Objek Wisata Alam Menarik yang Terkenal di Sulawesi Utara

Objek Wisata Alam Menarik yang Terkenal di Sulawesi Utara

Wisata alam selalu menjadi tujuan wisata menarik yang ramai dikunjungi di saat liburan tiba. Selain memberikan dampak refreshing pada pikiran, juga memberikan kesempatan kepada tubuh untuk menghirup udara segar dan berada dekat dengan alam. Wisata alam juga menawarkan pencerahan baru bagi pikiran sehingga ketika kembali beraktifitas, efeknya membuat kita mudah mendapatkan ide-ide segar. Di berbagai tempat di Indonesia, selalu ada spot menarik untuk wisata alam, salah satunya di Sulawesi Utara. Berikut ini ulasan objek wisata alam menarik yang terkenal di Sulawesi Utara.

Pantai Pal – Likupang Timur

Objek Wisata Alam Menarik yang Terkenal di Sulawesi Utara
Objek Wisata Alam Menarik yang Terkenal di Sulawesi Utara

Akhir-akhir ini objek wisata Pantai Pal menjadi destinasi favorit warga Sulut dalam waktu sekejap. Pantai Pal yang berada di Desa Marinsow, Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara, selalu dipadati pengunjung yang ingin menikmati pantai berpasir putih yang menarik ini.

Pantai Pal, semenjak diperkenalkan ke publik 2014 lalu, pembangunan terus berlangsung seperti sejumlah gazebo yang bisa disewa dan lahan parkir yang luas untuk memfasilitasi wisatawan ke tempat ini. Selain itu juga terdapat lokasi yang menampung beberapa kios makanan dan minuman. Untuk pengunjung yang berenang di laut juga disediakan tempat ganti dan ruangan bilas khusus. Begitu juga akses jalan sudah dibenahi sehingga pengunjung terus berdatangan ke tempat wisata ini setiap pekannya hingga melebihi empat ribu orang.

Pantai Pal Marinsow memang menarik hingga menjadi wisata alam favorit dengan penampilannya yang eksotis dihiasi hamparan pasir putih yang lembut. Pemandangan perbukitan yang menghijau di ujung teluknya juga menjadi ciri khas pantai ini. Keindahan alam yang menarik membuatnya jadi terkenal di Sulawesi Utara. Beberapa pendatang menyatakan keindahan pantai Pal sebanding dengan pesona pantai di Lombok dan Bali.

Perjalanan menuju pantai Pal bisa ditempuh dari Manado dengan berkendara sekitar dua jam menuju arah Likupang, lalu ambil belokan ke kanan di tugu Rusa menuju jl Likupang Girian hingga sampai di pertigaan Desa Marinsow. Dari gerbang pembayaran parkir masih harus menempuh sekitar 2,5 km lagi hingga tiba di pantai.

Gunung Lokon

Gunung Lokon
Gunung Lokon

Gunung Lokon merupakan salah satu gunung yang terkenal di antara belasan gunung di provinsi Sulawesi Utara. Gunung yang tingginya mencapai 1580 m ini masih aktif dan sekitar akhir Mei gunung berapi ini mengeluarkan lahar terakhir tahun 2012. Letak Gunung Lokon ini bersebelahan dengan pusat kota Tomohon.

Menikmati wisata alam pegunungan dengan menjelajahi gunung Lokon ini seru dilakukan, sehingga gunung Lokon ini menarik perhatian wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Selain karena kesuburan dan keanekaragaman tumbuhan di gunung berapi, daya tariknya juga karena adanya sebuah danau kawah yang cantik. Untuk menyaksikan kecantikan danau kawah, wisatawan tak perlu berlelah-lelah mencapai puncak, sebab kawah tersebut dapat dicapai hanya sekitar 600 m dari start pendakian, sekitar 45 menit dengan berjalan kaki.

Medan menuju kawah adalah jalan setapak yang cukup landai sehingga cukup aman dilalui. Jalur ini merupakan jalur tempat lewatnya lava yang juga sering dilewati penduduk sekitar. Melewati jalan yang berpasir ini tetap harus berhati-hati karena didominasi jalan-jalan mendaki yang tidak datar.

