Spot-Spot Diving di Wakatobi yang Menyajikan Keindahan Alam Bawah Laut

Spot-Spot Diving di Wakatobi yang Menyajikan Keindahan Alam Bawah Laut – Saat mendengar nama Wakatobi, kebanyakan fikiran orang akan langsung tertuju pada aktivitas diving dan snorkeling, serta keindahan alam bawah lautnya. Faktanya, salah satu kepulauan di Sulawesi Tenggara ini memang menyimpan keaneka ragaman hayati di alam bawah lautnya yang indah. Berlibur ke Wakatobi berarti anda sudah siap untuk menikmati air laut asin namun sangat jernih dan terjaga kebersihannya. Wakatobi memang seringkali disebut sebagai surganya pecinta olahraga menyelam, bahkan para wisatawan asing banyak yang datang untuk melihat langsung keindahan alam bawah laut kepulauan Wakatobi tersebut. Bagi anda yang berencana untuk berlibur ke Wakatobi, berikut ada beberapa spot diving terbaik yang patut anda kunjungi.

Jon’s Point

Spot yang satu ini sangat dikenal akan keindahan gua bawah lautnya yang dalam dan menyimpan pemandangan yang luar biasa. Bila anda beruntung, saat menyelam anda dapat bertemu langsung dengan hiu martil yang sering lewat di kawasan ini. Spesies-spesies hewan laut berukuran besar banyak ditemukan di daerah ini, seperti hiu karang dan juga barakuda. Bila anda memiliki hobi untuk memacu adrenalin, tempat ini sangat sesuai sambil anda melihat aneka jenis biota laut yang luar biasa.

Gerbang Patuno.

Untuk menuju spot diving ini, wisatawan hanya perlu melakukan perjalanan singkat dengan kapal dari hotel atau resor tempat menginap terdekat. Penyelaman dapat dimulai dari lereng berpasir di bagian dalam terumbu penghalang dimana kura-kura sering menampakkan diri disana. Selanjutnya pengunjung dapat menyusuri terumbu karang besar nan indah di sekitarnya dan melihat barusan ikan-ikan berwarna-warni di baliknya. Hiu karang, Eagle Rays dan Barakuda juga dapat disaksikan oleh para wisatawan di sini.

Dinding Waha.

Dinding ini penuh dengan berbagai macam karang, spon barel besar dan kipas laut. Dasar laut disini cukup dalam yakni 60m, namun saat menyelam anda dapat melihat beberapa ikan tuna dan ikan lainnya yang berenang dalam gerombolan berjumlah banyak. Selain itu, masih ada banyak kura-kura, ikan kakak tua, trevallies, dan berjuta-juta ikan lainnya yang berenang ke segala arah. Penyelaman di spot ini sangat cocok untuk penyelam pemula dan juga penyelam tingkat lanjut karena arus laut yang bersahabat dan tidak kuat.

Wandoka

Bila dilihat dari permukaannya, kawasan ini tidak terlihat begitu mengesankan, tapi begitu anda turun hingga kedalaman 10m, anda akan tercengang dengan beragam karang keras dan lunak, spons besar, kipas laut dan karang hitam. Di tempat ini ada banyak ikan-ikan kecil yang berenang dengan berkelompok, seperti ikan tuna, trevallies, kura-kura, ikan nemo, dan masih banyak ikan jenis lainnya yang berwarna-warni.

Itulah beberapa spot diving terbaik yang ada di kepulauan Wakatobi. Bila anda berencana untuk melakukan aktivitas diving namun tidak ingin membawa barang bawaan yang banyak saat berlibur, maka anda dapat menyewa peralatan diving pada penduduk lokal dan hotel-hotel di kawasan tersebut. Disana juga sudah tersedia kamera aksi bawah laut sehingga anda dapat mengabadikan momen terbaik saat melakukan penyelaman.

Leave a Reply