wisata di jawa tengah paling terkenal

Wisata Sejarah Di Semarang Jawa Tengah

Wisata Sejarah Di Semarang Jawa Tengah  – Lawang Sewu memang merupakan salah satu icon wisata di Semarang Jawa Tengah yang sangat terkenal. Banyak yang bicara tentang sejarah dan juga misteri tentang icon wisata yang diberi nama Lawang Sewu ini. Banyak kisah – kisah horor dan lagu gending – gending Jawa yang sebenarnya dikaitkan dengan wisata khas Semarang yang satu ini.

Lawang Sewu sendiri sebenarnya bukan bangunan asli Indonesia akan tetapi merupakan bekas bangunan Belanda yang dulu dibangun di zaman penjajahan Belanda. Awalnya tempat ini merupakan penjara bagi tawanan – tawanan Belanda karena itu banyak yang mengatakan juga wisata Lawang Sewu sebenarnya sarat dengan misteri dan juga sejarah didalamnya tentu sejarah tentang kisah masa lalu Indonesia yang masih sangat suram. Bangunan indah dan megah dengan memiliki dua buah menara kubah yang menjulang ini tentu dapat membangkitkan jiwa petualangan Anda yang ingin merasakan sesuatu yang baru dan menantang nyali Anda.

wisata di jawa tengah paling terkenal

Informasi Misteri Dan Sejarah Wisata Lawang Sewu

Objek wisata sejarah di Semarang yaitu Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan yang dibangun di tahun 1904 Dan kemudian pada tahun 1907 bangunan ini selesai dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda. Lawang Sewu ini sebenarnya digunakan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS yang merupakan suatu jawatan kereta api swasta milik Belanda pada masa tersebut.

Image megah dari Lawang Sewu kemudian berakhir ketika Jepang menguasai Semarang di tahun 1940 karena gedung ini kemudian dialihfungsikan menjadi tempat istirahatnya tentara Jepang sementara di ruangan bawah tanah digunakan sebagai ladang untuk pembantaian penduduk pribumi, pemuda Indonesia dan juga tentara Belanda yang menjadi tawanannya Jepang. Kekejaman dari tentara Jepang ini memang sangat tersohor dalam sepanjang sejarah dan kemudian Lawang Sewu menjadi saksi bisu atas semua tindakan kejam penyiksaan dari Jepang.

wisata sejarah di semarang lawang sewu

Kemudian ketika Indonesia merdeka di tahun 1945, Lawang Sewu sempat dijadikan kantor beberapa institusi pemerintah diantaranya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia atau PT KAI dan kantor kementrian perhubungan Jawa Tengah. Dan memang sampai saat ini sesuai dengan sejarah yang ada, Lawang Sewu masih dinilai menyimpan banyak misteri didalamnya dan terkenal dengan keangkerannya bahkan sempat dijadikan tempat uji nyali beberapa stasiun televisi Indonesia.

Akan tetapi Anda tidak perlu takut karena dibalik itu semua tersimpan kesan yang sangat keren dan sangat layak dikunjungi dari bangunan wisata sejarah di semarang Lawang Sewu apalagi ketika malam tiba pesona yang sangat indah dan ciamik berpadu dengan indahnya kerlip lampu akan membuat siapa saja terpanah.

Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Informasi Misteri Dan Sejarah Wisata Lawang Sewu bermanfaat. Selamat liburan di Jawa Tengah dan dapatkan banyak pengalaman seru disana termasuk di wisata Lawang Sewu Semarang.

Leave a Reply