Selama menempuh perjalanan dengan berjalan kaki, banyak pemandangan alam menarik yang bisa dinikmati. Karena tanahnya secara alami rajin di’pupuk’ oleh lava gunung berapi, lokasi gunung Lokon menjadi subur dengan beragam tanaman yang tumbuh lebat. Alam danau kawah yang indah di gunung berapi ini, memberikan nuansa hijau cerah alami keputihan ini dengan kedalaman 60 m namun tidak bisa dicapai ke perairannya karena dikelilingi jurang pasir.

Mencapai puncaknya yang dipenuhi jalan berpasir dan beberapa titik yang cukup licin, sehingga pengunjung harus berhati-hati menempuhnya. Setelah sampai di puncak terlihat pemandangan ke bawah dan sekitarnya yang sangat menarik, diselimuti dengan kapas awan-awan dan juga pemandangan kota di bawahnya yang menakjubkan.

Danau Linow Tomohon

Danau Linow Tomohon
Danau Linow Tomohon

Menikmati wisata alam danau di Sulawesi Utara, jangan lewatkan danau unik yaitu Danau Linow di Kota Tomohon, Sulawesi Utara yang berjarak 34 km dari kota Manado. Keindahan danau yang memiliki keunikan khusus yaitu warna air danau berubah-ubah sudah bukan hal yang aneh. Kandungan belerang menyebabkan Danau Linow memiliki perubahan menjadi beberapa warna yaitu hijau, putih dan kebiruan.

Bukan hanya warna unik, Danau Linow juga merupakan habitat satwa unik seperti Sayok atau komo, nama yang diberikan masyarakat setempat. Bentuknya seperti serangga yang memiliki sayap dan dapat terbang namun hidup di air yang menempati sekitar danau ini. Di Danau Linow juga dihuni burung Belibis, yaitu unggas menyerupai itik yang dapat bersiul dan terbang cukup tinggi. Bangau putih bahkan kerap terlihat menghuni kawasan Danau Linow. Banyaknya aneka satwa ini mempercantik suasana sekitar Danau Linow ini. Oleh sebab itu semua hewan tersebut di lindungi oleh pemerintah.

Ada dua pintu masuk menuju Danau Linow ini, yaitu yang dikelola pemerintah serta masyarakat setempat, yang satunya dikelola oleh pihak pribadi atau swasta yang lebih terawat. Sekarang kedua tempat ini telah disatukan dengan dibangunnya jalan penghubung antar keduanya. Dengan melewati jalan penghubung inilah pengunjung bisa mengelilingi sebagian tepi danau yang berada dibukit sehingga memberikan kesempatan pengunjung untuk dapat menatap keseluruhan pemandangan Danau Linow.

Air Terjun Pinaras

Air Terjun Pinaras
Air Terjun Pinaras

Air Terjun Pinaras ini terletak di kel. Pinaras yang termasuk wilayah kota Tomohon dengan jarak 32 km. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 60 m ini merupakan objek wisata alam yang sangat menarik namun belum ada pengelolaan pemerintah setempat. Beberapa fasilitas yang dibangun hanyalah swadaya masyarakat setempat.

Kesunyiannya di air terjun yang tinggi ini memang menjadikannya daya tarik tersendiri bagi yang ingin merasakan meditasi sejenak dari sesaknya hiruk pikuk kesibukan kota, tempat ini menjadi salah satu alternatif yang tepat. Berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Sulawesi Utara, air terjun yang satu ini memungkinkan pengunjung untuk berenang karena adanya kolam tampungan air yang cukup besar. Sebelum airnya mengalir ke sungai, derasnya air terjun menghantam daratannya hingga membentuk cekungan yang indah.

Untuk memasukinya pengunjung harus berjalan kaki di jalan setapak dan juga menuruni ratusan anak tangga hingga tiba ke air terjunnya. Di tempat ini cocok untuk berfoto-foto atau sekedar berjalan-jalan berkeliling menikmati sejuknya percikan air terjun ini.

Demikian uraian objek wisata alam menarik yang terkenal di Sulawesi Utara. Bila berkunjung ke provinsi ini, dengan menyempatkan berkunjung ke objek wisata alam menarik tersebut, makan kita akan mendapatkan pengalaman wisata alam yang luar biasa.

Leave a Reply