjani tersebut, tempat wisata satu ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat yang menyimpan pesona alamnya yang sangat eksotis serta mengagumkan. Ada banyak sekali titik-titik yang sangat menarik yang bisa dengan mudahnya Anda temukan di tempat wisata ini, mulai dari bagian kawah, goa, air terjun, danau, mata air panas, lubang letusan, aliran lava baru, puncak, hingga panorama kaldera.

Sejumlah spot objek wisata gunung rinjani dan juga favorit dikalangan wisatawan, yakni senaru, tetebatu, dan juga sembalun dengan keindahan alam pegunungannya yang tampak sangat eksotis. Ada satu spot lagi yang ternyata juga tidak kalah menariknya di objek wisata gunung rinjani Lombok tersebut, yakni segare anak. Ini adalah sebuah danau yang telah terbentuk secara alami akibat dari letusan gunung rinjani di masa lampau. Oleh penduduk setempat, danau tersebut seringkali disebut sebagai laut sebab air danaunya berwarna biru yang tampak sangat jernih dan bersih, layaknya air laut asli. Danau segare anak ada di ketinggian sekitar 2.800 m dan mempunyai berbagai jenis ikan, seperti halnya ikan harper, ikan mas, hingga dengan ikan mujair.

Lagi-lagi menurut keyakinan setempat, kono danau segare anak telah dipercaya mampu sembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan tak hanya itu saja, tempat ini dahulunya sering dipakai sebagai tempat pemujaan atau pun ritual untuk dapatkan ilmu maupun benda-benda sakti. Tidak jauh dari danau segare anak, Anda juga bisa menemukan sebuah gunung kecil yang bernamakan gunung baru atau pun new mountain. Tidak banyak orang yang berani untuk menaklukkan puncak gunung baru tersebut, karena hingga sekarang ini gunung baru terus mengeluarkan gas.

wisata gunung rinjani

Flora dan fauna di objek wisata gunung rinjani Lombok

Tidak hanya tawarkan pesona panoramanya yang sangat indah dan tampak eksotis, ternyata objek wisata gunung rinjani Lombok ini juga hadirkan keindahan dunia flora dan fauna. Pada ketinggian sekitar 1.000 m hingga 2.000 m pada bagian selatan dan juga barat gunung, Anda juga bisa menemukan sejumlah tumbuhan yang jarang sekali dijumpai di dataran rendah. tumbuh-tumbuhan tersebut merupakan  ficus superba, pterospermum, dan dysoxlum sp.

Demikianlah informasi tentang destinasi wisata gunung rinjani Lombok, lanskap indah dari ketinggian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply