Wisata Hutan Pinus yang Asri dan Menarik di Pulau Jawa
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.

Wisata Hutan Pinus

Pulau Jawa memiliki banyak destinasi wisata yang beragam. Keindahan alam Pulau jawa tersebar di berbagai kota dan kabupaten bagaikan surga tersembunyi. Mulai dari wisata pantai, wisata air terjun, wisata kota, wisata alam pegunungan dan banyak lagi.

Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah wisata hutan pinus. Keindahan alam hutan pinus dengan nuansa hijau banyak menarik minat para wisatawan. Hutan pinus umumnya berada di pegunungan tinggi, typikalnya memiliki udara yang sejuk dan dingin.

Pergi ke objek wisata hutan pinus bisa menjadi pilihan yang tepat untuk refreshing dan menyegarkan pikiran, terutama saat kita jenuh dengan hiruk pikuk dan polusi udara perkotaan. Tentunya akan lebih berkesan saat pergi berwisata bersama teman-teman, pasangan, ataupun keluarga. Berikut ulasan Wisata Menikmati Hutan Pinus yang Asri dan Menarik di Pulau Jawa:

Hutan Pinus The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya
image from sikucingmanis

Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik diakhir pekan maupun pada musim liburan. Tidak hanya terkenal dengan wisata belanja Daan wisata kuliner, Bandung juga memiliki keindahan alam yang menarik minat para traveler, baik itu dari luar kota maupun warga Bandung sendiri.

Popularitas wisata alam Bandung makin meningkat dengan adanya berbagai wisata hutan Pinus. Karena terletak di dataran tinggi, Bandung memiliki udara yang sejuk, terutama dikawasan Bandung Utara. Salah satu spot wisata hutan Pinus yang terkenal di Bandung yaitu The Lodge Maribaya.

The Logde Maribaya berlokasi di jalan Maribaya Timur km.6, kampung Kosambi, Cibodas Maribaya Lembang. Dengan tag line-nya yang terkenal “escape to nature”, The Lodge Maribaya menawarkan banyak aktivitas Rekreasi ditengah hutan Pinus.

Aktivitas yang banyak diminati adalah camping ditengah hutan Pinus. The Logde Maribaya menyediakan fasilitas camping dengan tenda permanen, selain itu juga tersedia resto dan cafe menemani kegiatan rekreasi Anda bersama keluarga.

Acara outbond juga akan terasa lebih menarik dilakukan ditengah hutan Pinus. Tentunya akan menambah kedekatan dengan sesama kolega kerja dengan adanya acara team building. Tersedia juga trek hiking diantara hutan Pinus yang menarik untuk ditelusuri. Ditemani aliran sungai maribaya yang merupakan bagian dari sungai Cibodas.

Hutan Pinus di Tangkuban Perahu

image from koncodolan.com

Lokasi wisata ini dibuka untuk umum pada bulan Juli 2016 lalu di Cikole Lembang, Kab. Bandung Barat. Tempat wisata ini berada di jalur Tempat Wisata Lembang yaitu di antara objek wisata Ciater – Gunung Tangkuban Perahu – Cikole Jayagiri Resort – PAL 16 – Terminal Wisata Grafika Cikole – Bandung Treetop Adventure – Maribaya.

Persis berada dipinggir jalan raya antara kota Bandung dan Kab. Subang yang sangat strategis dan menjadi tempat favorit peristirahatan sejumlah pengendara bermotor melepas lelah saat perjalanan.

Wisata Hutan Pinus di Cikole Lembang ini tempatnya adem, teduh karena posisinya di tengah-tengah kawasan Hutan Pinus yang besar-besar yang tingginya menjulang dengan usia sudah sangat tua.

lokasi PAL 16 Cikole Lembang ini sejak dahulu sudah terkenal sebagai lokasi transit pemberhentian kendaraan wisatawan, yang terlebih sekarang telah dibuka resmi menjadi tempat rekreasi di Bandung, tentu saja semakin populer dan ramai. PAL 16 ini setiap hari selalu ramai dengan pengunjung atau wisatawan, selain karena lokasinya di dekat sekitar Tangkuban Perahu, letaknya di pinggir jalan raya Lembang – Ciater yang sangat menarik untuk dilewatkan.

