Ragam Aktifitas Wisata yang Seru Dilakukan di Pulau Tidung

Aktifitas Wisata Seru di Pulau Tidung

Wisata di Pulau Tidung memang sudah terkenal banyak orang karena pesona keindahan serta ciri khas alamnya yang menarik. Objek wisata yang tak jauh dari Jakarta ini telah menyedot banyak pengunjung sebagai tempat untuk menghabiskan liburan atau akhir pekan. Berbagai kalangan baik terutama yang muda, menyukai tempat ini dengan berbagai alasan, salah satunya adalah karena banyaknya aktifitas seru selama berwisata di pulau ini. Berikut ini ragam aktifitas wisata yang seru dilakukan di pulau Tidung.

Jalan kaki dari Tidung Besar ke Tidung Kecil

Jembatan Cinta tidung
Jembatan Cinta tidung

Jembatan Cinta ini adalah jembatan awal penghubung dua pulau yang terkenal, yaitu Pulau Tidung besar dan Tidung kecil. Jembatan ini sangat menarik untuk dilalui wisatawan, karena setelahnya kita akan melintasi jembatan kayu yang sangat panjang di atas perairan Pulau tidung yang biru jernih dan tenang.

Di Jembatan Cinta ini, jalurnya memang merupakan jembatan tanpa pagar dan bahkan bolong di beberapa tempat. Tetapi dari celah kayunya terdapat pemandangan yang menakjubkan, di antara karang-karang terlihat ikan-ikan kecil yang cantik.

Melewati jembatan ini harus berhati-hati jika ingin sampai dengan selamat dari basah-basahan dari Tidung Besar ke Tidung Kecil. Jembatan yang mencapai 800 meter ini akan sangat panas jika disusuri siang bolong. Jadi perlu persiapan seperti membawa topi dan air mineral botolan agar tak kehausan saat berjalan kaki hampir 2 km.

Sebagai jembatan yang terpanjang di Kepulauan Seribu, tempat ini selalu ramai dilintasi wisatawan yang ingin melihat hal menarik di pulau Tidung kecil. Di pulau kecil ini terdapat pembudidayaan karang dan tanaman bakau untuk mengembalikan keseimbangan ekosistem alam di tempat ini.

Terjun dari Jembatan Cinta

Terjun Jembatan Cinta
Terjun Jembatan Cinta

Bosan hanya berjalan-jalan kaki di jembatan? Loncat terjun dari jembatan juga seru dilakukan di Jembatan Cinta. Di Pulau Tidung, aktifitas ini menjadi hal yang lumrah dilakukan wisatawan yang penasaran bahkan jadi agenda wajib ketika melewati jembatan. Jembatan Cinta yang berketinggian 5-6 m ini berada antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan yang romantis ini selain dikisahkan sepasang muda yang menemukan cintanya di sini, hingga kini melegenda sebagai ikon pulau ini.

Terlepas benar atau tidak cerita tersebut, Jembatan Cinta adalah lokasi aktifitas seru sekaligus romantis. Pengunjung bisa menguji nyalinya dengan terjun dari titik tertinggi Jembatan Cinta langsung ke laut jernih di bawahnya. Sungguh menyegarkan.

Tak perlu khawatir terjun dari atas jembatan ini karena perairan di bawahnya cukup dalam dan tanpa karang yang menghalang. Sehingga ketika terjun tidak akan terbentur karang atau menabrak dasar lautannya. Sekali mencobanya, malah membuat kecanduan untuk kembali merasakan adrenalin mengalir kencang.

Setelah letih terjun dan berenang dari Jembatan Cinta, sambil beristirahat kita bisa menikmati sunrise atau sunset dari Jembatan Cinta ini.

Bersepeda keliling pulau

Bersepeda tidung
Bersepeda tidung

Sepeda adalah alat transportasi sekaligus kendaraan rekreasi utama wisatawan di Pulau Tidung. Di mana-mana ada rental sepeda, mengingat di Pulau Tidung yang hanya sepanjang 5 Km dan 3 jalur utama tak mungkin wisatawan tersesat.

