Wisatafavorit.com > Indonesia > Yogyakarta > Objek Wisata Air Terjun Jogan yang Unik Di Antara Tebing-tebing

Objek Wisata Air Terjun Jogan yang Unik Di Antara Tebing-tebing

Tempat ini dinamakan Air Terjun Jogan.  Air Terjun Jogan memiliki keunikan tersendiri.  Berada diantara tebing-tebing tinggi dari pegunungan kapur membuat Air Terjun  Jogan sebagai tempat perpaduan air sungai yang turun dari gunung menemui ombak yang ada dilautan.

Objek Wisata Air Terjun Jogan terletak di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Adanya air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke bibir lautan, mengingatkan kita pada sebuah tempat wisata yang bernama McWay Beach yang ada di California, Amerika Serikat.

Tidak begitu banyak orang yang tahu tentang Air Terjun Jogan, sebab letaknya berada di bagian barat Pantai Siung sehingga para pengunjung lebih suka untuk berkunjung ke Pantai Siung daripada ke Pantai Jogan. Nama Jogan sendiri diambil dari nama pantai di mana air terjun ini berada.

Namun sayang, keindahan Objek Wisata Air Terjun Jogan hanya bisa kita nikmati pada saat musim penghujan. Pada musim kemarau biasanya terjadi pengurangan pada debit air yang turun ditambah lagi dengan aktivitas penyedotan air yang dipakai untuk keperluan para warga sekitar Air Terjun Jogan

Untuk bisa menikmati keindahan pemandangan Air Terjun Jogan, anda diharuskan untuk turun ke bawah. Ada dua cara untuk turun, yaitu dengan cara canyoning yang memerlukan peralatan serta kemampuan yang baik untuk melakukan teknik ini sedangkan cara yang kedua adalah dengan melalui jalan setapak yang licin dan basah.

Namun anda tidak perlu khawatir. Jalan setapak ini dilengkapi dengan kayu-kayu untuk pegangan sehingga ralatif aman untuk dilalui. Namun, anda tetap perlu ekstra hati-hati karena jalurnya cukup curam dan licin.

Setelah melewati jalan setapak berbatu yang curam, anda akan diharuskan untuk melewati karang yang merupakan tempat berkumpulnya kepiting-kepiting kecil yang berukuran 5 mm.

Umumnya para penduduk setempat mengumpulkan kepiting-kepiting tersebut untuk dijadikan bahan masakan ketika musim hujan tiba. Jika anda beruntung, anda juga dapat menyaksikan banyak sekali kupu-kupu yang bergerombol di bebatuan kering di sekitar Air Terjun Jogan

Keunikan Objek Wisata Air Terjun Jogan adalah aliran terjunan airnya masuk ke laut sekitar 10 m. dari bibir pantai.  Memiliki ketinggian hanya sekitar 10 m saja dengan sumber airnya berasal dari perbukitan karst di sebelah utara.

Cara menuju ke Objek Wisata Air Terjun Jogan

Lokasi Objek Wisata Air Terjun Jogan berjarak sekitar 70 km dari kota Yogyakarta serta dapat ditempuh dengan kendaraan dengan lama perjalan sekitar 2 jam atau sekitar 200 meter dari Pantai Siung mengarah ke barat.

Keadaan jalan untuk menuju ke Air Terjun Jogan sudah diaspal mulus. Setelah anda sampai di dekat lokasi Air Terjun Jogan, keadaan jalan berubah menjadi cor blok sejauh sekitar 1 km jaraknya. Dapat dilalui dengan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Pranala Google Map : https://goo.gl/maps/dQ9Yxrnk3NA2

Dari kota Yogyakarta, arahkan kendaraan anda menuju ke Wonosari melewati jalur Yogya – Wirosari. Setelah anda sampai di daerah Mulo anda akan menemukan pertigaan, ambil jalan ke kiri untuk menuju ke pantai.

Ikuti jalan tersebut sampai anda tiba di daerah Tepus. Setelah sampai di Tepus anda akan menjumpai sebuah papan petunjuk untuk mengarah ke Pantai Siung, ambil belokan ke kanan hingga sampai di pertigaan jalan menuju ke Pantai Jogan. Dari pertigaan ini ambil arah ke kanan melewati jalanan yang di semen.

Bila anda menggunakan jasa kendaraan umum, dari kota Yogya naik kendaraan umum ke Terminal Wonosari yang kemudian dilanjutkan dengan berganti angkutan ke arah Tepus atau Pantai Siung.

Harga tiket masuk ke Air Terjun Jogan

Untuk bisa menikmati semua keindahan yang disajikan disini, anda akan dikenai tiket masuk senilai Rp 3000 per orang yang sudah menjadi satu dengan tiket masuk ke Pantai Siung. Sedangkan untuk parkir anda akan dikenai biaya sebesar Rp 2000.

Fasilitas di Air Terjun Jogan

Di sela-sela rimbunnya tanaman bakau menuju ke arah barat, anda akan menemukan spot yang bagus untuk memancing ikan. Banyak sekali pengunjung maupun warga sekitar yang memancing ikan disitu. Ada juga lokasi datar yang dapat dipakai untuk mendirikan tenda.

Di lokasi Objek Wisata Air Terjun Jogan juga terdapat areal parkir meskipun tidak terlalu luas dan lebar. Selain itu juga terdapat warung sederhana yang menjual aneka makanan dan minuman serta berbagai souvenir untuk oleh-oleh.