Wisata Kuliner di Lombok
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Wisata Kuliner di Lombok – Berwisata di suatu daerah di Indonesia tidak lengkap rasanya kalau tidak sekaligus mencicipi masakan khas daerah tersebut. Indonesia yang terkenal akan kekayaan rempah, membuat setiap daerah memiliki olahan makanan tersendiri, bahkan tidak sampai jauh antara provinisi, antara kabupaten di Indonesia pun terkadang kita dapati memiliki ciri khas dari makanan daerah masing-masing, untuk itu sangat sayang untuk dilewatkan saat kita berwisata daerah tertentu dan tidak mencoba wisata kuliner khas.

Salah satu objek wisata pantai yang terkenal di Indonesia yaitu di lombok, ada banyak sekali objek wisata pantai yang bisa kunjungi dan semuanya sangat indah dan memanjakan hati para wisatawan. Tidak hanya wisata bahari yang bisa kita nikmati, wisata lainnya yang wajib kita lakukan adalah wisata kuliner. Ya, mencoba makanan khas lombok yang kaya rasa dan rempah yang kemungkinan besar tidak akan kita temukan di daerah lain di Indonesia. Apasajakah wisata kuliner di lombok yang wajib untuk kita cicipin? Berikut beberapa di antaranya.

kuliner di lombok

Pelecing

Makanan ini sekilas seperti kangkung ca di berbagai daerah, namun jangan berpikiran bahwa ini seperti kangkung ca, pelecing kangkung khas lombok berbeda dengan sayur kangkung pada umumnya, kankung pada sayur pekecing ini di rebus hingga matan dan di suir-suir, di tambah dengan toping cabe rawit merah, garam, terasi khas lombok dan juga sedikit tomat. Kuliner ini sangat enak jika di santap dengan ikan bakan dan nasi putih hangat pada saat selesai berenang dan menikmati keindahan panta di pulau lombok, dijamin akan membuat Anda puas saat menyantap masakan khas atau kuliner di lombok yang satu ini.

Sate bulayak

Nama yang cukup unik untuk kuliner sate, sate bulayak ini juga sedikit berbeda dengan bentuk sate pada umumnya, jika sate pada umumnya dagin di potong kotak, pada sate bulayak ini bentuk sate seperti bulat memanjang. Sate bulayak juga sangat lezat disantap dengan lontong, bumbu yang khas dan berbeda dengan kebanyakan sate lainnya di Indonesia yang menggunakan bumbu kacang dan kecap, bumbu sate bulayak ini mengggunakan bumbu khas dari lombok dengan bahan-bahan kaya rempah seperti kemiri dan santan.

Nasi puyung

Nasi puyung atau biasa juga di kenal dengan nasi balap di berbagai daerah, adalah kuliner khas lombok yang tidak kalah enak dengan 2 kuliner sebelumnya. Nasi balap adalah satu porsi nasi lengkap dengan lauk ayam suir dan ikan teri juga kentang. Tambahan kacang kedelai yang digoreng kering membuat nasi puyung memiliki keunikan rasa yang khas dan lezat. Tambahan bumbu pedas akan membuat siapa saja yang menyantapnya menginginkan makan lebih banyak porsi nasi puyung ini.

wisata kuliner di lombok

Sate tanjung

Sate tanjung adalah kuliner sate lain dari pulau lombok,sate tanjung merupakan sate yang terbuat dari bahan ikandengan bumbu pedas manis khas pulau lombok. Sate tanjung biasanya disajikan dengan lontong dan plecing.

Ayam taliwang

Salah satu kuliner lombok yang sudah meng Indonesia, adalah ayam taliwang. Kuliner yang satu ini biasanya kita temukan di rumah-rumah makan atau restoran di beberapa kota besar di Indonesia. Ayam taliwang terkenal dengan bumbu rempah yang sangat khas dan menggugah selera para penikmat kuliner, ayam taliwang biasanya disajikan dalam jenis ayam bakar atau ayam taliwang goreng.

Demikian beberapa wisata kuliner di lombok yang bisa Anda coba, sebagai pelengkap liburan Anda ke pulau lombok

Leave a Reply