Mayoritas penyewaan sepeda ini ada di bagian tengah Pulau di dekat pelabuhan. Dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 10.000 pengunjung sudah bisa berkeliling pulau seharian. Sedari pagi hingga petang dan larut malam pengunjung bisa menggowes sepeda kemanapun ke segala penjuru pulau.

Aktifitas seru ini bisa dilakukan mulai bersepeda dari manapun, bebas! Tiga jalur utama di pulau ini sudah bagus dengan paving blok sehingga tetap nyaman bersepeda dalam waktu yang lama. Pengunjung bisa menyusuri jalur utama dari timur hingga ke barat atau sebaliknya. Pemandangan indah di pulau ini akan membuat kita senang menyusuri berbagai tempat, melewati Kantor Kecamatan, Puskesmas, Balai Desa, sekolah-sekolah, dengan pemandangan asri di sekitarnya hingga tiba di Jembatan Cinta.

Snorkeling di sekitar pulau

Snorkeling tidung
Snorkeling tidung

Aktifitas seru lainnya untuk menikmati bawah laut pulau ini yaitu dengan snorkeling. Wisatawan tak perlu pergi jauh-jauh untuk snorkeling karena di pulau ini ada beberapa spot snorkeling yang tak kalah indah dengan pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Terlebih jika wisatawan memiliki alat snorkel sendiri bisa langsung eksplor bawah perairan sekitar Jembatan Cinta.

Jika tidak punya bisa menyewa dengan harga Rp 35.000. Kawasan ini cukup kaya dengan keindahan taman laut serta koral dan ikan warna-warni. Namun tetap harus hati-hati karena banyak dijumpai bulu babi, jadi pastikan kaki tidak menginjak karang dan dasar laut.

Ada lagi tempat lainnya di Pulau Tidung Kecil yang juga menjadi spot asyik dan seru untuk snorkeling. Tak perlu khawatir terbawa arus karena ombak di sini cenderung kecil. Bahkan jika ingin sensasi yang lebih seru lagi bisa mencoba bawa roti yang dipotong kecil-kecil untuk diumpankan agar ikan warna-warni datang memamerkan keindahannya. Jika masih ingin tempat yang lebih menarik lagi, bisa meminta diantarkan ke pulau terdekat yang memiliki taman laut yang lebih menawan.

Hunting Sunset

Hunting sunset ini menjadi agenda wajib bagi wisatawan penggemar fotografi. Hunting sunset bisa dilakukan di bagian paling barat pulau ini. Kegiatan seru ini adalah bagian penting yang tak bisa diabaikan jika telah sampai ke Pulau Tidung. Jembatan cinta dan saung barat merupakan lokasi favorit. Masih banyak lagi spot lainnya yang menarik untuk mengambil foto sunset terbaik di tempat ini.

Berburu sunset dengan berkendara sepeda dengan membawa kamera mengejar momen matahari terbenam ini terasa sangat luar biasa.

Barbeque

Ada lagi aktifitas seru lainnya di tempat ini saat malam hari yaitu membakar ikan dan menyantap hidangan laut. Jika berlibur dengan paket wisata biasanya aktifitas ini sudah termasuk di dalam agenda serta biaya wisata. Biasanya kegiatan ini digabungkan dalam satu kawasan, sehingga kita bisa beramai-ramai dengan wisatawan lain menikmati acara barbeque ini. Di bawah taburan bintang, dan semilir angin laut, pengunjung menikmati aneka hasil laut yang masih segar di hamparan pasir tepi pantai, sungguh pengalaman yang seru serta nikmat yang sayang jika dilewatkan.

Demikian ulasan ragam aktifitas wisata yang seru dilakukan di pulau Tidung. Bila berencana ke pulau ini, daftar aktifitas seru diatas bisa menjadi referensi supaya tidak tertinggal satupun hal seru di pulau ini.

Leave a Reply