Rekomendasi Wisata Rumah Pohon di Indonesia yang Sejuk dan Segar

Wisata rumah pohon merupakan sebuah wisata unik yang termasuk baru di Indonesia. Di Indonesia sendiri baru terdapat beberapa saja wisata rumah pohon dengan nuansa alam yang masih alami. Berwisata di rumah pohon akan menyajikan pengalaman tersendiri karena lebih menyatu dengan alam. Ketika anda terbangun, anda akan disambut oleh udara pagi hari yang sangat segar dengan nuansa pagi hari ala hutan dengan kicauan burung yang bernyanyi merdu. Nah, apabila anda ingin merasakan sensasi menginap di rumah pohon, mungkin beberapa wisata rumah pohon di Indonesia dibawah ini bisa anda coba.

Daftar Wisata Rumah Pohon di Indonesia

1. Rumah Pohon Taman Safari Indonesia, Cisarua Jawa Barat

Wisata Rumah Pohon Taman Safari Indonesia
Wisata Rumah Pohon Taman Safari Indonesia

Di Taman Safari Indonesia yang berada di Cisarua Jawa Barat terdapat inovasi baru yang dilakukan oleh pihak pengelola yakni dengan menghadirkan sebuah rumah pohon yang terletak di sebelah hutan tropis. Rumah pohon ini memiliki jembatan gantung yang sangat unik sehingga pengunjung yang menginap bisa melihat pemandangan hijau dari atas jembatan. Karena letak rumah pohon ini cukup tinggi, maka dibutuhkan tangga yang terbuat dari kayu untuk masuk kedalam rumah. Sedangkan di bagian bawah terdapat parkiran serta taman kecil yang bisa digunakan untuk bersantai atau menikmati keindahan pemandangan. Rumah pohon ini dibuat senatural mungkin dengan menghadirkan rumah yang terbuat dari kayu. Meskipun tampak sederhana dari luar, namun ketika masuk ke dalam kamar maka suasananya akan berubah menjadi mewah karena terdapat berbagai fasilitas yang memadai. Ketika anda menginap di rumah pohon ini, anda akan mendengar suara gemercik air karena di dekat rumah pohon terdapat sebuah curug bernama Curug Jaksa dengan air yang jernih serta segar. Dengan harga sekitar 1.5 juta rupiah per malam, anda sudah bisa menikmati nuansa alami dengan menginap di rumah pohon. Selain itu, anda juga akan mendapatkan harga khusus untuk masuk kedalam Taman Safari Indonesia.

2. Omah Kayu Paralayang

Wisata Rumah Pohon Omah Kayu
Wisata Rumah Pohon Omah Kayu

Jika anda sedang berkunjung ke Kota Batu, Malang, anda bisa menikmati keindahan rumah pohon dari ketinggian 1340 meter di atas permukaan laut. Omah Kayu merupakan sebuah tempat wisata yang sekaligus menawarkan penginapan dengan bangunan diatas pohon. Di tempat ini terdapat 6 bangunan yang masing-masing dapat menampung hingga 3 orang. Pengunjung yang menginap di Omah Kayu ini akan benar-benar merasakan menyatu dengan alam karena nuansanya sungguh alami. Bangunan Omah Kayu juga terbuat dari kayu dengan jendela kaca sehingga anda tetap bisa melihat pemandangan meskipun dari dalam bangunan. Dalam bangunan Omah Kayu hanya terdapat sebuah ruangan dengan 1 buah ranjang serta selimut. Sedangkan kamar mandi tetap berada di luar ruangan dengan fasilitas berupa air hangat. Suasana tempat ini sangat tenang karena lokasinya cukup jauh dari perkotaan sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan diri / menghilangkan penat setelah sekian lama di perkotaan. Ketika pagi hari, anda akan disambut oleh senyuman mentari pagi yang terbit dari arah timur dengan suasana yang sejuk dan dingin. Jangan khawatir karena di pagi hari anda akan mendapatkan sarapan yang sederhana namun memiliki kualitas rasa yang tak kalah dari hotel. Untuk bisa menginap di rumah pohon ini, pengunjung harus membayar mulai dari 350.000 rupiah.

3. Rumah Pohon Villa Lembang

Wisata Rumah Pohon Villa Lembang
Wisata Rumah Pohon Villa Lembang

Jika anda tinggal di sekitar Bandung dan ingin menikmati sensasi tidur di dalam rumah pohon, maka Villa Lembang adalah tempat yang paling pas. Villa yang berlokasi di Jl. Kolonel Masturi, Kertawangi ini menawarkan sensasi liburan yang menyenangkan serta tak begitu jauh dengan perkotaan. Meskipun lokasinya cukup dekat dengan perkotaan, namun suasana di tempat ini cukup tenang dengan udara yang sejuk dan bersih. Anda bebas memilih lokasi yang pas untuk menginap karena luas tempat ini mencapai 10 ribu meter persegi. Selain dapat menikmati suasana rumah terbuat dari bambu, tali rami, dan jerami ini, anda juga bisa mengunjungi pasar terapung yang lokasinya tak jauh dari villa. Meskipun harga yang ditawarkan cukup tinggi mencapai 1.9 jutaan per malam, namun fasilitas yang ditawarkan juga cukup mewah dan baik.

4. Magical Treehouse, Bali

Wisata Rumah Pohon Magical Treehouse Bali
Wisata Rumah Pohon Magical Treehouse Bali

Bali memang selalu menawarkan tempat wisata yang seru dan unik seperti yang ada di Magical Treehouse Pantai Balangan, Jimbaran. Rumah ini dibangun diantara pohon jati dan kapuk dengan konsep eco-resort. Bahan konstruksi rumah yang dipakai untuk membangun rumah ini berasal dari kayu bekas perahu nelayan yang didaur ulang sehingga dapat dibentuk sedemikian rupa. Rumah yang bergaya vintage ini juga memiliki lokasi yang sangat strategis karena hanya berjarak 5 menit dari pantai dan 1 jam dari bandara. Harga per malam yang ditawarkan untuk menginap di Magical Treehouse adalah 800 ribuan. Tentu harga tersebut termasuk sangat murah karena lokasinya yang berada di Bali serta memiliki konsep yang unik bergaya pedesaan.

5. Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Wisata Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi
Wisata Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Di kawasan konservasi Masigit yakni yang terletak di Bandung, Sumedang, dan Garut memiliki rumah pohon yang tak kalah unik dari rumah pohon lainnya. Rumah pohon ini berada diantara pepohonan dengan dinding terbuat dari batang pohon serta tidak memiliki listrik dan tempat tidur. Jadi ketika anda menginap di sini, anda akan benar-benar berada di alam bebas dan harus membawa alas sendiri. Rumah pohon ini berada di hutan konservasi sehingga tak heran apabila terdapat penangkaran rusa. Selain dapat menginap, pengunjung juga bisa melakukan aktifitas menarik seperti bersepeda, membeli bibit pohon, menaiki kano, dan lainnya.

Demikianlah beberapa rekomendasi wisata rumah pohon di Indonesia untuk liburan yang unik. Anda bisa mencoba menginap di rumah pohon tersebut untuk merasakan sensasi bangun pagi sambil ditemani oleh udara sejuk serta pemandangan pagi di pepohonan.

Leave a Reply