Menikmati Keindahan Sunrise Terbaik di Wisata Gunung Sindoro Temanggung

Menikmati Keindahan Sunrise Terbaik di Wisata Gunung Sindoro Temanggung – Buat para pecinta aktifitas mendaki, pastinya Anda sudah tak asing lagi dengan gunung kembar di Jawa Tengah ini. Ya, gunung sumbing dan gunung sindoro adalah kedua gunung yang ada di dalam lokasi berdekatan dengan bentuk hampir mirip, sehingga banyak yang mengatakan kedua gunung tersebut kembar. Tetapi saat ini yang akan kami bahas lebih jauh adalah gunung sindoro. Mari menyusuri keindahan alam sindoro di Temanggung.

Keindahan Objek Wisata Gunung Sindoro Temanggung

Gunung sindoro di Temanggung ini ada pada ketinggian 3.153 meter dpl. Di puncak tertinggi gunung sindoro tersebut Anda bisa menyaksikan indahnya panorama alam yang cukup eksotis, mulai dari hamparan awan putih yang sangat luas sejauh mata memandang, puncak gunung – gunung lainnya yang turut serta hiasi pandangan mata Anda, bebatuan besar berwarna putih, dan asap putih yang dihasilkan oleh kawah yang ada di puncak sindoro.

Salah satu hal paling menarik dari tempat wisata di Temanggung ini adalah panorama alamnya yang tampak menakjubkan, bahkan Anda juga bisa menyaksikan indahnya sunrise yang terlihat begitu elok. Tak hanya itu, di gunung sindoro Temanggung ini terdapat dua buah kawah yang ada di puncak. Pada saat Anda kehabisan bekal minuman atau pun sebagai tambahan bekal pada saat turun Anda bisa manfaatkan keberdaan genangan air yang ada di salah satu puncak untuk dimasak.

Tetapi dibalik keindahannya tersebut ternyata tempat wisata satu ini juga tak luput dari mitos atau misteri yang tersimpan di dalamnya. Mitos yang pertama ada di tempat wisata tersebut adalah adanya dua jenis kabut yang menyelimuti kawasan gunung sindoro. Kabut ini adalah kabut hitam dan putih. Untuk jenis kabut putih sendiri merupakan jenis kabut yang aman dilewati, sementara itu kabut yang paling berbahaya adalah kabut hitam. Konon kabut tersebut bisa membuat pendaki tersesat, sebab seseorang bisa tersapu oleh kabut hitam di gunung sindoro. Jadi, apabila Anda hendak mendaki ke puncak sindoro, diharap agar Anda lebih esktra berhati – hati lagi.

Selain mitos tersebut juga ada mitos lainnya yang melatarbelakangi objek wisata di Temanggung tersebut, yakni mengenai gunung sindoro meletus. Sempat tersiar kabar yang cukup menggemparkan di tahun 2011 lalu bahwa, salah satu gunung aktif ini lakukan beberapa aktifitas kegempaan dan keluarkan asap di puncaknya, sehingga yang demikian tersebut mengakibatkan pada potensi letusan. Tetapi hal ini cepat disanggah tim pengamat gunung sindoro. Pihak tersebut memperbaharui warta kepada masyarakat setempat bahwa walaupun terjadi aktifitas sedemikian rupa, tetapi gunung sindoro ini tetap dalam kondisi yang aman.

Meskipun ada beberapa mitos tersebut, tak lantas menjadikan keindahan sunrise di wisata gunung sindoro Temanggung ini kurang menarik untuk dikunjungi, sebab faktanya di hampir setiap akhir pekan atau hari libur nasional tempat tersebut selalu ramai pengunjung.

 

Leave a Reply