Tempat Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16, saat ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga favorit di Bandung, baik sekedar untuk beristirahat atau sengaja menghabiskan waktu berlibur di sini. Beberapa yang datang membuka perbekalan makanan di sini untuk dinikmati bersama di bawah rindangnya hutan pinus dan sejuknya alam.

Fasilitas yang akan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya di antaranya saung-saung berupa Gazebo untuk tempat berkumpul sambil bercengkrama menikmati suasana. Ada juga sejumlah tempat duduk dari kayu dan bambu yang tepat persis menghadap hutan pinus di depannya. Sementara fasilitas penyewaan ayunan dari tali elastis biasanya digunakan untuk panjat tebing, menyewa Rp.10.000 agar bisa selonjoran tidur santai. Beberapa penjual aneka souvenir seperti topi bulu juga makanan dan minuman ringan siap melayani pembeli di sini. Untuk masuk kawasan inipun sangat murah, hanya membayar tiket Rp.5.000/orang.

Hutan pinus Citamiang Di Puncak, Bogor

Hutan pinus Citamiang
image from bapaknaga.com

Tempat wisata Citamiang ini memiliki hutan pinus dengan hamparan kebun yang luas. Hutan pinus Citamiang ini sangat cocok untuk relaksasi. Citamiang berada di dataran tinggi puncak, dengan suhu rata-rata antara 17-25 0Celcius. Suhu udara di area ini begitu sejuk dan akan bertambah dingin ketika malam tiba hingga pagi menjelang.

Area wisata ini dikelilingi hutan pinus dan hamparan kebun teh yang indah membentang. Beberapa yang datang ke tempat ini menggunakannya sebagai lokasi pre-wedding karena suasana harumnya hutan pinus di sini begitu romantis. Tiket masuknya pun sangat murah, cukup Rp.5.000 per orang.

Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor

Lokasi hutan pinus ini paling dekat dari Jakarta. Berada di Gunung Pancar, Babakan Madang, Citereup, Bogor. Kawasan ini juga terkenal dengan objek wisata pemandian air panasnya. Memang sekarang hutan pinus di sepanjang jalan masuk kawasan ini tak kalah eksis.

Pohon pinus yang menjulang sangat indah untuk dijadikan latar foto. Tak sulit menemukan area hutan pinus ini, dari pintu masuknya pun sudah terlihat pos gerbang yang dikenakan Rp 10.000 per orang.

Hutan Pinus Imogiri, Bantul

Hutan pinus Imogiri ini tepatnya ada di Bantul. Tampak barisan pohon pinus yang begitu cantik sampai-sampai menjadi buruan banyak orang. Tak hanya traveler, bahkan film FTV pun membuat cerita di hutan cantik ini. Pemandangannya jadi lebih dramatis saat matahari pagi atau sore, sehingga sayup-sayup kabut menyelimuti kawasan ini.

Hutan Pinus Bedengan Ledok Ombo, Malang

Hutan Pinus Bedengan Ledok Ombo
image from tribun

Di Desa Wisata Bedengan Ledok Ombo, Malang, terdapat hutan pinus yang sering dijadikan tempat camping. Memang kawasan hutan pinus ini berada di bumi perkemahan. Karena masih lebat dan asri, tempat ini menarik banyak pengunjung yang mengagumi nuansa alamnya.

Camping sangat seru dilakukan di sini terutama saat bulan purnama, karena pohon pinus memiliki batang yang tinggi dengan dedaunan yang jarang, sehingga pemandangan hutan jadi lebih ekstotis dengan shadow sinar bulan di malam hari.

Demikian ulasan objek wisata hutan pinus yang asri dan menarik di Pulau Jawa. Liburan makin asyik dengan berkunjung ke hutan pinus yang penuh nuansa alam yang sejuk. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply