Menjelajahi Wisata Gunung Muria di Kudus yang Penuh Misteri

Menjelajahi Wisata Gunung Muria di Kudus yang Penuh Misteri – Gunung muria adalah salah satu gunung yang terbilang tinggi yang ada di 3 kabupaten, yakni Kudus, Pati, dan Jepara dengan ketinggian hingga 1.602 meter dpl dan berada di bagian utara Jawa Tengah. Dengan beberapa puncak yang dimiliki, sehingga gunung muria tersebut jadi tempat paling pas untuk melakukan pendakian di gunung terindah di Jawa Tengah. Selain hal tersebut, gunung muria ini juga terkenal sekali akan keindahannya yang mana keberadaannya di kelilingi oleh deretan pegunungan hijau serta beberapa sungai yang mengalir secara jernih dan segar. Menariknya lagi, salah satu mata air di gunung muria tersebut terkenal sekali akan kesegarannya, sehingga tak ayal bagi para pendaki sering sekali menjadikannya sebagai bekal air minum untuk bisa sampai ke puncak.

Menjelajahi Wisata Gunung Muria di Kudus yang Penuh Misteri

Gunung muria yang ada di Kudus ini memang bukan seperti gunung yang ada pada umumnya, gunung tersebut juga jadi lokasi wisata religi yang cukup populer sebab di sini ada makan Sunan Muria dan Syekh Sadzli. Tak hanya itu, di sini Anda juga bisa menemukan wisata alam yang pastinya menarik untuk Anda kunjungi, wisata tersebut adalah banyu anjlok, air terjun santi, air terjun jurang nganten, dan lain – lain. Pastinya akan semakin membuat suasana hati jadi segar kembali. Dan dari sekian banyak lokasi wisata yang ada mempunyai misteri gunung muria di Kudus diantaranya air terjunnya yang bisa sembuhkan berbagai jenis penyakit, bahkan apa yang Anda inginkan dapat terwujud.

Perlu Anda tahu juga bahwa di gunung muria Kudus ini ada beberapa puncak yang nantinya bisa dikunjungi, salah satunya adalah puncak 29 gunung muria pati. Ini adalah puncak tertinggi dan mempunyai nama lain sebagai puncak saptorenggo. Sementara itu masyarakat setempat lebih sering menyebutkan sebagai puncak songolikuer. Tak hanya jadi tempat favorit pendakian, lokasi ini juga jadi salah satu lokasi andalan bagi yang Anda yang ingin adakan ritual atau pun mencari berkah.

Selain itu juga ada puncak natas angin, diantara jalur lain untuk bisa mencapai puncak tersebut para pendaki harus lebih berhati – hati lagi, sebab jalurnya yang ekstrim dan memiliki kemiringn hingga 80 derajat, bahkan medannya yang begitu menantang menjadikan pendaki yang ada lebih merasakan puas pada saat mengunjunginya. Lalu ada juga puncak abiyoso yang merupakan tempat paling tepat untuk berkemah, sebab ini adalah puncak terendah dari gunung muria. Bagi para pendaki yang amatiran, cocok banget untuk datang ke sini.

Tak hanya itu, juga ada puncak argowiloso yang menjadi salah satu puncak dengan jalur lebih menantang dan terakhir adalah puncak argo jembangan yang biasanya disebut dengan puncak punuk sapi, sebab puncak tersebut mirip sekali dengan punuk sapi. Untuk bisa mencapai puncak tersebut terbilang cukup sulit, sebab beberapa pendaki bahkan ada yang sempat kehilangan arah di sini, dan matahari pun sering tidak terlihat akibat tertutup oleh puncak punuk sapi.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang wisata gunung muria di Kudus yang penuh misteri. Semoga bisa jadi alternatif wisata Anda selanjutnya untuk menguji adrenali Anda agar lebih tertantang.

 

Leave a Reply